Cara Ganti Refresh Rate Xiaomi Dengan Mudah

  • 3 min read
  • Sep 30, 2021
Cara Ganti Refresh Rate Xiaomi

Apakah kamu sudah tahu cara ganti Refresh Rate Xiaomi? Refresh Rate adalah rasio penyegaran layar dengan satuan Hz. Kecepatan yang dimiliki sebuah perangkat dengan layar tertentu untuk menampilkan gambar dalam satuan waktu tertentu.

Jaman now atau setidaknya tahun-tahun ini kita sudah tidak asing dengan istilah 90 Hz dan 120 Hz bahkan 240 Hz yang disematkan pada spesifikasi sebuah ponsel. Refresh Rate tinggi setidaknya kini menjadi standar untuk smartphone baru. Karena memberikan pengalaman penggunaan ponsel yang lebih baik. Semakin tinggi Refresh Rate, maka semakin smooth atau halus dalam pengoperasian layar seperti scroll menjadi lebih enak memanjakan mata.

Secara umum spesifikasi android kita adalah 60 Hz sebagai Refresh Rate standar. Jika kamu menggunakan ponsel dengan Refresh Rate 90 Hz, mungkin belum terlalu berbeda dengan 60 Hz. Tapi kalau sudah 120 Hz akan cukup berbeda karena hampir 2x lipat kecepatannya.

Jika kamu membeli ponsel Xiaomi dengan spesifikasi 90 atau 120 Hz bagaimana cara ganti Refresh Rate Xiaomi tersebut/mengubahnya? Berikut tutorialnya dari Droidinside.

Cara Ganti Refresh Rate Xiaomi

Contoh ponsel yang punya Refresh Rate lebih dari standar (60 Hz) seperti MI 10 Pro, MI 11 Lite, Xiaomi Redmi Note 10 Pro, dan jajaran Poco M3. Ini bisa kamu ubah karena memiliki persamaan antarmuka yaitu MIUI 12 (atau yang lebih baru). Cara mengubah Refresh Rate dengan:

  • Buka Setelan (Settings)
  • Pilih Tampilan (Display)
  • Ketuk pada Rasio Menyegarkan Layar (Refresh rate)
  • Tentukan apakah mau menggunakan 60, 90 atau 120 Hz dengan mengetuknya
    Setting refresh rate Xiaomi

Kamu bisa mengubah Refresh Rate atau Rasio Menyegarkan Layar kapan saja dan tidak dibutuhkan Menghidupkan ulang ponsel. Setelan Refresh Rate tidak akan muncul jika memang ponsel kamu tidak mendukung jenis rasio Refresh layar ini. Semakin tinggi setelan yang kamu pilih, maka akan membuat tampilan juga semakin terasa halus.

Cara ganti Refresh Rate Xiaomi tersebut kemudian kamu ganti menjadi paling tinggi. Tampilan akan ditingkatkan menjadi lebih bagus dari biasanya. Mereka yang sering menggunakan 120 Hz sebagai Rasio Menyegarkan Layar ponsel Xiaomi akan merasakan lemotnya ponsel ketika berubah ke 60 Hz. Perubahan tersebut akan dideteksi oleh mata kita.

Kelebihan Dan Kelebihan Refresh Rate Tinggi

Setelah kamu mengetahui cara ganti Refresh Rate Xiaomi dan Poco dengan antarmuka yang sama. Selanjutnya perlu diketahui beberapa kelebihannya antara lain:

  • Semakin banyak informasi yang sampai pada mata kita. Gerakan di layar menjadi kelihatan lebih halus atau tidak patah-patah
  • Seringkali Refresh Rate tinggi digunakan untuk Game, ini akan meningkatkan pengalaman bermain Game

Kamu mungkin tertarik dengan kelebihan yang ditawarkan, tapi coba lihat beberapa kekurangannya yang memang tidak sebanding dengan mudahnya cara ganti Refresh Rate Xiaomi:

  • Sebagian merek masih belum bagus dalam menerapkan 120 Hz Refresh Rate pada jajaran ponsel mereka.
  • Contohnya Redmi Note 10 Pro, terdapat Screen Flickering (layar berkedip sedikit) dan Green Tint (kehijauan) disebabkan Bug pada software.
  • Semakin tinggi Refresh Rate, penggunaan baterai semakin boros
  • Mubazir kalau tidak digunakan untuk bermain game. Kalau hanya untuk scroll di Sosmed mending 60 Hz aja

Penutup

Itulah cara ubah Refresh Rate Xiaomi dengan beberapa informasi penting. Di Xiaomi Redmi Note 10 Pro, hanya ada pilihan 60 Hz dan 120 Hz tapi kamu bisa kok mengubah menjadi 90 Hz saja. Berlaku juga untuk ponsel Xiaomi kategori Mid-High End yang biasanya tersematkan setelan untuk mengubah Rasio Penyegaran layarnya.

Ubah Refresh Rate Xiaomi 90 Hz

Adapun cara ganti Refresh Rate Xiaomi dan ponsel Poco menjadi 90 Hz membutuhkan aplikasi tambahan. Setelan bisa diubah dengan membuat parmeter melalui langkah-langkah:

  • Instal aplikasi SetEdit dari Play Store
  • Setelah selesai, buka aplikasi
  • Klik Add New Setting dibagian paling atas tulisan-tulisan
  • Selanjutnya ketikkan: user_refresh_rate
  • Klik Save Changes
  • Lalu dibawah Edit Setting, ketikkan 90
  • Klik Save Change

Setelah itu, Refresh Rate Xiaomi kamu akan jadi 90 Hz bisa dicek di Setelan – Tampilan – Rasio Menyegarkan Layar. Meskipun tidak terpilih dalam menu disana, Rasio Refresh Layar akan sesuai menjadi 90 Hz saja. Ini akan membuat ponsel Xiaomi lebih hemat baterai namun tidak kehilangan performa layar yang Smooth. Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan melalui cara diatas, namun ingat jangan mengubah parameter lain di SetEdit agar ponsel kamu tidak bermasalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *