Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Di Cas Batre Tanam

  • Droidinside
  • Feb 25, 2022

Bagaimana cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam? Kalau hp jaman dulu bahkan android sekalipun masih menggunakan baterai yang bisa dilepas dengan membuka casing belakang. Namun seiring berkembangnya waktu, jaman now baterai ponsel pintar berubah jadi tanam. Hal ini dikarenakan membatasi ruang gerak pengguna yang mungkin dapat merusak ponsel dengan mencabut baterai secara paksa.

Seperti penyelesaian masalah pada ponsel dengan baterai biasa, jika ponsel tidak bisa diisi daya. Cukup mencabut baterai dan memasangnya lagi setelah membeli. Namun untuk batre tanam, kita tidak bisa langsung mengganti sembarangan karena casing belakang tertutup rapat dan tidak ada bagian untuk membukanya.

Apalagi kalau kita menghadapi ponsel mati total seperti Poco M3 yang hp nya gak respon apa-apa ketika dimasukkan charger. Sehingga ada tips penting cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam sebagai model ponsel jaman sekarang. Memperbaiki ponsel dengan baterai tanam agar bisa digunakan kembali ketika mati dan tidak bisa di cas akan lebih sulit karena berbeda dari hp jadul biasanya. Droidinside akan memberikan beberapa tips tersebut.

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Di Cas Batre Tanam

Ketika kamu sedang menggunakan ponsel android dengan baterai tanam, tiba-tiba ponsel mati kemudian diisi daya tidak respon. Atau ketika ponsel tersebut hidup tapi dicolok charger tidak mengisi juga. Berarti beberapa hal dibawah ini bisa kamu lakukan sendiri tanpa bantuan teknisi untuk mengatasinya:

Ganti Charger Dengan Ampere Lebih Tinggi (Dan Kabelnya)

Umumnya kita menggunakan charger dengan kecepatan 10 Watt (5 volt 2 ampere) sebagai bawaan ponsel yang tidak memiliki teknologi pengisian cepat. Kamu bisa meminjam atau mengganti cas dengan ampere yang lebih tinggi. Ini akan memicu pengisian daya karena lebih tinggi. Dengan mengganti charger plus kabel dan ternyata normal bisa terisi kembali. Berarti ada yang rusak antara kepala charger maupun kabel.

Cobalah memasang charger dengan kabel dari ponsel lain dan lihat perubahannya. Jika hp sedang mati, maka tunggu prosesnya setidaknya setengah jam sampai satu jam. Lihat apakah persen baterai bertambah, jika iya maka charger cocok. Jika tidak dan ternyata persen tidak bertambah kemungkinan harus mengganti ke charger yang lain atau memang baterai bermasalah. Cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam ini paling umum dilakukan.

Lepas Kartu Memori Dan SIM Lalu Diamkan

Melepas kartu SIM dan kartu memori akan meringankan kinerja ponsel saat dihidupkan. Cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam selanjutnya yaitu melepas dan mendiamkan ponsel selama beberapa hari. Seperti kasus Poco M3 yang mati dan tidak merespon ketika diisi daya, beberapa pengguna mencoba membiarkan ponsel dalam keadaan tersebut hingga beberapa hari.

Setelah menunggu beberapa hari dalam keadaan diam. Cobalah dihidupkan ulang hp nya dengan menekan tombol power sambil mencolokkan charger. Saat berada pada posisi baterai yang sangat minim, pada beberapa kasus ponsel bisa hidup kembali dan membutuhkan charger untuk pengisian daya.

Ganti Baterai Sendiri

Untuk baterai tanam berarti kamu harus bisa membuka casing belakang agar bisa menggantinya. Cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam ini tidak direkomendasikan. Karena belum tentu kita tahu apakah kerusakan yang ada itu dari baterainya atau bukan. Jika memang karena baterainya, bisa coba membeli baterai dan ganti sendiri.

Cara membuka casing belakang yaitu dengan memanaskan bagian belakang dengan hair dryer jika kamu punya. Lem akan melunak sambil membuka casing belakang dengan kuku dan kartu atm tipis yang tidak terpakai. Socket baterai biasanya bisa dicopot kemudian coba dipasang soket baterai baru.

Garansikan Atau Bawa Ke Tempat Servis

Beberapa kendala yang dialami oleh pengguna yang menyebabkan ponsel dengan baterai tanam tidak bisa diisi daya disebabkan oleh kerusakan mesin. Apabila ponsel android kamu masih dalam garansi, bisa dibawa ke service center resmi terdekat di kota kamu sebagai cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam . Jika ponsel sudah tidak masuk garansi, bisa ke tempat servis terpercaya.

Jika tidak ada kerusakan mesin atau papan bawah tempat dimana colokan charger berada. Berarti bisa dipastikan baterai ponsel sudah soak/rusak sehingga tidak bisa lagi menampung daya listrik dan di cas. Jika ternyata kerusakan software akibat brick sehingga ponsel sama sekali tidak merespon ketika di cas, teknisi akan memperbaiki sesuai dengan diagnosa dan kerusakan yang ada.

Ganti Hp

Jika cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam tidak lagi bisa dilakukan dengan mengganti cas, didiamkan beberapa hari tidak juga ada respon hp hidup dan ke tempat servis biayanya sangat mahal. Kamu harus lembiru ponsel lama tersebut. Lempar lalu beli yang baru. Karena kerusakan yang parah pada ponsel dengan baterai tanam sehingga tidak lagi bisa diselamatkan.

cara ngecas hp baterai tanam

Penutup

Beberapa tutorial di Google menyarankan untuk melakukan kalibrasi baterai. Padahal kalibrasi baterai itu membutuhkan penggunaan ponsel hingga baterai-nya habis. Kalau tidak bisa di cas dan harus nunggu hingga ponsel mati, ya berarti ponsel gak bisa digunakan karena kehabisan baterai. Untuk mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam, kalibrasi baterai dilakukan jika kamu sudah menemukan charger yang cocok dan bisa mengisi ponsel baterai tanam sampai penuh.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.