Cara Mengaktifkan Google Assistant Dengan Mudah | Droidinside

Cara Mengaktifkan Google Assistant Dengan Mudah

  • 2 min read
  • Okt 04, 2020
cara mengaktifkan google assistant

Cara mengaktifkan Google Assistant merupakan informasi yang dapat memudahkan kehidupanmu. Bagi pengguna Android pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah “Ok Google” yang mungkin sering kamu dengar dari teman atau orang lain ketika mereka menggunakan hp mereka.

Dengan menggunakan kalimat sakti “Ok Google” tersebut kamu bisa memberikan perintah pada Android kamu menggunakan suara, dan jika perintah dapat dikenali dan dapat dilakukan maka Android akan segera menjalankan perintah tersebut secara otomatis tanpa perlu menyentuh layar.

Kecanggihan tersebut dapat kita nikmati akibat dari adanya Google Assistant pada perangkat Android sekarang. Beberapa tipe Android mungkin sudah bisa langsung digunakan, namun beberapa lagi perlu dilakukan pengaturan terlebih dahulu.

Berikut cara mengaktifkan Google Assistant biar bikin kalimat sakti tersebut bisa kamu gunakan pada Android kamu.

Cara Mengaktifkan Google Assistant

Pada dasarnya Android yang sudah support dengan google assistant ini bisa kamu gunakan langsung, karena google assistant bisa kamu gunakan tanpa perintah Ok Google, caranya yakni dengan menahan atau menekan lama tombol home hingga google assistant muncul dan siap digunakan.

Namun tentu akan lebih asik ketika bisa kita aktifkan dengan menggunakan suara, yakni dengan kalimat Ok Google tadi, cara mengaktifkannya juga sangat mudah yakni:

  • Pertama pastikan terlebih dahulu apakah hp kamu sudah support dengan Google Assistant ini, jika belum support maka perintah Ok Google dan perintah menggunakan suara tidak bisa kamu gunakan
  • Kedua, pastikan kamu sudah login Akun Google di Hp kamu, jika belum ada bisa ditambahkan
  • Kemudian kamu bisa melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan menyebutkan kalimat Ok Google pada hp kamu, apabila ada respon dari Google Assistant artinya fitur Ok Google milik Google Assistant pada hp kamu sudah aktif, sehingga kamu tidak harus mengaktifkannya lagi.
  • Namun apabila perintah Ok Google tidak merespon maka kamu harus mengaktifkannya yakni dengan cara menahan atau menahan lama tombol home hingga muncul halaman Google Assistant
  • Kemudian klik Continue atau Next pada halaman tersebut
  • Lalu pilih lagi I Agree, jika kamu ingin mengaktifkan perintah suara Ok Google, namun jika kamu tidak ingin maka pilih No Thanks
  • Kemudian next lagi dan ikuti petunjuk yang diberikan hingga selesai
  • Dengan begitu kamu sudah bisa menggunakan kalimat sakti Ok Google untuk mengaktifkan google assistant

Setelah kamu mengetahui cara mengaktifkan Google Assistant, perlu diketahui bahwa fitur ini hanya tersedia secara Online. Jadi kalau kamu ingin menggunakan ini, pastikan ada koneksi internet yang cukup baik. Google lewat Assistant akan membutuhkan koneksi internet untuk memahami kata-kata yang kamu ucapkan.

Cara Mengatur Google Assistant

Google Assistant pada perangkat Android kamu bisa kamu atur sesuai dengan kebutuhan kamu misalnya seperti pengenalan suara, bahasa yang digunakan, pengenalan wajah, kontrol rumah, dan masih banyak lagi.

Cara untuk membuka pengaturan google assistant yakni dengan membuka pengaturan akun google kamu, caranya pergi menuju menu Settings lalu pilih Akun atau Google pada menu settings tadi, dan kemudian kamu akan diarahkan pada akun google yang sedang kamu gunakan.

Disana terdapat beberapa opsi atau pilihan kategori yang bisa kamu lihat, pilih menu Asisten, dan disana kamu bisa mendapatkan pengaturan Google Assistant yang bisa kamu ubah.

Dengan mengetahui cara mengaktifkan Google Assistant, bahkan kamu bisa membuka aplikasi dengan menyebutkan kata kunci.

Tinggalkan Komentar!