Tips Cara Menampilkan Tanggal Pada Kamera Xiaomi

  • 3 min read
  • Feb 15, 2021
Cara menampilkan tanggal pada kamera xiaomi

Agar dapat dengan mudah mengingat kapan sebuah momen, kamu perlu tahu cara menampilkan tanggal pada kamera Xiaomi (jika ponsel kamu ini). Selain mempermudah menentukan kapan sebuah momen atau foto dijepret, menampilkan tanggal dan waktu pada foto dapat membantu mengurutkan sebuah peristiwa. Secara kronologis sebuah kejadian atau momen perjalanan kamu dapat dengan mudah dikenali jika waktu muncul di foto misalnya.

Di ponsel Xiaomi, hampir keseluruhan foto yang diambil dengan kamera akan secara otomatis disimpan dengan nama berurutan angka-angka. Nama file foto ini berisi informasi tanggal atau waktu di kamera hp hasil penangkapan gambar. Meskipun ada beberapa ponsel Xiaomi yang menggunakan angka acak pada file hasil pengambilan kamera. Sehingga mungkin sulit untuk menentukan kapan foto diambil tanpa mengecek rinciannya.

Seperti pada ponsel Redmi 9A yang keluar dengan MIUI 12 dari box pembelian. Menggunakan penamaan file angka acak sehingga akan cukup membuat sulit mengidentifikasi kapan diambilnya. Sehingga perlu cara menampilkan tanggal pada kamera Xiaomi. Bagaimanakah caranya ? dan bisakah memberi tanggal pada foto yang belum ada tanggalnya?

Cara Menampilkan Tanggal Pada Kamera Xiaomi

Untuk mengaktifkan penambahan tanggal setelah memfoto di ponsel Xiaomi kamu perlu mengakses pengaturan/setelan kamera atau cari menu time stamp. Tentunya berbeda-beda tiap ponsel Xiaomi, sehingga kamu perlu menentukan urutan langkah yang tepat untuk cara menampilkan tanggal pada kamera Xiaomi.

Ponsel Xiaomi Lawas

Ponsel jenis yang agak lawas seperti Redmi 5A, 4X, 4A dan kawan-kawan sejenisnya dengan tombol navigasi terpisah dengan layar dapat mengakses menu penanggalan foto otomatis. Berikut cara ataupun langkahnya:

  • Buka aplikasi Kamera bawaan
  • Tekan dan tahan tombol Recent Apps (tombol navigasi sebelah kiri, 3 garis kiri bawah)
  • Setelan kamera akan terbuka
  • Klik pada Tambah Info Waktu Di Foto untuk memunculkan tanggal di foto hasil jepretan
    menampilkan watermark tanggal di kamera xiaomi

Ponsel Xiaomi Baru

Berbeda dengan ponsel Xiaomi yang tombol navigasinya menyatu atau di dalam layar. Biasanya bisa diakses pada fitur-fitur kameranya di bagian atas.

  • Buka aplikasi kamera
  • Klik pada 3 garis dibagian atas (atau tombol untuk membuka setelan efek foto lain)
  • Pilih Setelan (ikon gerigi)
  • Klik pada Watermark
  • Ketuk untuk mengaktifkan pada Tambah Info Waktu Di Foto
    menampilkan tanggal waktu di foto xiaomi

Untuk ponsel baru Xiaomi yang sedang tidak pada mode layar penuh, maka tombol navigasi akan muncul. Saat membuka kamera, tombol Recent App bisa ditekan lalu ditahan juga untuk membuka setelan pada kamera.

Ponsel Xiaomi Dengan Android One

Pada cara menampilkan tanggal pada kamera Xiaomi dengan MIUI atau tutorial diatas, dapat dengan mudah melakukan penyetelan waktu di foto (setting kamera) . Akan tetapi pada sistem operasi ini, tidak bisa mengakses setelan kamera langsung di aplikasi kameranya. Kamu perlu:

  • Buka App Drawer atau usap layar dari bawah ke atas
  • Setelan
  • Aplikasi Sistem
  • Kamera
  • Tambahkan waktu pada foto

Mulailah menjalankan kamera, lalu ambil sebuah foto. Maka hasil foto akan terdapat tulisan tanggal di bagian bawahnya. Istilah tanggal di foto ini bisa disebut dengan TimeStamp.

Memberi Tanggal Di Foto Dengan Aplikasi

Jika sebelumnya cara menampilkan tanggal pada kamera Xiaomi secara otomatis belum diaktifkan. Foto tidak akan memiliki watermark atau cap di dalamnya. Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi, sehingga secara otomatis memberikan tanggal pada foto. Berikut aplikasi cara mengatasi hasil jepretan foto belum ada tanggalnya. Dibawah ini bisa kamu instal di ponsel kamu (cari lewat Play Store):

  • Auto Stamper untuk Photo
  • Add Text and Timestamp on Gallery Photos

Beberapa aplikasi tersebut dapat memberikan stempel waktu dan tanggal pada foto di galeri. Sehingga foto-foto yang sudah dijepret namun belum diberikan waktu bisa secara otomatis. Didalam aplikasi, foto yang dipilih dapat diberikan watermark sesuai keinginan. Biasanya foto baru akan muncul dengan watermark.

Info tanggal waktu yang secara otomatis muncul ini akan menyesuaikan informasi foto yang ada. Jika hasil pengambilan foto dari kamera, waktu akan sesuai. Jika foto diunduh dari internet, maka watermark atau tanggal di foto akan menyesuaikan waktu kapan mengunduhnya. Termasuk unduhan dari Chrome atau sosial media Whatsapp dan lain-lain.

Penutup

Cara menampilkan tanggal pada kamera Xiaomi cukup mudah hanya dengan mengubah pengaturan pada kamera. Selain itu, kamu bisa secara otomatis menggunakan aplikasi penambah tanggal pada foto di galeri. Dengan menambahkan tanggal di foto, pengorganisasian gambar akan lebih mudah. Ditambah akan begitu mudah mengingat momen tertentu kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *