Apa itu musik lossless

  • 3 min read
  • Mar 05, 2020

Droidinside.com – apa itu musik lossless. Dijelaskan disini dan apasaja jenis jenis format musik lossles? Serta apa saja keunikan tiap formatnya?

musik lossles

Pengertian Musik Lossless

Masih bingung dengan Lossless?

Secara simpel dijelaskan admin pada postingan sebelumnya di sini. Namun, sebenarnya ada hal yang masih mengganjal di hati para pembaca terkait format musik lossless ini. Mengapa?

Postingan admin pada link tersebut hanya menjelaskan secara simpel dan kurang mendalam tentang format musik lossless. Bahkan langsung ngasih link dimana cari musik tersebut. Makanya artikel ini terbit, untuk menjelaskan tentang dasar-dasar apa saja yang perlu kamu ketahui dengan salah satu tipe file musik yang unik ini.

Hasil suara rekaman

Dalam mengubah suara dalam studio rekaman dari sinyal analog (yang keluar dari alat musik misalnya) menjadi digital (file dalam bentuk cd/ mp3) membutuhkan yang namanya kompresi. Mengapa? Karena tidak mungkin untuk jaman sekarang, jika kamu ingin mendengarkan musik kamu harus bawa cd/dvd musik dan playernya kemana-mana.

Kompresi terhadap audio dilakukan untuk mengubah ukuran format lagu yang biasa kita dengarkan menjadi lebih enak dibawa dan digunakan dimana saja. Sehingga untuk kepentingan dinamisnya kehidupan masyarakat jaman sekarang.

Ada 3 jenis format audio yang terkenal yaitu: uncompressed audio format (format suara yang tidak terkompresi), lossless compressed audio format (audio lossless), dan lossy compressed audio format (format yang terkompres). Untuk megetahui secara jelas apa itu format lossless, baca terus artikel ini sampai habis.

Apa itu lossless

Format audio LOSSLESS adalah format suara terkompresi yang tidak kehilangan kualitas/mutu nya. Format audio lossless memberikan penyimpanan data suara yang dikompresi, namun tidak kehilangan kualitas suara nya seperti yang asli dari rekaman.

Kualitas kompresi yang disajikan oleh format lossless umumnya berada pada rentang 55-65% dari ukuran yang tidak terkompresi (uncompressed audio format). Maka secara sederhana dapat kita katakan bahwa musik kualitas lossless adalah musik yang kualitasnya hampir persis dengan kualitas cd musik, namun ukurannya hanya setengahnya. Unik bukan?

Jenis-jenis musik lossless dan keunikannya

  • Flac

    Musik lossless flac adalah yang pertama. Free lossless audio codec merupakan singkatan dari format musik flac. Format musik dengan algoritma Flac mengkompres 50% hingga 70% dari ukuran aslinya. Metode kompresi ini secara umum dapat digunakan pada resolusi bit file 4-32 bit per sample. Resolusi bit file tersebut merupakan PCM (pulse code modulation) sebagai pembaca sinyal analog menjadi digital yang terstandar dalam komputer. Ekstensi yang digunakan adalah .flac

  • Wavpack

    Tipe file lossless ini hampir sama dengan flac, wavepack dapat digunakan pada resolusi bit file 8, 16, 24, sampai 34 bit per sampel. Besar kompresi pada file ini memiliki rentang yang cukup jauh, yaitu 30% sampai 70%. Hal unik yang dimiliki wavpack adalah Hybrid mode, fitur yang menghasilkan 2 file. 1 file terkompres dengan kualitas cukup bagus dan 1 file “correction” yaitu informasi tentang perbedaan file original dan terkompres. 2 file tersebut yang digabung akan menghasilkan file original kembali. Jadi apabila kalian ingin mendengarkan musik yang ukurannya kecil (gunakan file terkompres), lalu ingin menggunakan yang original (tanpa terkompres) kalian tak perlu khawatir, kalian tinggal menggabungkan dua file tersebut maka kualitas asli akan didapat. File suara ini memiliki atribut format .wv

  • Monkey Audio

    Hasil kompresi pada jenis audio yang memiliki format .ape ini hampir sama dengan milik Flac. Hasil suara enkode Monkey Audio dapat mengurangi sekitar 50% dari ukuran kualitas yang asli. Namun hal menarik dari musik format ini adalah kompresinya yang lebih baik dari flac namun memiliki kualitas yang hampir sama.

  • ALAC

    Format musik terkompresi yang dikembangkan oleh Apple.inc ini memiliki kepanjangan Apple Lossless Audio Codec. Kedalaman resolusi yang digunakan pada bit 16, 20, 24, dan 32 bit per sampel. Model audio ini mereduksi 40-60% dari ukuran asli audio. Format audio adalah .m4a sebagai cikal bakal berkualitasnya suara yang dimiliki oleh produk-produk IOS.

  • Shorten

    Lengkapnya adalah Shorten Lossless Audio Compression Format yang memiliki ekstensi .shn . Format ini jarang kalian dengar pasti, karena memang sudah tidak lagi dikembangkan dan kalah pamor dengan format yang lain. Namun umumnya mereka yang masih menggunakan format audio ini digunakan untuk merekam audio konser legal.

  • ATRAC

    Dikembangkan oleh Sony sejak tahun 1992. Memiliki 3 jenis didalamnya yaitu atrac1, atrac3, dan atrac3plus dengan masing-masing besar kompresi 80%, 90%, dan 95%. Mungkin yang masuk kedalam lossless adalah atrac1 karena besarnya kompresi. Jenis file ini pun mungkin hanya kompatibel dengan produk dari Sony.

Penutup

Musik lossless dan prosesnya

Sebuah kepingan CD biasanya memiliki ukuran 700 mb. Setiap 1 menit dalam pemutaran CD adalah sekitar 10 mb file (dihitung dari: CD biasanya memiliki 16 bit per sampel , dua canel, 44100 sampel per detik. 16 bit x 2 x 44100 x 60 detik = 10 mb~). Setiap menit dalam musik flac, dengan kompresi setengahnya berarti setiap menit ukurannya adalah 5 mb. Dengan kualitas suara yang hampir sama dengan rekaman.

Lossless terus menjamur

Musik lossless adalah format musik yang semakin lama akan semakin sering kita dengar. Mengapa ? Lupakan musik uncompressed (tidak terkompresi) karena terkendala dengan ukuran yang cukup besar. Lupakan juga musik lossy compressed (terkompres) karena kualitasnya bisa bikin kuping kita gak sehat.

Lossless mungkin tidak didownload saja. Karena semakin cepatnya perkembangan infrastruktur internet menyebabkan kita akan memilih mendengarkan lagu dengan streaming. Kualitas lagu lossless dengan ukuran hampir 5-10x lipat dari mp3 biasa yang kita dengarkan tidak akan terkendala karena dukungan koneksi yang baik.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *