Cara Memperbaiki Tombol Power Xiaomi Tidak Berfungsi

  • Android
  • Nov 06, 2022

Pada kesempatan kali ini mindro akan berbagi pengalaman seputar Cara Memperbaiki Tombol Power Xiaomi Tidak Berfungsi, panduan ini saya dapatkan dari ponsel Redmi Note 5

Jika kamu pernah mengalami tombol volume keras, terkadang tidak berfungsi. Itu adalah awal dari tanda kerusakan di sekitar tombol tersebut. Ada beberapa penyebab untuk tombol power yang rusak, nanti akan dijelaskan dan dijabarkan dibawah ini.

Penyebab Tombol Power Xiaomi Rusak

Ada banyak penyebab yang bisa kamu temukan di sepanjang perjalanan dan pengalaman kamu, kalau di pengalaman mindro berikut ini :

Hardcase keras : hardcase atau casing hp yang bertipe keras adalah salah satu penyebabnya. Karena kamu membutuhkan tenaga yang besar untuk dapat mematikan dan menghidupkan hp xiaomi tersebut. Nah karena itu terkadang tenaga yang kita keluarkan untuk menghidupkan dan mematikan ponsel jadi berlebihan.

Sering on/off : sering berkali-kali menggunakan tombol on/off secara berlebihan juga bisa mendorong untuk tombol on/off menjadi rusak. Untuk siasati hal tersebut kalian bisa mengaktifkan mode istirahat di Xiaomi tersebut.

Jatuh : Penyebab selanjutnya adalah ponsel kamu pernah jatuh di posisi tombol on/off terbentur keras

Firmware : bug dari firmware juga bisa menjadi penyebab tombol on/off tidak bisa digunakan. cara untuk memperbaikinya adalah tinggal update saja ke firmware terbaru atau mendowngrade ke firmware yang sebelumnya.

Cara Memperbaiki Tombol Power Xiaomi Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Tombol Power Xiaomi Tidak Berfungsi

Cara memperbaiki tombol power yang tidak berfungsi juga lumayan banyak, jika kamu memiliki pengalaman seputar bongkar pasang ponsel kalian juga perlu mencoba beberapa hal dibawah ini.

Setel Pabrik / Factory Reset

Sebelum langkah ke pembongkaran ponsel xiaomi, menurut mindro mending disarankan untuk setel pabrik dahulu, siapa tahu dengan setel pabrik. Tombol on/off bisa diperbaiki.

Tetapi saya sarankan juga backup dahulu data yang kalian pikir penting, sebelum melakukan factory reset atau setel pabrik.

Tombol Keras Ganjal saja.

Jika kamu memiliki pengalaman bongkar pasang, berikut tips kerehore yang bisa kalian terapkan. Kasusnya adalah ponsel masih bisa on/off tetapi keras sekali. Itu dikarenakan pegas di dalam tombol on/off sudah aus jadi bisa kalian ganjal atau mengganjalnya dengan kertas, supaya antara tombol dan konektor on/off jadi tidak terlalu jauh.

Bersihkan Konektor

Jika model tombol on/off menggunakan flexible, cobalah untuk melepasnya lalu bersihkan. Bisa kalian bersihkan dengan cotton bud diberi alkohol lalu usap ke kuningan flexible, tunggu sampai kering dan pastikan benar-benar kering. Kemudian pasang

Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara Memperbaiki Tombol Power Xiaomi Tidak Berfungsi

Jika tombol on/off tidak bisa digunakan. Ada cara yang lumayan cerdik. Caranya adalah dengan power button to volume button atau aplikasi semacamnya. Fungsinya merubah tombol volume atau tombol yang lain menjadi tombol on/off

Tukang Servis

Cara terakhir jika kamu tidak memiliki pengalaman bongkar pasang, dan pengen tombol on/off tersebut bisa berjalan dengan normal lagi. Cara terbaiknya adalah mengganti tombol tersebut dengan tombol yang baru.

Jika kamu tidak memiliki pengalaman bongkar pasang, solder menyolder. Sangat disarankan untuk membawanya ke tukang servis hp.

Biaya Ganti tombol On/Off Xiaomi

Cara Memperbaiki Tombol Power Xiaomi Tidak Berfungsi

Untuk biaya penggantian tombol on/off bervariasi, tetapi mindro sudah melakukan percobaan di tukang servis terdekat, untuk penggantian tombol on/off redmi note 5. Biaya yang dibebankan total adalah Rp40.000 atau empat puluh ribu saja. Itu sudah total dari jasa dan tombol on/off.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.