Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Ada Suara

  • Droidinside
  • Jun 01, 2022

Bagaimana cara mengatasi hp Xiaomi tidak ada suara? Padahal sebelumnya mungkin hp ini kamu pake normal-normal aja, tapi tiba-tiba gak ada suaranya sama sekali. Atau memang ketika membeli hp tersebut, udah gak ada suaranya sama sekali. Apa saja yang menjadi penyebab hp Xiaomi tidak muncul suaranya dan bagaimana untuk mengatasinya? Droidinside bakalan kasih tips solusi hp Xiaomi tidak ada suara.

Penyebab Hp Xiaomi Tidak Ada Suara

Mode Senyap Aktif (Tanpa Suara)

Salah satu penyebab ponsel dengan sebutan “beras kecil” ini tidak keluar suaranya biasanya karena tidak sengaja menghidupkan mode Hening. Atau mode Jangan Ganggu sedang aktif. Sehingga suara notifikasi panggilan masuk atau pesan tidak terdengar. Saat menonton Youtube pun, mode hening akan mematikan suara aplikasi tersebut. Cara mengatasi hp Xiaomi tidak ada suara hanya dengan menekan menu Mode Hening agar nonaktif dengan usap layar dari atas ke tengah.

Pengaturan Volume Sangat Rendah

Sama seperti ketika kamu akan menerima sebuah telepon, hp tidak ada suaranya karena volume notifikasi dan media terlalu kecil. Karena di pengaturan ponsel Xiaomi kamu bisa mengatur kedua suara tersebut. Karena tidak sengaja tertekan, volume menjadi sangat kecil. Tentunya hal ini bisa dengan mudah diatasi dengan menekan tombol volume atas.

Kesalahan/Bug Pada Perangkat Lunak

Pembaruan perangkat lunak gak jarang malah ngasih bug atau masalah baru bagi penggunanya. Salah satunya adalah bikin aplikasi nggak keluar suaranya. Salah satu bug yang terkenal yaitu volume ponsel Xiaomi naik atau turun sendiri. Karena volume turun sendiri jadi 0, maka ponsel jadi bisu. Aneh banget kan adanya bug dari software ini.

Kerusakan Seperangkat Speaker

Kerusakan ini bisa disebabkan dari speaker sendiri yang sudah rusak. Selain itu ada juga konektor ke modul speaker yang tidak lagi berfungsi. Sampai pada modul/mesin yang melekat pada speaker ponsel Xiaomi mengalami kerusakan. Biasanya ini jadi satu dengan papan bawah yang ada mic, port USB, jack audio. Didalamnya juga ada IC Audio nya yang juga bisa mengalami kerusakan.

Biasanya speaker terkena serbuk besi, membuatnya bersuara cempreng. Lalu lama-lama mengecil kemudian suaranya jadi hilang. Atau hp Xiaomi pernah dicolok ke Audio Jack Speaker besar. Sehingga terjadi konslet, menyebabkan kerusakan IC Audio ditandai ada ikon headset dibagian atas layar. Jika sudah benar rusak, maka suara tidak akan muncul (sistem menganggap hp sedang menggunakan headset). Lalu bagaimana untuk solusi hp Xiaomi tidak ada suara tersebut?

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Ada Suara

Dilihat dari beberapa penyebab yang telah admin jelaskan diatas, beberapa solusi bisa langsung dilakukan. Seperti menambah volume dan menonaktifkan mode hening. Namun untuk beberapa solusi lengkapnya ada dibawah ini:

Menaikkan Volume Dan Mematikan Mode Hening/Mode Jangan Ganggu

Buka akses cepat ponsel Xiaomi dengan usap layar dari atas ke bagian tengah. Disana akan terdapat banyak ikon dengan tulisan. Klik pada bagian Hening (gambar Lonceng), supaya mode ini bisa dimatikan. Untuk ponsel Xiaomi yang lebih baru, klik juga pada Mode Jangan Ganggu (gambar bulan sabit). Jika memang hanya setelan ini yang tidak sengaja aktif, maka ponsel Xiaomi kamu bakalan ada suaranya lagi.

Hidupkan Ulang/Restart Ponsel

Semakin lama ponsel tidak pernah dimatikan, maka akan terjadi penumpukan file sampah. File cache pada aplikasi semakin penuh membuatnya jadi error. Hal ini bisa terjadi pada pemutar musik dan berbagai aplikasi yang bisa menghandle suara pada sistem. Sebagai cara selanjutnya untuk mengatasi hp tidak ada suara merek apa saja, hal ini akan mengembalikan fungsi ponsel setelah dimatikan.

Gunakan Fitur Pembersih Speaker

Xiaomi generasi tahun 2020 keatas punya yang namanya menu untuk membersihkan Speaker. Bisa dibuka melalui Setelan – Setelan Tambahan – Pembersih Speaker. Tanpa membuka tutup belakang, kamu bisa membersihkan speaker dari debu atau air dengan mudah. Jika tidak ada fitur ini, bisa unduh aplikasi dengan fungsi sejenis di Play Store seperti Speaker Cleaner. Aplikasi speaker rusak Xiaomi bisa dari menu fitur bawaan atau instal dari pihak ketiga.

Cara mengatasi hp Xiaomi tidak ada suara dengan fitur ini juga bisa digunakan sebagai indikator apakah speaker benar-benar sudah rusak atau belum. Karena kalau gak ada respon dari speaker sama sekali, berarti ada komponen speaker yang rusak.

Masuk CIT Mode (Engineering) Dengan Kode Dial Atau Menu Tertentu

Saat melakukan pengecekan speaker dengan CIT Mode, sebagai menu pengetesan perangkat keras. Beberapa kasus membuat ponsel Xiaomi kembali ada suaranya. Cara mengatasi hp Xiaomi tidak ada suara yaitu:

  • Buka menu Setelan – Tentang Ponsel – Tekan 5 Kali pada Versi Kernel – Cit Mode akan terbuka
  • Atau bagi ponsel Xiaomi agak lawas bisa dengan membuka papan panggilan, masukkan kode: * #*#64663# * #*
  • Cit Mode akan terbuka
  • Pilih menu Speaker
  • Ponsel akan menampilkan sebuah suara, jika demikian maka speaker kamu hidup
kode untuk memperbaiki speaker hp xiaomi

Kode untuk memperbaiki speaker hp Xiaomi dengan memasuki Cit/Engineering Mode cukup berguna. Jika memang menggunakan langkah ini tidak bisa muncul suara, sudah pasti ada kerusakan pada perangkat keras speaker.

Reset Ke Pengaturan Pabrik

Jika dikarenakan kesalahan software/bug, cara mengatasi hp Xiaomi tidak ada suara bisa dengan langkah ini. Buka Setelan – Setelan Tambahan – Cadangkan & Setel Ulang. Mereset ponsel Xiaomi bisa dijadikan solusi mengatasi speaker tidak nyala.

Ganti Perangkat Speaker

Cara mengatasi hp Xiaomi tidak ada suara karena kerusakan hardware bisa dilakukan diantaranya:

  • Ganti satu paket speaker
  • Ganti satu paket papan bawah
  • Ganti IC Audio

Dari ketiga opsi diatas, cara mengatasi hp Xiaomi tidak ada suara memiliki banderol harga ganti di tempat servis biasa sebesar 150 – 300 ribuan (tergantung lokasi dan jenis kerusakan). Untuk bagian speaker yang rusak, bisa dengan membongkar casing. Setelah itu angkat papan speakernya, cek nilai hambatannya pake multimeter kalau 0 berarti speaker fix rusak.

solusi speaker Xiaomi tidak ada suara dengan ganti

Ganti papan bawah ini biasanya karena ponsel dikoneksikan melalui jack ke speaker besar. Konslet terjadi membuat IC Audio tidak bisa menampilkan suara ke speaker bawaan. Penggantian papan bawah atau IC Audio diperlukan. Jika terdapat gambar Headset bagian atas, bisa kamu pake Lesser Audio Switch. Cara mengatasi hp Xiaomi tidak ada suara tersebut dengan mengubah setelan output suara ke speaker bawaan. Ini juga merupakan solusi hp Xiaomi tidak ada suara saat telepon dikarenakan kerusakan speaker atas juga.

Penutup

Itulah tutorial cara mengatasi hp Xiaomi tidak ada suara. Jika ponsel Xiaomi kamu masih dalam masa garansi, lebih baik cek ke Service Center dulu aja. Jika kamu gak pernah aneh-aneh seperti gak pernah hp kebentur, keteken, atau kecelup air bisa kok mendapatkan garansi. Karena cara mengatasi hp Xiaomi tidak ada suara yang masih garansi bakalan dapet gratis, jika ini kesalahan software atau perakitan dari pabrik.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.