Cara Mengamankan Akun Instagram Agar Tidak Bisa di Hack

  • 2 min read
  • Mar 12, 2020
cara mengamankan akun instagram

Cara Mengamankan Akun Instagram – Bagaimana sih rasanya juga akun Instagram kamu yang sudah kamu bangun dari awal hingga sudah besar sampai sekarang, tiba-tiba hilang tak tahu kemana. Atau akun Instagram kamu yang sudah kamu privat dan isinya foto-foto privasi tiba-tiba jatuh ke tangan orang yang tidak jelas, lalu bagaimana cara memperkecil kemungkinan akun tersebut bisa di bobol oleh hacker atau orang yang tidak dikenal.

Cara Mengamankan Akun Instagram

Cara Mengamankan Akun Instagram

Jangan Berbagi Password

Point pertama cara mengamankan akun instagram agar tidak mudah di bobol adalah dengan mengamankan password itu sendiri, jadi sederhananya jangan sampai orang lain tahu password tersebut dan jangan sampai kamu serahkan password itu ke orang lain

Gunakan Password kombinasi

Password yang biasa-biasa saja memudahkan orang untuk menebak apa itu isi password kamu, contoh password tanggal lahir, lalu angka 1-8 berurutan dan beberapa kemungkinan password sederhana lainnya, lalu bagaimana cara menciptakan password yang sulit di bajak!. Yaitu gunakan password kombinasi contoh kamu lahir di surabaya 11 januari 2010 , maka rekomedasi password yang droidinside sarankan adalah “5ur4bay411Januar!2010” , ribet kan. Tapi pastikan pula kamu mudah dalam menghafalnya.

Gunakan Autentikasi Dua-Faktor

Cara ini juga merupakan salah satu cara yang mengamankan akun instragram yang direkomedasikan droidiniside. Metodenya ada 2 yang pertama adalah verifikasi sms ke nomor ponsel yang kamu pilih, kedua adalah autentikasi menggunakan software / aplikasi yang menggunakan  aplikasi “Duo Mobile“. dikarenakan admin baca komentar di playstore mengenai aplikasi Duo Mobile yang banyak kendala. Jadi disarankan gunakan Autentikasi via SMS saja, caranya seperti berikut :

Cara Autentikasi menggunakan SMS

  1. Buka Instagram dan masuk di pengaturan
  2. Pilih Keamanan lanjut ke Autentikasi Dua-Faktor tekan tombol “Mulai
  3. Hidupkan tombol ON dengan geser ke kanan untuk mengaktifkan fitur autentikasi via SMS
  4. Masukkan Nomor telepon kamu yang aktif / yang kamu gunakan pemanen lalu tekan selanjutnya
  5. Tunggu sebentar nanti kamu akan langsung dapat SMS untuk Kode Konfirmasi, lalu masukkan kode tersebut dan tekan selanjutnya. Tekan Selesai
  6. Setelah kamu menekan Selesai kamu akan di berikan 5 Kode Konfirmasi untuk berjaga-jaga jika suatu saat terjadi sesuatu yang tidak kamu ketahui, seperti ponsel kamu hilang, nomor kamu kadaluarsa, atau nomor kamu hilang.
  7. Silahkan simpan 5 Kode Konfirmasi tersebut dengan baik dan hati-hati.
  8. Verifikasi selesai.

Kesimpulan :

  • Cara diatas tidak sepenuhnya 100% bisa menghalangi hacker, tips diatas hanya untuk meminimalisir saja.
  • Tips lain yang mujarab adalah, silahkan ganti password secara berkala, lalu pada saat kamu login menggunakan perangkat lain pastikan perangkat tersebut aman, maksudnya aman adalah aman dari virus atau script rekam jejak keyboard seperti keylogger.
  • Untuk Aplikasi pihak ketiga seperti Duo Mobile belum bisa dicoba karena admin takut nanti IGnya admin situs ini tidak bisa dibuka, jadi menunggu komentar positifnya dulu.
  • Sekian terima kasih, semoga bermanfaat.