Cara Masuk Dan Keluar Safe Mode Android | Droidinside

Cara Masuk dan Keluar Safe Mode Android

  • 3 min read
  • Sep 15, 2020
cara keluar masuk safe mode android

Dengan mengetahui Safe Mode Android, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat dari mode tersebut pada ponsel pintar. Jika dilihat dari bahasanya, Mode Aman ini pasti berhubungan dengan keamanan yang ada di ponsel.

Safe Mode Android

Mode Aman android ini merupakan sebuah fitur yang telah ditambahkan sejak versi Android 4.1 (Jelly Bean). Menurut beberapa literatur yang admin dapatkan, Safe Mode pada ponsel pintar ini adalah menonaktifkan aplikasi pihak ketiga yang terinstal. Selanjutnya memulai ulang sistem android dengan aplikasi bawaan (default).

Dengan pengertian ini pasti kita sudah tahu kegunaan dari Mode Aman ini. Tidak jauh berbeda dengan Safe Mode pada komputer Windows. Sistem hanya akan menjalankan aplikasi awal sebelum aplikasi pihak ketiga terinstal dan berjalan. Saat mode ini dijalankan, selain aplikasi bawaan tidak akan dijalankan. Sehingga beberapa kegunaan Safe Mode android ini diantaranya:

  • Mengetahui apakah hang/aplikasi berhenti sendiri disebabkan aplikasi pihak ketiga
  • Mengetahui penyebab hp restart sendiri disebabkan aplikasi selain sistem yang terinstal
  • Mengetahui penyebab android lemot apakah karena aplikasi pihak ketiga

Jika memang masalah diatas itu benar, maka kamu bisa hapus/uninstal aplikasi bersangkutan. Meskipun sebenarnya mungkin kamu bisa ingat sejak instal aplikasi apa kok android jadi bermasalah. Namun, mode ini bisa membantu kamu untuk menghapus aplikasi yang bermasalah meskipun tidak sejak awal diinstal.

Cara Masuk Safe Mode Android

Untuk cara masuk Safe Mode android, kedalam mode aman ini caranya cukup mudah. Hanya perlu mengetahui versi android berapa yang ada di ponsel pintar kamu. Setelah masuk ke Mode Aman, kamu bisa langsung ke pengaturan/setelan untuk menghapus aplikasi yang dicurigai bikin lemot.

Android 6 (Marsmallow) Ke Bawah (Lebih Lawas)

Untuk model Hp dengan OS sejak pertama disematkan fitur Mode Aman ini sampai Android M langkahnya:

  • Matikan android kamu
  • Tekan dan tahan tombol power untuk menghidupkan
  • Tepat setelah muncul Layar Startup / Tulisan Android tekan dan tahan Volume Bawah
  • Ponsel akan menghidupkan ulang dengan Safe Mode

Cara ini berfungsi juga pada jajaran ponsel Xiaomi yang memang berbeda dari ponsel lain untuk masuk ke Mode Aman. Meskipun sudah menggunakan Android 10, cara masuk Xiaomi masih menggunakan langkah ini.

Android 6 Ke Atas (Lebih Baru)

  • Tekan dan tahan tombol Power sampai muncul perintah untuk menonaktifkan
  • Tekan dan tahan Power Off/Daya Mati/Matikan
  • Klik Ok setelah ada pesan untuk masuk Safe Mode
  • Ponsel akan reboot dalam Safe Mode

Cara Keluar Safe Mode Android

Sebenarnya cara keluar Safe Mode Android itu cukup mudah. Terkadang Safe Mode membandel sehingga tidak bisa keluar dari mode itu. Ini mungkin sedikit menjengkelkan karena kamu ngga bisa mengaktifkan aplikasi pihak ketiga disini. Untuk itu admin berikan juga beberapa tips cara keluar Safe Mode android

1. Restart/ Hidupkan Ulang

Hanya dengan menekan tombol Power kemudian pilih Hidupkan Ulang. Jika tidak bisa, paksa matikan android dengan menekan Power sampai mati. Setelah itu tahan tombol Power lagi untuk hidupkan

2. Lewat Quick Acces/ Bar Notifikasi

Jika pada notifikasi terdapat pesan Mode Aman dihidupkan/ Safe Mode enabled, tinggal klik saja notifikasi tersebut untuk kembali ke mode normal. Karena bisa saja sudah melakukan restart, hp tetap saja masuk di Mode Aman.

3. Hapus Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi yang memang bisa bikin Safe Mode android nyangkut. Hapus pemasangan aplikasi tersebut. Bisa saja aplikasi ini mencurigakan dan tidak biasa ada pada daftar aplikasi android. Jika kamu tidak mau menghapus aplikasi tersebut, kamu bisa coba hapus data aplikasi dan cache nya saja.

4. Reset Ke Pabrikan

Cara terakhir karena kamu tidak mungkin memilah satu-persatu aplikasi penyebab Safe Mode ini tidak mau berubah. Dengan kembali ke pengaturan pabrik, sudah dipastikan menjadi cara terakhir untuk keluar dari Safe Mode Android. Cara ini dapat menghapus semua data. Jadi backup atau simpan dahulu data di penyimpanan internal ke Kartu SD misalnya.

Penutup

Jika ponsel pintar bermasalah setelah melakukan instalasi beberapa aplikasi, cara ini bisa juga kamu gunakan untuk menyelesaikannya. Sebelum kamu mengalami stuck atasi android yang lemot sampai ingin ke pengaturan pabrik, mungkin mode ini bisa menyelamatkanmu. Jika pada mode ini ternyata android bisa kembali lancar, bisa dipastikan ada aplikasi yang memang penyebab masalah.

Tinggalkan Komentar!