Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti Karena WebView

  • 3 min read
  • Mar 24, 2021
cara mengatasi aplikasi terus berhenti

Baru beberapa hari kemarin, banyak pengguna ponsel android mengalami aplikasi Force Close. Bagaimana cara mengatasi aplikasi terus berhenti?

Nggak cuma ponsel Xiaomi yang sempat mengalami masalah ini beberapa hari kemarin. Beberapa sumber dan pengguna sendiri ternyata mengatakan bahwa hal ini disebabkan oleh aplikasi WebView yang mengalami error.

aplikasi terus berhenti karena webview

Dampaknya adalah berbagai aplikasi yang berjalan di latar belakang atau sedang dibuka tiba-tiba keluar sendiri. Atau mesti tidak dibuka, terdapat notifikasi aplikasi terus berhenti. Lalu bagaimana cara mengatasi aplikasi terus berhenti karena WebView ?

Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti Karena WebView

1. Restart Ponsel Kamu

Matikan dahulu koneksi internet atau Wifi yang terhubung di ponsel. Hidupkan ulang ponsel kamu sebagai penyelamatan awal sebelum mengutak-atik yang lainnya. Setelah restart, apakah aplikasi masih menunjukkan terus berhenti ? Berarti mulai beralih ke cara selanjutnya.

2. Paksa Berhenti Aplikasi WebView

Berbagai keluhan yang dirasakan kambing hitamnya ada pada aplikasi WebView. Langkahnya:

  • Buka Setelan/Pengaturan Aplikasi yang ada pada ponsel kamu
  • Buka manajerial aplikasi (apl, kelola aplikasi, atau aplikasi terinstal)
  • Pastikan proses/aplikasi sistem ditampilkan sehingga muncul
  • Pilih Android System WebView
  • Klik paksa berhenti
  • Secara otomatis aplikasi ini akan berjalan kembali

3. Update Aplikasi WebView

Jika aplikasi WebView tidak dapat dipaksa berhenti, salah satu cara mengatasi aplikasi terus berhenti karena WebView adalah memperbarui aplikasi sistem ini. Langkahnya:

  • Buka aplikasi Play Store di ponsel kamu
  • Ketikkan pada pencarian “webview”
  • Klik pada WebView Sistem Android
  • Ketuk Update
  • Setelah selesai hidupkan ulang ponsel kamu
    perbaiki webview sistem android

Di beberapa ponsel nama aplikasi ini bisa berbeda-beda. Ada yang memiliki nama Android WebView System, Android System WebView dan lain sebagainya. Intinya adalah WebView yang dimiliki dari Google. Pastikan developernya adalah Google LLC agar tidak salah.

Pastikan kamu memperbarui WebView sistem Android ke versi yang paling baru (22 Maret 2021). Karena pembaruan sebelumnya malah memberikan masalah baru yaitu aplikasi Force Close semakin sering. Jadi update ke versi yang paling mutakhir.

Jika sudah terbaru tetapi masih terdapat masalah aplikasi keluar sendiri, maka uninstal atau hapus pembaruan aplikasi WebView ini lalu restart ponsel kamu. Temukan sendiri versi yang paling baru atau sebelumnya untuk cara mengatasi aplikasi terus berhenti karena WebView.

Penutup

Banyak aplikasi yang tiba-tiba berhenti sendiri dirasakan oleh pengguna. Biasanya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Namun beberapa ada yang mengalami juga Force Close aplikasi yang sedang dibuka. Setelah mengupdate WebView, kamu mungkin perlu melakukan pembaruan aplikasi yang sering kamu gunakan juga.

Ketika WebView tidak dapat berjalan dengan lancar, maka akan banyak aplikasi terdampak. Apalagi aplikasi berjenis web yang diakses dalam bentuk aplikasi. Paling sering yang admin temukan adalah pemilik ponsel Xiaomi dan Samsung terkena dampak WebView yang Error. Bahkan akun Twitter Samsung Amerika resmi memberikan peringatan untuk mengatasi hal ini melalui WebView yang Error.

Tutorial cara mengatasi aplikasi terus berhenti karena WebView ini simpelnya adalah melakukan pembaruan atau menghapus pembaruan aplikasi WebView. Beberapa pengguna bahkan mengundang gelak tawa, karena kejadian ini hanya menyerang Hp android kentang saja. hehehe, lucu juga sih. Soalnya beberapa ponsel admin gak kena serangan aplikasi Force Close sendiri ini. Ini bisa terjadi juga setelah kamu update sistem android juga lho…

Bagi kamu yang belum tahu apa itu WebView Sistem Android, merupakan sebuah komponen pada sistem android. Aplikasi ini bekerja dengan menampilkan konten dari web secara langsung pada sebuah aplikasi. Layout atau tampilan pada Web dapat dengan mudah dilihat secara langsung lewat sebuah aplikasi.

WebView pada tutorial cara mengatasi aplikasi terus berhenti merupakan sebuah Class View untuk tampilan sebuah aktivitas dalam sebuah aplikasi. Meskipun dapat membuka sebuah web, aplikasi ini tidak dikembangkan seperti Web Browser yang memiliki fitur yang lebih banyak.

Sebelumnya WebView merupakan satu bagian dengan sistem operasi. Namun setelah android 5 (lollipop), Google mulai memisahkan aplikasi ini dapat diperbarui sesuai dengan kebutuhan zaman dan versi android yang lebih baru.

Apabila terdapat celah keamanan atau bug pada WebView, Google dapat membuat versi baru untuk memperbaikinya karena terpisah dari sistem operasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *