Cara Mengatasi Anonymous Chat Telegram Error

  • Android
  • Des 02, 2023

Telegram merupakan salah satu platform chatting online yang populer di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik, salah satunya adalah Anonymous Chat. Fitur ini memungkinkan pengguna Telegram untuk mengirim chat dengan menyembunyikan identitas aslinya.

Namun, beberapa waktu belakangan ini banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa fitur Anonymous Chat Telegram error dan tidak bisa mengirim pesan. Jika Anda juga mengalami masalah ini, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Anonymous Chat Telegram Error 1

Penyebab Anonymous Chat Telegram Error

Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan Anonymous Chat Telegram error, antara lain:

  • Jaringan atau sinyal di HP tidak stabil atau tidak terhubung.
  • Bug atau error pada sistem software HP Android.
  • Aplikasi Telegram tidak diupdate ke versi terbaru.
  • Token API yang digunakan bermasalah atau sudah kadaluwarsa.
  • Batasan izin yang diberikan oleh BOT API.
  • Error pada server yang digunakan sebagai hosting dari bot.

Cara Mengatasi Anonymous Chat Telegram Error

Setelah mengetahui penyebabnya, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mengatasi Anonymous Chat Telegram error:

Lakukan restart HP Android

Restart atau mulai ulang HP Android merupakan cara yang paling mudah untuk mengatasi berbagai masalah error ringan, termasuk Anonymous Chat Telegram yang tidak bisa mengirim pesan.

Selain itu, melakukan restart juga akan mempercepat performa kinerja HP. Pasalnya, hal ini akan menghapus file cache yang tersimpan di RAM dan penyimpanan internal sehingga beban kerjanya lebih ringan.

Periksa koneksi internet di HP

Telegram merupakan aplikasi berbasis online, sehingga membutuhkan koneksi internet untuk bisa berjalan dengan lancar. Koneksi internet cepat dan stabil juga akan membuat fitur-fitur di dalam Telegram merespon lebih cepat, termasuk Anonymous Chat.

Sebaliknya, jika jaringan internet di HP bermasalah tentunya ini akan mengganggu fungsi dari fitur-fitur yang disediakan di dalamnya. Untuk mengatasinya, Anda perlu memeriksa koneksi jaringan internet di HP. Cobalah untuk mengakses aplikasi online lainnya di HP, misalnya mengakses Youtube. Jika ternyata di Youtube Anda tidak bisa memutar video, kemungkinan memang jaringan internet di HP bermasalah.

Cara mengatasi jaringan internet tidak stabil di HP Android ini bisa dengan mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode. Tunggu beberapa saat, kemudian nonaktifkan kembali mode tersebut dan sambungkan lagi HP ke jaringan internet. Jika masih tetap, Anda bisa mencoba mengganti kartu provider lain yang sinyalnya lebih cepat dan kuat.

Update aplikasi Telegram ke versi terbaru

Menggunakan aplikasi Telegram versi lama biasanya memang sering ditemukan error di dalamnya, termasuk error pada fitur Anonymous Chat ini. Untuk itu, jika memang sudah tersedia versi aplikasi Telegram terbaru di Google Play Store, maka Anda perlu melakukan pembaruan pada aplikasi tersebut.

Caranya buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi Telegram melalui menu Pencarian. Selanjutnya klik pada aplikasi Telegram yang muncul di hasil pencarian, lalu klik tombol Perbarui atau Update.

Periksa token API dan status server

Bot Anonymous Chat Telegram error bisa jadi karena token API yang digunakan salah atau sudah kadaluwarsa. Untuk itu, Anda perlu memeriksa lagi apakah token API yang digunakan sudah benar. Sementara jika token API-nya sudah tidak berlaku, maka Anda perlu menggantinya dengan token API baru.

Selain itu, pastikan server yang digunakan sebagai tempat hosting bot Telegram berjalan dengan baik. Jika memang terjadi masalah error, maka Anda perlu melakukan perbaikan pada server tersebut.

Periksa izin akses

Izin akses yang dibatasi untuk Bot Chat Anonymous Telegram, tentunya hal ini membuatnya tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Izin akses pada beberapa fitur diperlukan bagi Chat Anonymous Bot tersebut agar bisa berfungsi selayaknya.

Untuk mengatasinya, Anda perlu memeriksa izin akses tersebut melalui BotFather. Kemudian aktifkan atau berikan izin akses pada Anonymous Chat Bot Telegram sesuai dengan fungsinya.

Meminta bantuan pihak Telegram

Dan cara terakhir untuk mengatasi Bot Chat Anonymous Telegram yang tidak berfungsi yakni dengan meminta bantuan pihak Telegram. Anda bisa meminta bantuan dengan mengakses halaman Bantuan di situs resminya.

Beritahukan pada CS yang terhubung agar masalah yang Anda alami bisa dibantu diatasi. Biasanya CS akan meminta alamat email maupun nomor HP yang digunakan pada akun Telegram yang error tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi Anonymous Chat Telegram error yang mudah dan ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.