Cara Melihat RAM Hp Xiaomi Dengan Mudah

  • 2 min read
  • Sep 03, 2021
cara melihat ram hp xiaomi

Melalui cara melihat RAM hp Xiaomi, kamu bisa cek seberapa boros penggunaan memori ponsel tersebut. Ini juga seringkali digunakan oleh mereka para developer untuk mengetahui berbagai kelemahan sebuah sistem operasi atau versi User Experience (UI) khususnya ponsel Xiaomi . Karena beberapa pengguna mengatakan bahwa MIUI (antarmuka milik Xiaomi) ini cukup banyak menguras RAM.

Apalagi mereka yang baru aja update ke versi sistem operasi android terbaru atau update versi MIUI. Kepo dengan seberapa boros sih penggunaan Random Access Memori ponselnya? Lalu bagaimana cara melihat RAM hp Xiaomi? Droidinside berikan tutorialnya.

Cara Melihat RAM Hp Xiaomi

Umumnya ponsel Xiaomi dari sejak versi MIUI lawas sampai baru bisa melihat penggunaan RAM. Ada beberapa cara untuk mengeceknya, intinya adalah membuka Layar Utama & Terkini (Layar Utama saja untuk ponsel Xiaomi yang lebih baru). Langkahnya:

  • Buka Setelan
  • Pilih Layar Utama (untuk model ponsel dibawah Android 8, Layar Utama & Terkini)
  • Klik pada Tampilkan Status Memori
  • Setelah itu tekan Recent Apps atau tombol navigasi kiri. Jumlah RAM tersedia dan total RAM akan muncul
    cek sisa ram xiaomi MIUI 12

Untuk membuka Layar Utama, bisa melalui cara lainnya. Yaitu dengan tekan dan tahan bagian kosong pada layar utama/beranda. Klik Setelan dibagian bawah yang kanan. Pilih Lainnya, kemudian klik Tampilkan Status Memori agar aktif.

Untuk ponsel Xiaomi yang menggunakan MIUI 10 kebawah, cara melihat RAM hp Xiaomi adalah dibagian bawah layar. Tekan tombol Recent Apps (navigasi sebelah kiri). RAM akan muncul tepatnya di bawah tombol X untuk menutup semua aplikasi. Informasi jumlah GB RAM tersedia akan muncul.

Sedangkan untuk ponsel Xiaomi ber antarmuka MIUI 11 keatas, RAM akan ditunjukkan di bagian pojok kanan atas. Jumlah RAM tersedia akan muncul dari keseluruhan kapasitas RAM yang ponsel miliki.

Cara Melihat RAM Hp Xiaomi Dengan Android Stock

Umumnya untuk cek penggunaan RAM ponsel dengan Android Pure/Stock (tanpa antarmuka) adalah membuka Pengaturan – Pemeliharaan – Memori. Akan tetapi, ponsel Xiaomi dengan Android Pure seperti MI A1, MI A2 dan sejenisnya telah mengalami pembaruan perangkat lunak. Cara tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Penggunaan RAM MI A1 dan MI A2 yang update ke OS Oreo dan Pie menjadi tersembunyi dan hanya bisa dibuka dengan:

  • Mengaktifkan Developer Option/Opsi Pengembang dengan membuka Setelan – Sistem – Tentang Ponsel –
  • Ketuk Nomor Bentukan 7x
  • Selanjutnya membuka Opsi Developer (Setelan – Sistem – Opsi Developer)
  • Pilih Memori (dibagian bawah Toggle Opsi Pengembang)
  • Rata-rata penggunaan memori akan muncul sebagai informasi besarnya RAM yang sedang digunakan ponsel maupun semua aplikasi
    cara melihat ram mi a1 dan mi a2

Kelemahan di Android Stock ponsel Xiaomi memang kurang praktis soal menunjukkan penggunaan RAM. Ya mungkin developer mikirnya, RAM itu untuk digunakan dan bukan untuk dilihat berapa sisanya. Kalaupun penggunaan RAM penuh, ponsel pasti akan jadi lemot.

Namun sebenarnya cukup penting juga sih cara melihat RAM hp Xiaomi apabila kamu telah instal sebuah aplikasi. Saat aplikasi tersebut berjalan di latar belakang, bisa saja memakan banyak daya sehingga tidak direkomendasikan untuk digunakan.

Penutup

Beberapa ponsel Xiaomi mengalami penggunaan RAM yang menjadi cukup tinggi misalnya pada MIUI 12. Beberapa pengguna merasa ponsel jadi lemot dan ketika melihat usage RAM, sisanya cuma sedikit. Karena memang setelah update ada ritual khusus seperti reset ke pengaturan pabrik agar lancar kembali seperti biasa.

Kalau di ponsel Xiaomi, untuk cek penggunaan RAM cukup mudah bukan? Gak perlu instalasi aplikasi pihak ketiga. Ya cuma kalau Android Stock sedikit ribet.

Jangan lupa kalau penggunaan RAM yang ditunjukkan oleh sistem mungkin tidak 100 persen akurat. Bisa jadi kurang dari yang kamu lihat atau kelebihan. Karena begitu banyak aplikasi yang dijalankan yang sebagian ada di latar belakang tidak diperhatikan dan tidak terhitung jumlahnya. Belum lagi teknologi virtual/penambah RAM seperti halnya pada ponsel Oppo yang diterapkan Xiaomi membuat penggunaan RAM menjadi tidak terlihat jelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *