Tips Cara Mempercepat Jaringan Internet Android

  • Droidinside
  • Jun 09, 2022

Untuk mempersingkat waktu download, cara mempercepat jaringan internet android dibutuhkan. Kamu perlu sedikit mengotak-atik hp android supaya ada sedikit perubahan kecepatan internet. Karena kalau internet kita cepat, maka pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah. Melakukan upload maupun download file ngebut akan mempersingkat waktumu.

Ada banyak hal yang memengaruhi kecepatan jaringan internet. Dimulai dari penyedia sinyal atau kartu SIM kamu gunakan. Hal ini berhubungan dengan kondisi geografis tempat kamu sekarang berada. Terlalu banyak pengguna kartu yang sama dalam satu wilayah bisa sangat berpengaruh terhadap kecepatan koneksi internet.

Faktor lain yang menyebabkan jaringan jadi lemot juga bisa terjadi pada hp android kamu. Ada beberapa pengaturan ponsel yang berfungsi menerima jaringan tertentu yang kalo gak pas, bisa bikin internet jadi lemot. Aplikasi yang berjalan di latar belakang juga menghambat internet kamu, karena dia ikut menyedot kuota juga. Dan banyak penyebab lain yang membuat jaringan internet tidak lancar atau wus-wus. Lalu adakah cara mempercepat jaringan internet android milik kita? Droidinside berbagi beberapa tips untuk hp agar koneksi bisa lebih cepat.

Cara Mempercepat Jaringan Internet Android

Memodifikasi beberapa parameter atau pengaturan di ponsel android bisa membantu mempercepat jaringan internet. Ya meskipun semuanya kembali lagi ke kondisi sinyal provider dan si server tempat kamu mengunduh file (misal lagi download sesuatu). Berikut ini beberapa cara mempercepat koneksi internet android tanpa aplikasi maupun dengan sedikit bantuan aplikasi yang bisa diunduh dari Play Store:

Menggunakan Provider Jaringan Internet Yang Tepat

Jika kamu hidup di desa, seringkali kita akan menemui kendala sinyal yang buruk sehingga koneksi internet kita lemot. Cara mempercepat jaringan di desa adalah menggunakan kartu SIM yang mencakup wilayah kamu. Belum tentu Telkomsel itu adalah jaringan yang paling cepet. Bisa jadi karena sinyalnya gak bisa masuk, ada provider kartu lain lancar. Kamu harus menemukan kartu yang pas. Yaitu yang jaringannya paling cepat di rumah atau tempat kamu biasa menggunakan jaringan internet. Cara pertama ini mungkin perlu survey dahulu untuk mengetahui sinyal terbaik.

ara mempercepat jaringan di desa

Menyesuaikan Jaringan Manual Hanya 3G, 4G atau 5G

Ada pengaturan di ponsel android dimana bisa memilih jaringan tertentu secara manual. Hal ini berfungsi untuk mencari jaringan dengan kecepatan terbaik. Misalkan pada jaringan 4G Only kecepatan internetnya lemot, kita bisa berpindah ke 3G Only. Cara mempercepat jaringan internet android ini adalah memilih jenis jaringan yang paling cepat. Langkahnya:

  • Buka Pengaturan atau Setelan ponsel android kamu
  • Arahkan ke menu Jaringan atau Data Seluler
  • Ubah jaringan yang sebelumnya mode otomatis
  • Menjadi 4G saja, 3G saja, atau 5G saja
  • Amati perubahan kecepatan internet, sesuaikan mana yang paling cepat

Mengunci Jaringan 4G Only Atau 5G Only

Lock 4G atau mengunci jaringan internet ke 4G/ 5G saja merupakan cara agar koneksi internet stabil di android. Sekaligus sebagai cara mempercepat jaringan internet android, ponsel akan hanya berada pada mode menerima sinyal 4G/5G saja tanpa diturunkan ke 3G. Sehingga memaksimalkan kecepatan internet sesuai dengan kondisi jaringan yang dipilih.

Langkahnya adalah kamu perlu memasukkan kode dial tertentu di papan telepon sehingga bisa muncul setelan LTE Only. Cara ini bisa kamu lakukan di hp Oppo, Xiaomi, Infinix dan ponsel lainnya. Kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti: Force LTE Only, 4G LTE Switcher (no Ads), 4G Only Network di Play Store untuk mengatur jaringan dengan mudah.

Menggunakan DNS Pribadi Di Ponsel Android Untuk Blokir Iklan

Kecepatan koneksi terhambat salah satunya adalah layanan iklan yang muncul pada sistem. Kamu bisa menghindari berbagai iklan dengan DNS sehingga koneksi lebih lancar. Kamu bisa langsung gunakan DNS di hp android kamu dengan mencari kata kunci DNS di Pengaturan/Setelan. Setelah itu, isikan salah satu DNS kumpulan dari Droidinside yang bisa memblok iklan .

Cara Merubah DNS Android

Pengaturan tersebut untuk ponsel dengan OS Android 10 dan lebih baru. Kalau dibawah itu, bisa instal aplikasi di Play Store seperti Pemblokir Konten ADGuard, 1.1.1.1, ADBlocker dan lain sebagainnya. Cara mempercepat jaringan internet android bisa juga dilakukan dengan menggunakan DNS tersebut. Pengaturan DNS bisa juga kamu terapkan pada aplikasi Chrome, kalau kamu pake ini buat download bisa nambah cepat (meski sedikit) .

Mematikan Aplikasi Latar Belakang

Hampir seluruh aplikasi Chat dan media sosial termasuk aplikasi sistem menggunakan data latar belakang. Jadi kelihatannya sih kamu lagi gak buka apa-apa, tapi data internet tetap berjalan digunakan aplikasi yang tidak terlihat. Buka pengaturan aplikasi di hp android kamu, matikan data latar belakang untuk aplikasi-aplikasi tidak penting. Dengan begitu koneksi akan menjadi lebih lancar karena tidak terganggu.

Mendinginkan Ponsel

Cara mempercepat jaringan internet android selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mengkondisikan suhu. Ponsel yang panas akan menyebabkan terjadinya penurunan performa (Throttling) dilakukan oleh sistem. Penurunan performa juga berpengaruh terhadap penerimaan sinyal. Seringkali kita mengetahui hp panas buat maen game lag atau macet-macet begitupun saat terlalu lama streaming video. Maka dari itu, kamu bisa mengurangi suhu ponsel dengan berbagai cara seperti berada di ruangan ber-AC, depan kipas, mengistirahatkan ponsel dan lain sebagainnya.

Mengatasi Bug Software

Setelah update atau pembaruan versi Android, ada hp yang jadi lemah penerimaan sinyalnya. Ada juga yang hp nya malah terjadi penurunan kualitas sinyal padahal sebelumnya bisa full. Cara mempercepat jaringan internet android kembali adalah bisa dengan Reset Ke Pengaturan Pabrik untuk menghindari bug. Selain itu juga bisa melakukan Downgrade versi Android kembali seperti sebelumnya agar sinyalnya kembali baik.

Penutup

Berbagai cara mempercepat jaringan internet android diatas bisa kamu terapkan dengan mudah bukan? Disarankan untuk menggunakan kartu SIM terbaik di tempat kamu untuk mendapatkan pengalaman mengunduh file dengan cepat. Selain itu, kamu juga perlu perhatikan server tempat download file kamu itu lemot atau nggak dengan mengecek di hp dan kartu lain. Kalau sama-sama lemot ya berarti ada masalah dengan servernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.