Cara Mengatasi Kontak Tidak Terbaca

  • Droidinside
  • Jun 21, 2022

Jika daftar kontak kosong, cara mengatasi kontak tidak terbaca bisa mengatasi masalah ini. Terkadang tanpa ada angin dan hujan, semua kontak dalam ponsel kamu tiba-tiba kosong atau menghilang. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti si aplikasi kontak yang mengalami masalah. Gak cuma itu, sinyal yang kurang bagus menjadi penyebab masalah ini juga sih. Apa saja yang menjadi solusi permasalahan ini?

Cara Mengatasi Kontak Tidak Terbaca

Ketika tidak ada kontak yang terbaca atau tersimpan, maka ini akan berdampak pada masalah lain. Misalkan aplikasi Whatsapp akan kena dampak semua kontak berubah menjadi nomor saja. Kalau mau menghubungi orang lain harus menyimpan nomor secara manual. Belum lagi biasanya mau mengirim pesan ke seseorang isinya kosong tidak ada kontak. Melalui beberapa cara mengatasi kontak tidak terbaca dibawah ini, kamu akan bisa mengembalikan kontak seperti semula.

Hidupkan Ulang Ponsel

Ini memang cara yang simpel namun berdampak banyak pada hp kamu. Dengan melakukan Restart, maka sistem akan kembali segar akibat sudah terlalu lama tidak pernah dimatikan. Hp yang terlalu lama tidak dihidupkan kembali menyimpan begitu banyak Cache yang terkadang bisa menyebabkan aplikasi Crash. Dalam hal ini aplikasi kontak yang berfungsi menyimpan file. Setelah dihidupkan kembali, penyimpanan aplikasi kontak akan kembali seperti semula jika masalahnya hanya sepele.

Periksa Koneksi Internet

Sinkronisasi kontak yang gagal diakibatkan oleh koneksi internet yang tidak bagus. File yang tersimpan dalam sistem yaitu kontak atau daftar kontak yang disimpan di Gmail tidak diunduh dengan sempurna. Sehingga menyebabkan kontak tidak terbaca atau kosong. Cara mengatasi kontak tidak terbaca ini mungkin agak butuh teka-teki. Koneksi internet yang lancar dan provider yang tepat akan membuat proses sinkronisasi kontak bisa berjalan.

Cek Sinkronisasi Kontak

Sama seperti ketika kamu memeriksa koneksi internet, namun ditambah parameter lain yang bisa membuat kontak kembali ke penyimpanan seperti semula. Perbaikan sinkronisasi kontak bisa dilakukan dengan berbagai langkah. Seperti mengaktifkan sinkronisasi kontak pada setelan Google (langkah ini bisa dicari pada menu Pengaturan).

Selanjutnya melakukan Back Up kontak secara manual kemudian mengupload ke Contacts Google. Hal ini akan mencegah masalah nama kontak tidak muncul di android terjadi.

Sinkronisasi secara manual akan menyelamatkan banyak kontak. Sangat cocok dilakukan jika kamu menemukan bahwa pada ponsel sinkronisasi otomatis tidak diaktifkan secara otomatis. Jika sudah terdapat tanda kontak hilang dan muncul secara tiba-tiba. Maka cara mengatasi kontak tidak terbaca atau hilang sendiri adalah melakukan hal ini. Ya memang kalau udah beneran hilang, gak bisa di back up. Namun kalau muncul segera lakukan back up dari pengaturan kontak hp kamu.

Selain melakukan secara manual, cobalah untuk mengecek sinkronisasi kotak yang telah berjalan apakah lancar atau tidak, langkahnya yaitu dengan sinkronisasi ulang:

  • Buka Pengaturan/ Setelan
  • Pilih menu sinkronisasi akun
  • Pilih pengaturan Google
  • Klik pada akun Google yang ada
  • Klik 3 titik bawah (Lainnya)
  • Klik Sinkronisasi sekarang
  • Proses download data kontak akan dilakukan dari server penyimpanan

Pastikan koneksi internet bagus, cek kembali apakah kontak sudah dipulihkan kembali dari server. Jika sudah, maka seluruh nama kontak akan kembali seperti semula lagi.

Menghapus Cache Aplikasi Kontak

Jika terdapat masalah pada kontak yang tidak bisa muncul sama sekali, salah satu penyebabnya adalah cache. Kamu hanya perlu menghapus cache aplikasi yang menghandle seluruh daftar kontak. Langkahnya:

  • Buka Setelan/Pengaturan
  • Cari menu pengelolaan aplikasi
  • Pilih aplikasi kontak
  • Pada penyimpanan, hapus cache

Cara mengatasi kontak tidak terbaca ini hanya cache nya saja lho. Jangan pernah menghapus data aplikasi kontak. Karena dapat membuat seluruh kontak kamu hilang. Sama halnya seperti mengatasi Process Android Acore. Sembarangan menghapus data aplikasi kontak berdampak pada hilangnya semua kontak dan setelan panggilan yang tersimpan. Karena aplikasi ini menyimpan kontak kamu dalam aplikasi mereka.

Pentup

Itulah beberapa tips trik cara mengatasi kontak tidak terbaca. Pastikan sinkronisasi kontak di hp kamu berjalan dengan lancar. Dengan begitu, semua kontak akan muncul kembali apabila terdapat kesalahan sinkronisasi. Jangan lupakan juga tips-tips lain diatas ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.