Cara Memindah Foto Tanpa Merubah Tanggal Android Mudah

  • Droidinside
  • Mei 02, 2022

Droidinside berbagi cara memindah foto tanpa merubah tanggal, sebagai salah satu cara dalam mengelola file tersebut. Karena kalau kita memindah sebuah foto di ponsel android ke komputer misalnya. Maka tanggal foto bisa berubah menjadi waktu dimana kita memindahkannya. Tentunya memindahkan foto akan merubah informasi foto tersebut.

Foto Dengan Tanggal Yang Dimilikinya

Sebagian dari kita mungkin cukup aware dengan waktu kapan sebuah foto dijepret. Tanggal pertama kali foto diambil mungkin bagi sebagian orang penting untuk pekerjaan atau mengetahui garis waktu foto. Foto dari kamera hp biasanya sudah memiliki tanggal kapan dia diambil ditandai juga dengan nama file gambar berisi angka waktu kapan dijepret.

Akan tetapi apabila kita mendapatkan foto dari Whatsapp, unduhan, hasil edit dan sejenisnya. Maka foto akan berubah tanggalnya sesuai dengan waktu dia mendapatkan perlakuan. Perlakuan berupa menamai, memindahkan ke folder lain, mengedit, menyalin dan lain sebagainnya. Inilah hal yang membuat kita perlu cara memindah foto tanpa merubah tanggal di ponsel android.

Contohnya kita dapat gambar dari Whatsapp di tanggal 2, di tanggal 5 kita mengedit foto tersebut. Maka gambar akan berubah menjadi didapatkan tanggal 5. Begitupun saat kita memindahkan foto/gambar dari Manager File. Tanggal 2 kita dapat, lalu kita pindah ke folder lain di tanggal 5. Maka atribut foto akan berubah menjadi created/dibuat tanggal 5.

Tentunya hal ini akan mengacaukan tanggal penyimpanan sebuah foto, apalagi kalau bukan dari jepretan kamera sendiri. Foto akan didapat sesuai dengan terakhir dipindah memiliki informasi waktu dia didapatkan. Lalu adakah cara-cara memindah foto tanpa merubah tanggal tersebut pada ponsel android? Droidinside berikan beberapa caranya dibawah ini.

Cara Memindah Foto Tanpa Merubah Tanggal

Jadi intinya kalau kita memindahkan foto, maka tanggal foto didapatkan akan berubah menjadi waktu sekarang (waktu dimana foto dipindahkan). Bagi yang ingin menyusun foto sesuai kronologi, maka cara dibawah ini dibutuhkan. Berikut beberapa cara agar tanggal foto tidak berubah saat dipindahkan:

Mengarsipkan Foto

Salah satu cara agar foto tidak berubah informasi tanggalnya adalah meng-kompres atau mengarsipkan file foto yang telah kita dapatkan. Informasi tentang foto yang didapat akan tetap tersimpan di dalam file asip satu persatu. Sehingga tidak akan ikut berubah meskipun sistem telah berganti waktu.

Gunakan aplikasi Winrar atau aplikasi kompres file lainnya. Setelah foto kamu dapatkan, buka aplikasi sejenis Winrar tersebut. Selanjutnya kompres file (bisa mengarsipkan banyak file foto sekaligus). Maka tanggal original atau tanggal foto pertama kali didapatkan tidak akan berubah.

Setelah file diarsipkan, selanjutnya cobalah memindahkan foto tersebut ke ponsel lain atau penyimpanan lain. Menggunakan aplikasi yang sama atau berbeda, ekstrak file dari arsip. Maka tanggal foto tidak akan berubah, masih sama seperti waktu sebelum dilakukan kompresi.

Di dalam rincian file hasil kompres, foto kamu akan terlihat jelas informasi tanggal pertama kali didapat. Informasi ini bisa menjadi patokaan juga jika setelah file diekstrak berubah tanggalnya. Cara memindah foto tanpa merubah tanggal mutlak perlu aplikasi karena sistem selalu mengubah informasi foto yang disimpan.

Menggunakan Aplikasi Photo EXIF Editor

Foto-foto yang didapat dari download dan beberapa sumber lainnya yang masuk ke ponsel akan disimpan pada hari dan waktu didapatkan. Melalui aplikasi yang admin sebutkan tersebut, cara memindah foto tanpa merubah tanggal bisa dilakukan. EXIF bekerja dengan mengubah informasi asli di dalam foto terkait waktu.

Misalkan kamu mendapatkan sebuah foto dengan tanggal asli tertentu. Kamu tinggal hafalkan saja kapan waktu tersebut. Lalu menggunakan aplikasi Photo EXIF Editor untuk mengubah kembali tanggal foto didalamnya sesuai tanggal asli setelah dipindah. Atau menggunakan aplikasi yang sama untuk mengubah Captured Date (Tanggal Diambil). Langkah untuk melakukannya yaitu:

  • Instal aplikasi Photo EXIF Editor dari Play Store
  • Buka aplikasi tersebut
  • Pilih Browser/Photos
  • Jelajahi foto yang kamu punya yang mau diedit tanggal pengambilannya
  • Setelah dipilih, klik dibawah Captured Time
  • Sesuaikan tanggal dengan waktu yang kamu inginkan (atau asal foto didapat)
  • Klik tombol Disket (Save) pojok kanan atas
  • Foto akan tersimpan dengan tanggal yang telah disesuaikan
cara edit tanggal di foto timestamp camera

Cara memindah foto tanpa merubah tanggal yaitu informasi tersebut akan tersimpan pada foto. Saat dipindahkan sebenarnya juga akan mengubah tanggal diambil. Namun ketika foto ini kamu pindahkan ke komputer, maka informasi Date Taken akan berubah sesuai dengan EXIF yang telah ditentukan. Cara ini sama seperti ketika kita akan merubah tanggal foto di ponsel android.

Penutup

Itulah beberapa cara memindah foto tanpa merubah tanggal di ponsel android. Karena file dipindahkan, sebenarnya wajar kalo waktu berubah soalnya sesuai dengan ponsel yang merupakan sistem yang mengelola sebuah foto. Informasi Date Taken merupakan waktu dimana foto didapatkan akan akurat jika dilihat dari komputer dengan membuka Properties – Details.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.