Tips Cara Menampilkan Persentase Baterai Oppo

  • Droidinside
  • Apr 21, 2022

Bingung kapan waktu ngecas hp? Cara menampilkan persentase baterai Oppo bakalan membantu kamu. Sebagai salah satu cara membuat baterai agar awet, kita perlu mengisi daya ponsel pada saat masih berapa persen. Tidak pas ponsel mati baru dicas, karena banyak teori yang mengatakan bahwa akan cepat mengurangi siklus hidup baterai.

Persentase baterai akan memudahkan kita dalam memperkirakan apakah ponsel kita bisa bertahan hingga berapa lama. Misalkan bepergian dalam waktu agak lama, membuat kita perlu membawa charger atau tidak. Cara menampilkan persentase baterai Oppo juga akan membantu kamu mengetahui apakah ada kerusakan pada baterai hp tersebut. Pastinya kalau hp dicas lalu berkurang dengan sangat cepat (tiba-tiba baterai jadi merah atau persentase anjlok) berarti itu menandakan kamu harus segera ganti baterai. Lalu bagaimanakah cara agar persen baterai muncul di hp Oppo? Tutorialnya dari Droidinside untuk kamu dibawah ini.

Cara Menampilkan Persentase Baterai Oppo

Untuk memunculkan besarnya baterai di hp Oppo sebenarnya mudah. Kamu hanya perlu membuka beberapa menu di pengaturan kemudian menampilkan mengaktifkan menu penampil baterai. Bagusnya lagi, hampir semua ponsel Oppo punya pengaturan yang sama untuk menampilkan persentase baterai. Hanya pada hp yang jadul doang aja, aga sedikit berbeda untuk di pengaturan. Tapi admin kasih deh perbedaan-perbedaan cara menampilkan persentase baterai Oppo tersebut. Biar kamu bisa pilih mana yang cocok sesuai tipe hp. Berikut ini beberapa tutorialnya sesuai generasi ponsel Oppo:

Melalui Pengaturan Pemberitahuan/Notifikasi

Cek tutorial dari admin dibawah ini dengan melihat nama tiap menu yang ada. Ditandai dengan garis miring menandakan ada perbedaan kata/nama pada menu-menu di pengaturan hp Oppo kalian:

  • Buka Pengaturan (menu ini juga bisa dibuka dengan usap layar dari ujung atas ke tengah untuk membuka Akses Cepat. Setelah itu klik tombol Gear)
  • Klik menu Notifikasi & Bilah Status / Pemberitahuan Dan Bilah Status / Pemberitahuan & Bilah Status
  • Dibawah menu Bilah Status
  • Klik untuk aktifkan menu Persentase Baterai / Tampilkan Persentase Baterai
  • Maka persentase baterai akan muncul di pojok (dekat baterai atau didalamnya)
menampilkan persentase baterai oppo

Melalui Pengaturan Baterai

Pada ponsel Oppo yang lebih baru setidaknya generasi tahun 2018 keatas. Seperti pada Oppo A5s, A3s, A53, A54, A5 (2020) dan sejenisnya. Terdapat menu tersendiri pada pengaturan sebagai alternatif cara menampilkan persentase baterai Oppo. Berikut langkahnya:

  • Buka Pengaturan
  • Pilih menu Baterai, setelah itu akan muncul persentase baterai sekarang
  • Usap keatas, menu-menu dibawahnya
  • Klik menu Tampilkan Persentase Baterai Di Bilah Status
  • Angka dengan persen akan muncul di dalam baterai pas di pojok atas
cara menampilkan persentase baterai oppo a5s

Menampilkan Persentase Baterai Oppo Jadul

Seperti halnya Oppo Neo 7, Oppo R7, Oppo Joy, Oppo Joy 3, Oppo Mirror 5 dan sejenisnya serta keluaran tahun 2015 kebawah. Agak sedikit berbeda dengan pengaturan hp Oppo jaman now. Bagi kamu yang masih punya artefak ponsel lawas ini, berikut ini cara menampilkan baterai ponsel tersebut:

  • Buka menu Setelan
  • Klik tab Tampilan (sebelah pojok kanan atas) atau geser layar ke kiri hingga ke Tampilan
  • Klik Persentase Baterai
  • Ikon baterai akan ditemani besar kapasitasnya dalam bentuk persen disebelahnya

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ketika kamu tidak puas dengan tampilan persentase baterai bawaan hp Oppo. Cara menampilkan persentase baterai Oppo juga bisa kok dengan aplikasi pihak ketiga dari Play Store. Langkahnya:

  • Buka aplikasi Play Store
  • Klik tombol kaca pembesar di bagian atas
  • Ketikkan: Battery Widget
  • Klik lalu instal salah satu (misalkan Battery Widget Reborn)
  • Setelah itu, ke beranda/layar utama
  • Tekan dan tahan pada bagian kosong pada layar
  • Pilih menu Widget
  • Tekan dan tahan tampilan baterai dari Widget yang diinstal
  • Sekarang kamu punya persentase baterai di layar

Sebagian aplikasi battery tersebut akan menampilkan baterai melalui Widget. Sebagian lagi berbentuk ikon yang mengambang dan bisa dipindah-pindah. Instal aplikasi dengan review yang terbaik dan jumlah unduhan yang paling banyak.

Penutup

Itulah beberapa cara ampilkan indikator angka baterai hp Oppo. Ketahuilah bahwa untuk ponsel Oppo keluaran tahun 2018 kebawah. Angka persentase baterai akan muncul di luar baterai (posisi disebelah kiri) sedangkan untuk tahun 2019 ke atas, persentase baterai akan muncul di dalam baterai. Ini berhubungan dengan perbedaan versi ColorOS dari yang lama dibandingkan yang baru.

Sebenarnya gak asik sih yang baru, soalnya persentase ada di dalam baterai kurang jelas terlihat bagi bapak-bapak. Posisi gak bisa dipilih dan cukup terlihat kecil. Untuk itu, admin juga ngasih tutorial cara menampilkan persentase baterai Oppo pake aplikasi pihak ketiga. Biar persentase kelihatan segede gaban dan langkahnya kayak pas pasang di hp Infinix.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.