Cara Mematikan GPS Hidup Sendiri Di Android

  • 4 min read
  • Mar 13, 2021
mematikan gps hidup sendiri di android

Pernah mengalami lokasi Hp hidup terus ? Cara mematikan GPS hidup sendiri di android dapat kamu lakukan. Tetapi baca-baca dulu beberapa penyebab dan Tips yang dapat membuat kamu lebih terliterasi.

GPS (Global Positioning System) merupakan perangkat untuk mengetahui posisi yang wajib ada pada ponsel pintar. Melalui hardware ini, kamu bisa tahu jalan dan lokasi sekarang ini jika dilihat dari peta bumi. Perangkat GPS sudah menjadi bagian dari teknologi masa kini yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

GPS merupakan perangkat yang dapat mengkonsumsi baterai. Di model Hp android yang lawas di bawah Android 9, beberapa pengaturan GPS masih menggunakan 3 jenis. Yaitu akurasi tinggi, hemat baterai, dan khusus perangkat. Sudah pasti akurasi tinggi akan mengkonsumsi daya lebih tinggi karena dibutuhkan untuk menunjukkan jalan dan kegiatan lain. Ini yang perlu diperhatikan dalam mematikan GPS hidup sendiri di android.

Pada ponsel android yang lebih baru, setelan tersebut sudah tidak ada lagi. Akses lokasi hanya terdapat tombol untuk menghidupkan atau mematikannya saja. Sepertinya sistem sudah pintar untuk menangani penggunaan lokasi. Secara otomatis akan berada pada mode hemat daya atau akurasi penuh ketika digunakan.

Kenapa GPS Hidup Sendiri? Bagaimana Cara Mematikan GPS Hidup Sendiri Di Android

Ada beberapa penyebab GPS aktif sendiri di android. Secara umum ada sebuah aplikasi yang menggunakan akses lokasi, sehingga lambang GPS muncul terus. Beberapa orang mungkin gak menganggap hal ini sepele. Akan tetapi bagi mereka yang mencintai data pribadi akan selalu memastikan layanan lokasi selalu dimatikan. Selain dinilai dapat menguras penggunaan baterai. Berikut beberapa alasan kenapa GPS hidup sendiri serta cara mematikannya:

1. Aplikasi Google Maps

Saat kamu menggunakan aplikasi ini dan menggunakanya untuk perjalanan, otomatis GPS akan hidup. Ketika sudah selesai menggunakan Maps dan menutupnya sekalipun, layanan lokasi akan tetap hidup. Aplikasi ini jadi poin paling sering menyebabkan GPS hidup sendiri.

Pas kamu udah selesai menggunakan aplikasi Maps, alangkah baiknya tutup aplikasi Maps. Selanjutnya mematikan layanan lokasi dari akses cepat yang bisa dibuka dengan mengusap layar dari atas/bawah sesuai brand hp masing-masing.

Untuk jenis ponsel yang cukup lawas, membuka panel/logo GPS dengan menekan dan tahan hingga masuk ke pengaturan, pengaturan lokasi akan terbuka. Ketuk untuk mematikan layanan lokasi. Karena biasanya di hp lawas, meskipun sudah dimatikan di notifikasi, GPS masih akan berada di mode hemat daya. Inilah salah satu cara mematikan GPS hidup sendiri di android.

2. Layanan Berbagi Langsung Dan Aplikasi Mengirim File Lainnya

Nearby share memberikan kemudahan dalam berbagi file ke android lain tanpa aplikasi tambahan. Akan tetapi layanan ini membutuhkan koneksi Wifi, Bluetooth dan GPS yang hidup bersamaan. Jika berbagi langsung diaktifkan, maka otomatis ketiga perangkat keras tersebut akan hidup.

Karena cara kerja berbagi langsung yang seamless (di latar belakang), hal ini menyebabkan GPS ponsel hidup sendiri terus bahkan ketika sudah dimatikan (otomatis hidup lagi). Ini terjadi pada hp android yang sudah bersistem operasi Android 10, biasanya sudah memiliki akses Nearby Share.

Cara mematikan GPS hidup sendiri di android ini adalah mematikan layanan berbagi langsung. Bisa diakses dari Setelan/Pengaturan – Pengaturan Akun Google – Koneksi Perangkat – Berbagi Langsung. Ketuk untuk menonaktifkan layanan ini.

Aplikasi pihak ketiga yang biasa digunakan untuk berkirim file menggunakan Wifi juga membutuhkan akses GPS. Cara mematikan GPS hidup sendiri di android dapat dengan mudah dengan mematikan izin lokasi setiap saat pada aplikasi. Aplikasi pihak ketiga yang membutuhkan akses lokasi ini antara lain:

  • Share It
  • Share Me
  • Mi Drop
  • Mi Share
  • Easy Share
  • Samsung Smart Switch Mobile

3. Aplikasi Yang Membutuhkan Akses Lokasi

Cara mematikan GPS hidup sendiri di android salah satunya adalah melakukan pengecekan aplikasi yang menggunakan akses lokasi.

  • Buka setelan/pengaturan pada ponsel kamu
  • Temukan menu yang mengatur Lokasi
  • Pilih perizinan aplikasi (aplikasi yang membutuhkan akses GPS)
  • Lihat daftar aplikasi yang menggunakan lokasi
    kenapa gps hidup sendiri
  • Klik pada aplikasi tersebut
  • Ubah perizinan lokasi aplikasi menjadi Izinkan Hanya Saat Aplikasi Digunakan

Kamu juga bisa mengubah setelan aplikasi menjadi Tolak agar aplikasi tersebut tidak dapat mengakses lokasi. Misalnya game yang tidak membutuhkan akses lokasi dapat dimatikan.

Apabila aplikasi diijinkan sepanjang waktu, maka ketika tidak terbuka sekalipun tetap akan mengakses lokasi Hp kamu. Ini dapat menguras baterai dan berpotensi adanya pencurian data. Aplikasi yang tidak penting, tidak berhubungan dengan pelajaran atau pekerjaan dapat mengakses lokasi sembarangan. Hal ini dapat melakukan pencurian data pengguna.

4. Ciri Ciri Hp Di Hack

Lokasi Hp yang hidup sendiri bisa jadi sebuah tanda atau ciri-ciri Hp di Hack oleh orang lain. Sebut saja ada aplikasi berjalan di latar belakang yang sengaja dipasang untuk mengambil informasi lokasi kamu. Bisa juga aplikasi-aplikasi tidak lazim yang tidak sengaja terinstal dapat menghidupkan lokasi terus menerus.

Cara mematikan GPS hidup sendiri di android dapat dengan menghapus aplikasi aneh yang terinstal. Bisa dari aplikasi yang memunculkan iklan di layar atau di panel notifikasi.

5. Layanan Cari Perangkat Aktif

Layanan seperti Find My Phone (Samsung), Cari Perangkat (Xiaomi), dan Temukan Perangkat Saya (Vivo) membantu kamu menemukan ponsel yang hilang. Jika pada Google kamu akan mendapati layanan Find My Device (Temukan Perangkat Saya) untuk melacak keberadaan ponsel.

Layanan ini bagus, apabila sewaktu-waktu ponsel hilang dapat ditemukan lokasinya. Kelemahannya, ponsel akan menghidupkan lokasi sehingga apabila ponsel sudah di tangan pun, akan tetap dapat terlacak oleh sistem dengan menghidupkan GPS-nya.

Jika kamu dimata-matai oleh orang lain, akun Google kamu pasti digunakan oleh mereka yang juga tahu akun milikmu tersebut. Melalui layanan Find My Device inilah lokasi bisa saja terus hidup meskipun sudah dimatikan.

Dengan mematikan GPS hidup sendiri di android berarti kamu harus mematikan temukan perangkat saya. Dapat dilakukan melalui akun merek ponsel masing-masing (Mi Account, OPPO ID, Samsung Account dan lain-lain). Juga bisa dimatikan melalui layanan Find My Device pada Google.

Penutup

Itulah beberapa cara mematikan GPS hidup sendiri di android. Bisa kamu lakukan sendiri untuk mengatasinya. Bisa juga nanya ke teman kamu yang lebih tahu terkait lokasi di ponsel android. Aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan seperti untuk absen kantor juga menggunakan lokasi akurat. Aplikasi penting seperti ini tidak perlu dikhawatirkan, tinggal matiin lokasi aja pas tidak dipakai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *