Cara Mengaktifkan Extra DIM Samsung & Mengapa Fitur ini Disembunyikan

  • Android
  • May 19, 2023
Cara Mengaktifkan Extra DIM Samsung

Apakah Anda ingin membuat layar ponsel Samsung Anda lebih redup lagi? Jika ya, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengaktifkan fitur Extra DIM di HP Samsung Anda dan alasan mengapa fitur ini malah di sembuyikan di beberapa seri Samsung

Apa itu Extra DIM

Extra Dim adalah fitur baru aksesibilitas yang hadir dalam Android 12 dari Google, yang memungkinkan pengguna untuk mengurangi kecerahan layar melebihi batas yang ditetapkan oleh produsen. Jadi, jika kecerahan terendah pada ponsel Anda masih terlalu terang, Anda dapat mengaktifkan opsi Extra Dim.

Fitur Extra Dim menjadi standar pada semua perangkat yang menjalankan Android 12. Anda dapat dengan mudah mengaktifkan atau menonaktifkannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada smartphone Samsung, tombol Extra Dim dapat ditemukan di pusat notifikasi, memungkinkan akses cepat ke opsi ini.

Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan sesuai preferensi Anda. Fitur ini juga menyediakan opsi Intensitas, yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan kecerahan layar smartphone mereka menjadi lebih rendah atau lebih tinggi.

Terakhir, Anda dapat mengaktifkan sakelar yang akan secara otomatis mematikan opsi Extra Dim saat ponsel Anda dinyalakan ulang. Jika Anda ingin tetap menggunakan pengaturan Extra Dim, pastikan sakelar dalam posisi On.

Mengapa Fitur Extra DIM dan Scan QR Code disembunyikan?

Mengapa Fitur Extra DIM dan Scan QR Code disembunyikan

Menurut sumber langsung dari forum Samsung di jelaskan karena keterbatasan hardware yang akhirnya fitur tersebut di sembunyikan di beberapa seri Samsung. untuk informasi lengkapnya tanpa edit. Berikut mimin sertakan di paragraf bawah ini :

Selamat malam kawan Samsung Members yang tercinta

Setelah hari ini mendapatkan pembaruan One UI 4.0 Android 12 pada Galaxy Note 10+, saya melihat ada fitur Android 12 yang tidak disertakan pada pengaturan aksesibilitas Note 10+. Fitur Ekstra Redup (Extra Dim) yang ada pada pembaruan S21 series, S20 Series dan terutama Note 20 series yang saya miliki tidak disertakan pada pembaruan perangkat yang lebih lama (S10 dan Note 10).

Jawaban dari Samsung, karena keterbatasan hardware. Ketika Ekstra Dim diterapkan pada beberapa perangkat samsung yang memiliki keterbatasan hardware, itu bisa mengakibatkan terjadinya beberapa masalah seperti pemutaran video tidak terlihat pada situasi tertentu dan masalah-masalah lain yang belum dijelaskan.

Untuk tetap menjaga user experience dari perangkat tersebut, Samsung mengambil tindakan untuk menyembunyikan toggle Extra Dim pada pengaturan aksesibilitas maupun pada quick panel dari beberapa perangkat yang telah disebutkan diatas.

Walau fitur tersebut masih bisa diakses dengan cara bypass menggunakan Activity Launcher atau shortcut maker, disarankan untuk tidak dilakukan.

Bagi yang ingin melakukannya, caranya :

  1. Install Activity Launcher or Shortcut Maker dari playstore;
  2. Buka aplikasinya lalu search :
    • Ekstra Redup (jika default bahasa : Indonesia)
    • Extra Dim (jika default bahasa : English)
  3. Tambahkan shortcut ke beranda;
  4. Klik shortcutnya di beranda maka otomatis layar akan lebih redup.
  5. Do with your own risk, seperti yang telah dijelaskan oleh pihak Samsung.

Cara Mengaktifkan Extra Dim di Samsung

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur Extra Dim di Android 12 melalui aplikasi Pengaturan:

Cara Mengaktifkan Extra Dim di Samsung
  1. Buka Settings
  2. Pilih Accessibility
  3. Kemudian pilih Visibility enhancements
  4. Lanjut aktifkan fitur Extra dim dan mengaturnya di bagian intensity
  5. Kamu juga bisa membuat shortcutnya agar mudah untuk setting lagi.

*Pastikan untuk menyesuaikan pengaturan kecerahan layar Anda sesuai dengan preferensi dan kondisi lingkungan Anda. Dengan mengaktifkan fitur Extra Dim, Anda dapat mengurangi kecerahan layar ponsel Anda lebih dari batas standar, memberikan kenyamanan visual yang lebih baik terutama dalam kondisi pencahayaan rendah.

Cara Mengaktifkan Extra Dim di Samsung Galaxy note 10

Untuk Samsung Galaxy Note 10 yang sudah update ONE UI 4.0 dan sudah android 12. kamu bisa mengaktifkan fitur Extra dim seperti panduan dibawah ini:

  • Buka Quick Panel (buka notifikasi dgn 2 jari)
  • Geser ke panel paling akhir dan tap +
  • Cari Extra Dim dan seret ke panel dan tap Done
  • Extra Dim siap digunakan

* Atau agan bs temukan fiturnya di Settings > Acessibility > Visual Enhancement > Extra Dim (Ekstra Redup jika kamu menggunakan bahasa Indonesia)

Nah itulah artikel singkat mengenai Cara Mengaktifkan Extra DIM Samsung, semoga kalian bisa memilih mana yang harus di aktifkan dan tidaknya, karena tidak semua seri hp samsung bisa berjalan dengan baik menggunakan fitur ini 😀

Related Post :
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments