Cara Mudah Hapus Akun Gmail Permanen | Droidinside

Cara Mudah Hapus Akun Gmail Permanen

  • 3 min read
  • Okt 06, 2020
cara hapus akun gmail permanen

Hapus akun Gmail permanen merupakan salah satu cara untuk mengatasi berbagai masalah kecil bahkan sampai yang besar.

Jika kamu merasa ilfeel atau sudah bosan dengan nama akun Gmail lama kamu, kamu bisa menghilangkan akun tersebut. Ini merupakan sebuah masalah kecil, ketika email lama kamu kelihatan sudah tua atau kurang keren. Atau sebuah kesalahan kecil akun Gmail yang kamu buat kurang enak dipandang.

Apalagi kamu mungkin bekerja dengan mengirim pesan email, nama kamu kelihatan kurang sopan untuk dilihat. Kamu bisa menghapus akun lama dengan mudah dan mengganti nama menjadi lebih sopan atau kekinian.

Masalah besar mungkin isi Gmail kamu sudah sangat sulit diatur. Karena melakukan banyak registrasi pada website atau berbagai tempat di internet, isi email sudah pasti isinya banyak penawaran. Karena cukup membosankan untuk menghapus/unsubscribe pada email pengirim maka kamu bisa saja langsung hapus semua sekaligus akunnya.

Agar tidak digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, kamu bisa hapus akun Gmail Permanen. Apabila akun kamu mungkin digunakan orang lain yang mengetahui password Gmail kamu.

Jika akun Gmail masih masuk ke Hp lain milikmu, dan kamu ikhlas dengan Hp dan akunnya. Hapus saja akun secara permanen, ini bisa menghindari pencurian data.

Lalu apakah mudah untuk hapus akun Gmail permanen ? dan apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum menghapusnya?

Sebelum Melakukan Penghapusan Akun Gmail

Backup Data Gmail Kamu Dahulu

Sebelum menghilangkan akun Gmail kamu, admin sarankan kamu mencadangkan data Google yang kamu miliki terlebih dahulu. Apabila ada hal yang penting pada akun kamu tidak perlu khawatir.

Membackup seluruh data Google menjadi sebuah file akan memudahkan kamu untuk mencari hal yang terlupa. Layanan pencadangan juga mencakup semua yang tertaut pada akun Gmail kamu seperti riwayat lokasi, pesan Email, riwayat komentar, bookmark Chrome dan lain sebagainnya.

Akun Gmail Tidak Dapat Kembali

Setelah melakukan hapus akun Gmail permanen, kamu tidak bisa mengakses akun lagi dan berkirim pesan email ke akun tersebut. Jadi perlu diperhatikan bahwa hal ini tidak dapat dikembalikan atau istilahnya di Redo (ctrl+z heheh)

Pastikan Tidak Melakukan Transaksi

Jika kamu ingin melakukan penghapusan, pastikan kamu tidak melakukan hal dibawah ini karena tidak akan bisa dilakukan:

  • Membeli sesuatu dari Google Play, AdWords, dan produk Google lain
  • Menggunakan Google Pay untuk bertransaksi
  • Mengirim/menerima uang
  • Menyimpan Promo dan kartu pemberian
  • Melihat riwayat transaksi

Cara Hapus Akun Gmail Permanen

Sebelum melakukan penghapusan, pastikan kamu sudah login atau masuk akun Gmail/Google yang akan dihapus pada Android kamu. Penghapusan sebenarnya bisa dilakukan menggunakan Komputer, namun admin hanya akan memberikan tutorialnya di Android. Berikut langkahnya:

  • Buka Pengaturan Akun Google. Bisa dibuka lewat Setelan pada setiap Android
  • Klik Kelola Akun Google Anda
  • Pilih pada tab Data & Personalisasi
  • Geser kebawah dan temukan Download, Hapus, atau Buat Rencana untuk Akun Anda
  • Pilih Hapus Layanan atau Akun Anda
    hapus akun google permanen
  • Pada Menghapus Akun Google Anda klik Hapus Akun Anda
  • Masukkan Sandi, lalu klik Berikutnya
    hapus akun google permanen
  • Bacalah informasi pada akun milik kamu, disana terdapat semua detail yang ada pada akun kamu
  • Centang 2 kotak paling bawah
  • Klik Hapus Akun
    hapus akun google permanen

Kamu juga bisa akses pilihan untuk hapus akun Gmail permanen pada website https://myaccount.google.com/ dan pilih pada data & personalisasi. Akun yang akan dihapus harus masuk/login di Chrome juga.

Informasi Terkait Penghapusan Akun Gmail

Google membutuhkan waktu 2 Bulan untuk melakukan penghapus akun secara tuntas pada server. Seluruh kegiatan yang berhubungan dengan layanan Google akan dihapus juga. Seluruh perangkat yang masih login akun akan otomatis logout dan hilang.

Kamu juga bisa mengatur, kapan akun Gmail akan dihapus dimasa depan. Melalui cara diatas kamu tinggal pilih menu Buat Rencana untuk Akun Anda. Kamu bisa memilih, untuk dihubungi pada waktu 3 – 18 bulan kedepan sebelum akun dihapus. Pemberitahuan akan dikirim via sms dan beberapa konten yang bisa dibagikan ke orang lain bisa diatur juga pada menu tersebut.

Bagaimana ? Sebenarnya mudah bukan untuk hapus akun Gmail permanen. Namun, tidak semudah itu, segala informasi dalam akun Email dari Google ini cukup penting. Pikirkan dengan baik sebelum membuang akun Google kamu.

Tinggalkan Komentar!