Cara Menampilkan FPS Di Xiaomi Tanpa Root

  • 3 min read
  • Nov 30, 2020
menampilkan fps di Xiaomi tanpa root

Gamer biasanya sangat memperhatikan FPS. Dengan menampilkan FPS di Xiaomi, kamu dapat juga ikut memantau layar. Seberapa penting FPS dan bagaimana cara mengaktifkannya pada Xiaomi ?

[lwptoc]

Menampilkan FPS Dan Fungsinya

FPS merupakan kepanjangan dari Frames Per Second. Memiliki arti frame atau bingkai layar yang ditampilkan setiap detik. Jika sebuah gambar adalah 1 frame, maka secara sederhana pengertiannya adalah seberapa banyak gambar yang ditampilkan setiap 1 detiknya.

Umumnya kita mengenal istilah 30 fps, sampai 60 fps. Artinya terdapat 30 gambar yang ditampilkan secara berurutan dalam 30 detik (begitu juga dengan 60 fps=60 gambar). Semakin tinggi nilai ini, maka semakin bagus dan halus tampilan yang digunakan.

Pada penggunaan game, semakin tinggi FPS maka semakin bagus dan halus ketika kamu bermain. Semakin baik pergerakan karakter/game dan tidak terlihat patah-patah. Angka tersebut bisa dijadikan sebuah tolok ukur performa ponsel ketika bermain game. Ponsel yang lebih bagus spesifikasi akan menunjukkan FPS yang lebih tinggi jika digunakan untuk bermain game.

Sebenarnya tidak hanya game yang butuh untuk menampilkan FPS saja. Terdapat aplikasi yang membutuhkan FPS tinggi seperti pemutaran video, editing video dan lain sebagainya bahkan pada ponsel High End, tersedia perekaman video 60 Fps. Sehingga akan membutuhkan FPS Counter atau penghitung FPS untuk mengetahui performa android.

Seringkali penampil FPS ini membutuhkan akses Root, namun ada caranya tertentu agar tidak menggunakan akses Root. Lalu bagaimanakah cara menampilkan FPS di Xiaomi tanpa Root?

Cara Menampilkan FPS Di Xiaomi Tanpa Root

Brand ponsel ini sudah menyematkan FPS Counter atau penampil FPS pada ponsel-ponsel yang tergolong baru. Berikut ini rincian lengkap untuk cara menampilkan FPS di Xiaomi dengan berbagai kondisi HP nya:

Menghidupkan Tampilan FPS Di MIUI 11 Android 9

Ponsel Xiaomi yang sejak lahir tersematkan maupun yang mendapat update MIUI 11 dengan sistem Android 9 (Pie) akan dapat memunculkan FPS pada layar. Sebagai salah 1 fitur untuk memantau layar, kamu secara bersamaan bisa mengaktifkan penampil FPS, Refresh Rate, dan Resolusi layar. Langkahnya:

  • Buka papan panggilan/dial, lalu tekan
  • *#*#37263#*#*
  • Akan muncul kotak berisi 3 informasi (FPS, Refresh Rate, Screen Resolution)
    kode memunculkan fps xiaomi

Kotak tersebut hanya dapat digeser kebawah dan keatas di bagian kiri layar. Tidak bisa dipindah ke bagian kanan. Kamu juga bisa menutupnya, dengan menekan pop up FPS tersebut satu kali lalu klik X (silang).

Cara ini khusus hanya dapat diterapkan di MIUI 11. Kamu tidak bisa melakukannya pada versi MIUI dibawahnya maupun diatasnya.

Menghidupkan Tampilkan FPS Melalui Opsi Pengembang

Kamu bisa menggunakan cara ini untuk ponsel Xiaomi dengan MIUI 11 (basis android 10) dan 12. Melalui opsi pengembang yang dapat dihidupkan melalui klik 7x pada Versi MIUI didalam tentang ponsel. Setelah Opsi Developer aktif, selanjutnya:

  • Bukalah setelan Opsi Pengembang (setelan tambahan)
  • Geser ke bagian tengah-tengah keseluruhan menu Opsi Pengembang
  • Temukan Menu Memantau, lalu klik Power Monitor
  • Setelah itu, pada Frame Rate Monitor Tools klik Start
  • Klik stop untuk mematikan atau tekan pada pop up FPS lalu tekan tanda X
    menampilkan fps di xiaomi dev mode

Cara ini cukup gampang untuk menampilkan FPS di Xiaomi, karena tidak perlu menghafal nomor Dial. Tetapi harus dilihat juga versi MIUI dan basis android yang Xiaomi kamu gunakan.

Menampilkan FPS Di Xiaomi Dibawah Android 9

Beberapa ponsel Xiaomi memang mendapatkan MIUI 11. Namun apabila basis androidnya dibawah 9 tidak bisa menggunakan cara pertama. Tanpa akses Root tidak ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menampilkan FPS di layar.

Cara yang paling mudah adalah menampilkan FPS saat bermain game. Gunakan aplikasi GFX Tools, FPS Meter dan Game Booster yang tersedia di Play Store. Kemudian masukkan Game pada aplikasi tersebut, sehingga saat bermain FPS dapat dimunculkan.

Menampilkan FPS Xiaomi Dengan Game Turbo

Khusus untuk Xiaomi yang sudah memiliki Game Turbo. Menampilkan FPS di Xiaomi tanpa Root ini hanya dapat dilakukan saat bermain game. Langkahnya adalah kamu perlu memasukkan aplikasi ke dalam Game Turbo:

  • Buka Keamanan
  • Klik Game Turbo
  • Tambahkan Permainan (Tanda +)
  • Masukkan Game/aplikasi yang diinginkan
    menampilkan fps dengan game turbo

Buka Game/aplikasi tersebut, maka Game Turbo akan diaktifkan secara otomatis. Pada layar pojok kiri atas, akan ada sebuah garis putih transparan. Klik/geser kekanan untuk memunculkan FPS yang disediakan oleh panel Game Turbo.

Penutup

Menampilkan FPS di Xiaomi tanpa Root yang hanya muncul di layar saat bermain game tidak dapat dimunculkan di layar utama. Ini merupakan sebuah kelemahan. Tapi, saat penggunaan biasa kamu juga tidak memerlukan fungsi penampil ini kan.

Semoga informasi diatas mudah untuk dipelajari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *