Cara Mematikan Notifikasi Grup WA

  • Droidinside
  • Jun 04, 2022

Pernah terganggu dengan pesan grup Whatsapp? Cara mematikan notifikasi grup WA akan membantu kamu biar hp lebih senyap. Gak jarang, hp kita bunyi terus karena ada satu grup berisi bapak-bapak atau emak-emak yang membahas entah sesuatu yang gak penting. Hp jadi berisik bikin kita gak produktif karena Whatsapp notifikasi mengganggu. Sebel aja kalau sebuah grup terus memunculkan notifikasi dari pesan orang-orang didalamnya. Arti notifikasi WA yang dimaksud yaitu hp kamu akan muncul pop up atau kotak berisi pesan dari seseorang dalam grup Whatsapp. Jadi hp gak bisa diem, dikit-dikit idup sendiri karena notifikasi wa.

Gak cuma itu aja, notifikasi suara ikut mengganggu ketika grup itu lagi rame. Saat kita lagi ingin ngirim chat ke orang lain pun, jadi bikin gak produktif. Mau bales pesan dari chat penting yang posisinya diatas, eh malah kepencet grup yang lagi rame dengan notifikasinya tersebut. Agar kita tidak terganggu dengan suara grup Whatsapp, Droidinside berikan tutorial cara mematikan notifikasi grup WA.

Cara Mematikan Notifikasi Grup WA

Setidaknya admin punya 2 cara agar kamu bisa mematikan notifikasi sebuah grup WA. Ini juga merupakan cara agar tidak terlihat aktif di grup WA. Aplikasi ini setidaknya bisa memuat hingga lebih dari dari 500 orang. Setiap orang yang ikut berinteraksi didalamnya akan membuat ramai. Bayangkan saja kalau grup itu penuh, dalam satu hari semua orang ngirim pesan meskipun cuma 1.

Notifikasi penuh, belum lagi kalau sedang ada yang hangat untuk dibahas. Sesuatu yang penting maupun gak penting buat kamu mungkin akan mengganggu ketika sedang bekerja atau gak ingin membuka chat grup. Berikut ini beberapa cara mematikan notifikasi grup WA agar tidak lagi mengganggu kamu:

Mematikan Notifikasi Grup Untuk Waktu Tertentu (Atau Selamanya)

Cara mematikan notifikasi grup WA yang pertama, yaitu langsung notifikasi Whatsapp dari grup bisa kamu matikan melalui pengaturan yang ada di grup. Langkahnya yaitu:

  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Buka dengan klik pada grup WA yang diinginkan
  • Ketuk 3 titik pojok kanan atas
  • Pilih Bisukan Notifikasi
  • Pilih lama waktu untuk membisukan notifikasi
  • Klik Oke
  • Akan muncul gambar speaker nonaktif pada grup tersebut
cara menonaktifkan grup wa permanen

Kamu bisa mematikan notifikasi grup WA untuk selamanya dengan memilih Selalu. Meskipun ada pilihan lain yaitu 8 jam dan 1 minggu.

Jadi waktu tersebut yang kamu pilih akan membuat notifikasi dari grup WA tersebut tidak muncul lagi. Tidak ada suara, tidak ada pop up, tidak ada pesan muncul di layar. Grup akan senyap meskipun ada bombardir pesan di dalamnya. Kamu bisa membiarkan grup tersebut terus terisi pesan, bisa dibuka tapi setelah itu tetap bisu.

Untuk mengembalikan notifikasi grup, buka grup WA. Selanjutnya klik 3 titik pojok kanan atas. Klik Bunyikan Notifikasi.

Mengarsipkan Grup Whatsapp

Cara mematikan notifikasi grup WA selanjutnya adalah membikin si grup ini diarsipkan. Fitur ini bisa jadi cara menonaktifkan grup WA tanpa keluar. Mungkin kamu udah males sama isi grup tapi gak mau keluar begitu aja karena dilarang. Melalui langkah ini, cara menyembunyikan grup Whatsapp juga bisa dilakukan. Intinya kita menyembunyikan grup WA dalam sebuah tempat, dimana gak bakalan muncul notifikasi apapun lagi dari sana. Berikut ini caranya:

  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Tekan dan tahan grup WA yang mau dinonaktifkan
  • Ketuk gambar Panah Kebawah dibagian atas (arsip)
  • Grup WA tersebut akan berpindah ke folder Diarsipkan (muncul dibagian atas)
  • Kini kamu tidak akan lagi terganggu dengan notifikasi grup WA tanpa harus keluar
cara menonaktifkan grup WA tanpa keluar

Setelah kamu memasukkan sebuah grup WA dalam Diarsipkan, maka tidak akan ada lagi notifikasi. Anggap aja grup jadi mati alias tidak memunculkan suara dan notifikasi lagi. Tapi grupnya tetap gak berubah aktivitas didalamnya. Mengarsipkan grup merupakan cara menyembunyikan grup WA tanpa aplikasi.

Kamu tetap bisa mengembalikan grup WA seperti sedia kala. Buka pada Diarsipkan, tekan dan tahan grup WA kamu lalu ketuk tanda panah keatas. Chat akan kembali seperti semula, namun jika kamu tidak menonaktifkan notifikasi seperti cara pertama diatas. Pesan yang masuk akan memunculkan notifikasi lagi. Mengarsipkan grup sangat berguna untuk kamu yaitu pas lagi gak dibutuhkan bisa dimatiin. Baru setelah dibutuhkan lagi, chat grup WA bisa dikeluarkan dari arsip.

Penutup

Itulah beberapa cara mematikan notifikasi grup WA yang mungkin mengganggu. Bijaklah dalam berpartisipasi di grup WA kamu. Meskipun disana banyak teman, mungkin mereka juga perlu beristirahat dari berinteraksi denganmu. Sebisa mungkin mengurangi chat tidak penting seperti mengirim stiker tertentu agar di dalam grup tidak terlalu ramai dan tetap produktif.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.