Cara Mencari Lagu Yang Tidak Tahu Judulnya Mudah

  • 3 min read
  • Feb 27, 2021
Cara Mencari Lagu Yang Tidak Tahu Judulnya

Pernah suka sama suatu lagu ? Cara mencari lagu yang tidak tahu judulnya mungkin bisa kamu gunakan untuk memenuhi hasrat kamu untuk mengetahui sebuah lagu. Soalnya hal ini sering juga dialami oleh admin Droidinside. Suka sama sebuah lagu atau musik cuma lewat sepenggal lirik atau nadanya. Apa hal ini juga kamu rasakan ?

Sebut saja lagu dari Jingle sebuah iklan, atau bisa juga dari potongan sebuah video yang muncul entah dari televisi atau radio. Bisa juga lewat Story IG teman kamu yang cukup keren lagunya. Atau bersumber dari berbagai sosial media termasuk Youtube juga.

Kalau admin sendiri butuh cara mencari lagu yang tidak tahu judulnya, karena waktu kecil sering mendengar musik yang dimainkan Mini Compo saudara/tetangga. Sampai sekarang hanya hafal bagian kecil liriknya atau nadanya. Barulah dengan berbagai metode yang akan kamu temukan dalam tulisan ini dapat memecahkan masalah yang sama.

Cara Mencari Lagu Yang Tidak Tahu Judulnya

Mencari Tahu Clue/Petunjuk Lagu

Sebelum menuju cara mencari lagunya, kamu perlu tahu dahulu sebuah Clue dalam lagu. Clue adalah petunjuk yang dapat memudahkan kamu dalam melakukan pencarian. Kalau tidak ada petunjuk untuk mencari lagu tersebut, kemungkinan akan cukup sulit dicari. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi petunjuk cara mencari lagunya:

  • Sedikit lirik yang kamu hafal
  • Ada potongan lagu yang bisa dimainkan
  • Bisa juga potongan video yang dipunya
  • Screenshot gambar video klip lagu tersebut

Untuk mendapatkan potongan lagu, video, maupun gambar dari sebuah lagu kamu bisa menggunakan smartphone untuk menangkap momen tersebut. Perekam Layar maupun Perekam Suara serta Fungsi Screenshot pada Hp bisa digunakan untuk menangkap suara atau gambar untuk dilakukan pencarian

Cara Mencari Lagu Dengan Google Assistant

Kamu perlu untuk mengaktifkan Google Assistant dahulu agar dapat digunakan untuk mencari sebuah judul lagu. Biasanya dengan mudah dengan menekan tombol Home agak lama, kemudian mengucapkan beberapa kata. Bisa juga dengan mengatakan Ok Google, jika sudah disetel untuk aktif. Berikut ini beberapa jalan untuk mengenali sebuah lagu:

1. Melalui Lirik

Cara mencari lagu yang tidak tahu judulnya dengan sedikit lirik yang kamu tahu, bisa menjadi petunjuk yang bagus. Langsung aja ke pencarian Google dan ketikkan Lirik Lagu diikuti dengan kata yang kamu ketahui tentang sebuah lagu.

Ini mungkin akan lebih mudah pada lagu lokal berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Hasil akan lebih sulit apabila berbahasa cina atau korea. Karena bisa dipastikan hp kamu Googlenya berbahasa indonesia atau inggris saja.

Bisa juga dengan membuka Google Assistant lalu dengan menyebutkan “Judul lagu” dengan diikuti lirik yang kamu ketahui. Dalam beberapa saat Google akan memberikan berbagai artikel judul lagu yang sesuai.

2. Cara Mencari Lagu Dengan Suara

Lewat potongan lagu atau potongan video yang memiliki suara dapat kamu gunakan untuk mencari sebuah judul lagu. Gunakan 2 ponsel untuk mencari suara, ponsel pertama untuk mendengarkan lagu dan satunya untuk membuka Google Assistant:

  • Buka Google Assistant pada sebuah ponsel
  • Ucapkan “Lagu apa ini”
  • Diikuti mendekatkan sumber suara dari hp yang satunya
  • Asisten akan mendengarkan lagu dan akan mencari judul lagu yang kamu perdengarkan

Metode ini juga bisa dengan mudah untuk mencari lagu dari video yang memiliki suara juga. Cukup mudah mencari jika memang terdapat sumber suara. Jika kamu pandai menyanyikan lagu tersebut, bisa langsung bernyanyi sebisa kamu di Google Assistant.

mencari judul lagu dengan google asisten

Mencari Lagu Dengan Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan dalam cara mencari lagu yang tidak tahu judulnya berikut ini bisa kamu instal dari Play Store:

  1. Musixmatch Lyrics
  2. SoundHound
  3. Shazaam
  4. MusicID

Keseluruhan aplikasi tersebut memiliki fungsi dan cara kerja yang sama. Bisa dengan memasukkan lirik untuk mengetahui judul sebuah lagu. Cara lain dengan memperdengarkan sebuah lagu yang sedang diputar agar aplikasi dapat membaca dan mencari di database.

Menurut admin, cara mencari lagu yang tidak tahu judulnya dengan aplikasi sebenarnya masih kalah dengan Google Assistant. Karena di aplikasi-aplikasi tersebut, tidak bisa mencari sebuah lagu dengan langsung berbicara. Jadi hanya suara musik asli yang bagus dapat terbaca olehnya.

Penutup

Cara mencari lagu dengan suara, video, atau lirik harus dipastikan cukup Clue yang dibutuhkan. Misalkan sebuah suara dalam lagu, minimal durasi petunjuk lagu tidak terlalu singkat. Kalau cuma beberapa detik saja mungkin akan sulit mencari lagunya.

Cara mencari lagu yang tidak tahu judulnya bisa dengan menggunakan Screenshot foto dari video clip. Kamu hanya perlu mengupload ke gambar ke Google, dia akan menunjukkan sebuah adegan tersebut masuk pada video dengan judul apa.

Begitu Pula dengan tulisan lirik, setidaknya kamu perlu mengetahui beberapa larik dalam sebuah lagu. Lirik yang hanya beberapa kata tidak dapat menunjukkan judul sebuah lagu karena kata-kata tersebut mungkin digunakan di banyak lirik lagu. Sehingga untuk cara mencari lagu yang tidak tahu judulnya perlu sedikit pertimbangan ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *