Cara Ganti Gaya Icon Aplikasi Di Android 10 Tanpa Aplikasi Mudah

  • 3 min read
  • Jun 15, 2021
cara ganti gaya icon aplikasi

Gimana cara ganti gaya icon aplikasi di Android 10? Droidinside akan menunjukkannya ke kamu tanpa perlu repot-repot instal aplikasi Launcher. Mengganti jenis atau gaya logo aplikasi pada layar utama ponsel atau App Drawer dapat dilakukan dengan mudah lho di Android 10. Lalu bagaimanakah caranya?

Mengganti Gaya Icon Aplikasi Di Android 10

Setiap versi android bisa dengan mudah mengganti gaya atau bentuk icon aplikasi. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Launcher. Secara simpel seluruh icon aplikasi akan berubah di layar beranda maupun app drawer/seluruh aplikasi.

Namun di Android 10 bisa mengganti bentuknya saja dengan mudah tanpa perlu aplikasi tambahan. Sebut saja beberapa ponsel dengan Android 10 menggunakan antarmuka Android Stock/Pure. Seperti pada ponsel lokal Advan, Wiko, Evercoss dan sejenisnya menggunakan antarmuka ini. Tentunya untuk sedikit memodifikasinya perlu instal aplikasi Launcher tertentu.

Android 10 memiliki pengaturan yang bisa dengan mudah mengganti gaya icon aplikasi. Gak cuma itu aja sih ada fitur lain yang bisa kamu ganti yaitu:

  • Warna Aksen (Accent Color). Ini akan mengganti aksen warna yang ada di akses cepat dan notifikasi ponsel kamu. Jadi ponsel Android 10 kamu lebih berwarna dengan beberapa pilihan warna yang diberikan.
  • Font Judul/Isi (Headline/Body Font). Tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga, bisa mengubah jenis font bawaan ponsel menjadi Noto Serif/ Source Sans Pro. Sebuah font yang cukup membuat mata nyaman untuk membacanya.
  • Bentuk Ikon (Icon Shape). Cara ganti gaya Icon aplikasi di Android 10 adalah lewat pilihan menu yang satu ini. Bentuk logo/ikon akan memiliki 4 pilihan dan tambahan 1 mengikut default perangkat.

Cara Ganti Gaya Icon Aplikasi Di Android 10

Untuk ponsel yang menggunakan Android 10 dengan antarmuka Stock/Pure bisa dengan mudah langsung mempraktekan cara  ganti gaya Icon aplikasi dibawah ini. Seperti ponsel Wiko, Evercoss, Advan yang tidak ada Launcher khususnya. Termasuk juga ponsel Samsung tidak perlu ada tambahan pengaturan untuk melakukannya. Oppo, Vivo, dan Realme juga sama. Langkahnya:

  • Aktifkan Opsi Pengembang /Pilihan Pengembang /Mode Pengembang / Developer Options
  • Dengan membuka Setelan/Pengaturan ponsel, klik pada Built Number (Nomor Bentukan) 7 kali hingga muncul anda sudah menjadi pengembang.
  • Kemudian buka Developer Option tersebut di pengaturan ponsel kamu. Bisa dicari dengan kata kunci
  • Pengembang. (Biasanya ada di menu pengaturan paling bawah atau Setelan – Sistem – Opsi Pengembang)
  • Setelah terbuka, geser ke bagian bawah (Tema)
  • Klik pada Bentuk Ikon (Icon Shape)
  • Pilih sesuai yang kamu inginkan
  • Ponsel akan loading beberapa saat untuk menyesuaikan bentuk Gaya Logo aplikasi
    cara mengganti bentuk icon aplikasi android tanpa aplikasi

Terkhusus untuk ponsel Xiaomi dengan Antarmuka MIUI berandroid 10. Kamu harus menonaktifkan Optimisasi MIUI terlebih dahulu. Agar perubahan ikon bisa dilakukan. Namun kelemahannya pada ponsel ini, kamu hanya bisa menerapkan cara ganti gaya Icon aplikasi saja.

Mengganti Akses Warna Dan Font Di Android 10

Pada pilihan menu kamu bisa ubah akses warna ponsel pintar tersebut. Terdapat 7 pilihan warna yang akan mewarnai Quick Access Bar ponsel kamu. Namun terkhusus untuk ponsel Android dengan antarmuka Pure/Stock saja. Tampilannya akan seperti dibawah ini (bersumber dari Android Authority):

aksen warna di android 10

Hal ini juga berlaku untuk font atau gaya tulisan. Kelemahanya di Developer Options ini cuma ada 1 jenis font saja. Ya gak apalah, lumayan bisa membuat perubahan tampilan menjadi sedikit lebih fresh.

Penutup

Di ponsel Xiaomi dengan MIUI, tidak bisa mengubah Aksen Warna, dan Font Judul/Isi. Begitu juga berlaku pada ponsel dengan UI pada merek masing ponsel. Karena sejak awal sudah tersematkan antarmuka tersendiri, cara ganti gaya Icon aplikasi di Android 10 mungkin tidak dapat dilakukan di beberapa ponsel.

Memodifikasi sedikit tampilan di Android bisa dengan mudah dilakukan kan? Asal jangan sembarang klik menu pada Opsi Pengembang yang lain. Ya meskipun kalau sudah tidak dipakai lagi, kamu bisa mematikan Developer Options lagi biar mencegah salah pencet.

Cara ganti gaya Icon aplikasi di Android 10 bisa dengan mudah mengganti lewat tema pada ponsel yang ada User Interface/Antarmuka seperti MIUI, Color OS, Realme UI, Funtouch OS dan lain sebagainnya. Kalau Pure/Stock Android tinggal pasang Launcher aja di Playstore, tapi kelemahannya sebagian besar Launcher gratisan itu ada iklannya. Lebih baik pake cara yang diatas itu aja. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *