Cara Mengatasi Layar Bergerak Sendiri Di Hp

  • Droidinside
  • Jun 12, 2022

Droidinside punya beberapa tips untuk cara mengatasi layar bergerak sendiri khususnya pada hp android. Layar hp bergerak sendiri ini ada istilahnya yaitu Ghost Touch (sentuhan hantu). Gimana gak horor, hp mencet-mencet sendiri secara ngawur atau pada beberapa kasus mencetnya cuma di bagian tertentu saja. Lucunya lagi layar hp bergerak sendiri itu karena error-nya gak cuma sentuhan doang, tapi neken sambil mengarah secara acak sehingga layar keliatan bergerak sendiri.

Ada banyak penyebab layar hp bergerak sendiri dimulai dari yang paling kelihatan karena jatuh, tertindih, terbentur, kemasukan air dan masalah sejenis. Kerusakan pada layar akibat fisik ini memengaruhi touchscreen jadi mencet sendiri. Selanjutnya ada juga kasus layar hp bergerak sendiri saat di charger karena daya yang tidak sesuai. Setelah ganti LCD, masalah ini juga bisa terjadi karena ada cacat produksi dan LCD tidak cocok.

Kasus paling sering yaitu layar hp Xiaomi bergerak sendiri karena di colok jack speaker besar menjadi penyebabnya, tapi ini juga bisa terjadi di hp merek lain. Hp terlalu panas, kesalahan/ bug pada software, dan hp pernah dihubungkan ke komputer PC yang nyetrum juga menjadi penyebab lain layar hp mencet-mencet sendiri. Lalu bagaimanakah cara mengatasi layar bergerak sendiri tersebut? Simak tipsnya dari admin.

Cara Mengatasi Layar Bergerak Sendiri Di Hp Android

Layar itu vital, kita gak bisa bekerja seperti biasanya kalau hp layarnya gerak-gerak sendiri. Selain gak bisa dipakai, gak jarang hp jadi nelpon-nelpon sendiri, ngirim pesan sendiri, dan buka aplikasi sendiri yang bikin mengganggu orang lain. Untuk bisa bebas dari masalah layar hp bergerak sendiri diantaranya:

Restart/ Mulai Ulang Hp

Kesalahan atau bug pada perangkat lunak menyebabkan hal tersebut terjadi. Ketika kamu merasakan layar hp udah gak beres. Mending langsung matiin dulu hp dan tunggu beberapa saat setelah itu hidupkan kembali atau Restart. Jika hanya adanya bug ringan, maka layar akan kembali normal seperti sedia kala.

Lepas Tempered Glass

Jika sudah mulai retak meskipun hanya sehelai rambut gak ngaruh, Tempered Glass bisa berpengaruh terhadap layar sentuh. Disarankan untuk melepas atau kemudian mengganti dengan yang lebih baru.

Lepas Softcase Bersihkan Permukaan Layar

Selain Tempered Glass yang menempel pada hp, Soft/Hard Case juga terpasang pada hp bisa dilepas terlebih dahulu. Sela-sela pelindung hp ini juga bisa kotor atau terkena air. Cara mengatasi layar bergerak sendiri ini adalah membersihkan debu kotoran, air, objek yang berada di sela-sela layar hp sehingga tidak lagi terjadi lagi. Gunakan tisu dengan alkohol atau kain microfiber dan lakukan dengan hati-hati.

Menggunakan Aplikasi

Kamu bisa instal aplikasi Touchscreen Perbaikan di Play Store. Namun kamu perlu tahu bahwa ini bukan aplikasi agar layar hp tidak bergerak sendiri namun hanya pengecekan saja. Aplikasi hanya menghitung respon sentuhan dimana semakin cepat maka semakin baik. Ada 4 panel yang digunakan untuk mendeteksi respon sentuhan dengan waktu, apabila respon ketukan terlalu cepat atau terlalu lama maka bisa dipastikan ada yang bermasalah pada ketukan kamu maupun pada layar sentuh hp. Aplikasi MultiTouch Tester juga diperlukan untuk mengetahui jumlah ketukan yang terdeteksi, apabila gagal terus (atau kurang dari 5) kamu bisa mendeteksi ada kerusakan.

Ganti Charger

Daya pada charger yang terlalu tinggi menyebabkan layar bisa bergerak sendiri karena kebocoran daya menyebar. Memang awalnya layar akan bergerak sendiri ketika diisi daya saja. Namun kalau dibiarkan, lama-lama layar akan mencet sendiri dan bahkan terjadi kerusakan Touchscreen tidak bisa disentuh sama sekali. Biasanya sih sebagian layar aja, tapi bisa juga keseluruhannya menjadi tidak bisa dipencet. Cara mengatasi layar bergerak sendiri ini yaitu kamu perlu mengganti kotak pengisian daya yang sesuai untuk hp agar hal ini tidak terjadi.

Reset Ke Pengaturan Pabrik (Atur Ulang)

Cara mengatasi layar bergerak sendiri yang disebabkan oleh kesalahan software bisa sembuh dengan reset. Biasanya bug hp jadi mencet-mencet sendiri setelah melakukan update/ pembaruan perangkat lunak. Cara mengatasi layar hp Xiaomi bergerak sendiri setelah update karena bug bisa juga diatasi.

Bug ini bisa diatasi dengan mengatur ulang ponsel ke pengaturan pabrik. Kalau awalnya lancar lalu makin lama bergerak sendiri lagi, maka harus update/ downgrade software. Jika sembuh, maka memang benar ada kesalahan pada software dan kalau gak sembuh kita bisa perkirakan kerusakan ada di perangkat keras.

Update Atau Downgrade

Setelah update ada yang kena masalah Ghost Touch, maka solusinya adalah Downgrade ke tukang servis hp . Ketika masih ada update-an software di hp, cara mengatasi layar bergerak sendiri bisa dengan melakukan update tersebut. Siapa tahu karena ada bug pada perangkat lunak, Touch mencet sendiri. Pilih Firmware terbaik yang gak ada bug Ghost Touchnya dengan cara-cara tersebut.

Ganti LCD Touchscreen

Jika kerusakan pada layar menyebabkan layar seperti itu, maka cara mengatasi layar bergerak sendiri dengan menggantinya. Kamu mungkin perlu membawa hp kamu ke Service Center terdekat. Kalau hp kamu masih garansi dan gak pernah terbentur atau kemasukan air. Cacat pabrik akan ditanggung gratis, tapi kalau ada kerusakan meskipun sedikit mereka bisa tahu dan bisa saja hangus garansinya.

mengatasi layar hp bergerak sendiri dengan ganti touchscreen

Adapun kamu juga bisa ke tempat servis langganan/ terpercaya di kota kamu. Admin sarankan penggantian LCD dan Touchscreen jadi satu (jangan dipisah). Mungkin hanya mengganti Touch saja bisa untuk menghemat biaya. Tapi ini gak direkomendasikan, bisa-bisa Touch gak awet karena sebelumnya dipisah. Lebih baik ganti LCD Touchscreen sepaket agar aman dan nyaman. Kalau bisa nyari copotan ori atau baru yang kualitas bagus. Yang KW mungkin kurang awet. Pastikan kamu cek lagi Touch nya sebelum mengambil hp kamu.

Penutup

Beberapa solusi untuk cara mengatasi layar bergerak sendiri tersebut bisa kamu lakukan dari urutan paling atas hingga paling bawah. Kalau hp terlalu panas, diamkan. Setidaknya sebelum benar-benar mengganti perangkat keras layar, ada usaha-usaha tertentu untuk mengembalikan layar yang bergerak sendiri.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.