Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah

  • Android
  • Okt 15, 2022

Jika kamu mempunyai earphone kesayangan atau earphone yang lumayan mahal harganya. Maka Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah merupakan salah satu alternatif terbaik supaya earphone tersebut bisa dipakai lagi.

Jarang sekali ada tempat service yang menyediakan jasa untuk service earphone, maka mau tidak mau kamu harus mencoba memperbaikinya sendiri. Kalau kamu tidak bisa memperbaikinya sendiri setidaknya dengan membaca ini kamu tahu dimana letak kerusakan dari earphone kesayangan kamu. Lalu kamu bisa minta bantuan orang tua, teman atau saudara untuk melakukan perbaikan seperti solder ulang.

Penyebab umum seputar kerusakan earphone adalah adanya kabel yang putus, speaker mati, jack putus, sambungan kabel, tombol volume dan lain sebagainya.

Nah, berikut adalah Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah dengan cara memprediksi dahulu kerusakannya dimana.

Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah

Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah

Berikut adalah beberapa metode atau langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pengecekan dimana sebenarnya letak kerusakan pada earphone kamu.

Bandingkan dengan Earphone lain.

Sebelum menghakimi jika ponsel itu benar-benar rusak, cobalah untuk membandingkan dahulu earphone kamu dengan earphone yang lain, kamu bisa meminjam dahulu untuk melakukan percobaan di perangkat kamu.

Cobalah membandingkan hasil antara earphone kamu pribadi dengan earphone yang kamu pinjam, untuk memastikan apakah benar earphone kamu rusak sebelah. Atau bisa jadi perangkat kamu yang rusak.

Bandingkan dengan Perangkat lain

Jika diatas adalah membandingkan dengan earphone lain, maka yang ini adalah membandingkan dengan perangkat lain, bisa kamu menggantinya dengan ponsel lain atau perangkat audio lainnya untuk melakukan percobaan.

Bersihkan Earphone

Salah satu alasan mengapa Earphone mati bisa jadi earphone anda kotor, cobalah bersihkan bagian earphone yang biasa tertancap di telinga dengan cotton bud, lalu jangan lupa juga bersihkan lubang jack di perangkat anda dengan cotton bud juga.

Meluruskan kabel Earphone

Cara selanjutnya adalah meluruskan kabel earphone kalian, kamu bisa menggantungnya secara sengaja dengan tangan, agar kabel earphone berputar dengan normal, kemudian luruskan kabel atau urut secara perlahan supaya ketahuan dimana letak putusnya.

Restart Perangkat

Merestart ponsel android juga merupakan salah satu cara yang terkadang berhasil untuk mengatasi permasalah tersebut. Bisa dikarenakan ada bug atau yang lain.

Prediksi putus

Biasanya ada beberapa prediksi dimana kabel itu putus, berikut beberapa lokasi letak kabel yang sering putus.

  • Bagian Jack
  • Bagian mic & volume naik turun atau volume – & +
  • Kabel utama di speaker atas.

Di kasus mindro yang dialami adalah bagian speaker putus, maka ya jelas saja langsung saja gas untuk perbaikan secara mandiri, karena ini satu-satunya earphone mindro paling mahal yaitu QKZ SK9, karena membeli KZN pas stock habis -_-

Jika kamu ingin membongkar earphone yang sealiran dengan KZN dan QKZ atau sebangsanya silahkan ikuti panduannya berikut ini.

Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah
  1. Pertama Lepas Karet atau Earbud
  2. Congkel secara perlahan di sisi samping, coba perhatikan ada satu lubang kecil untuk mencongkelnya, jangan terburu-buru perlahan saja
  3. Tinggal kamu solder ulang saja.
  4. Selesai

Karena model earphone ini kebanyakan warnanya bening, jadi kelihatan kalau kabelnya putus, lebih enak mendeteksinya.

Begitulah Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah ala pengalaman admin droidinside pribadi. semoga bermanfaat 😀

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.