Cara Cek RAM Hp Samsung Mudah Tanpa Aplikasi

  • 2 min read
  • Mar 11, 2021
cara cek ram hp samsung

Cara cek RAM Hp Samsung memungkin kamu mengetahui besaran ruang memori sementara yang digunakan oleh ponsel. Biasanya sih buat ngecek sisa RAM atau memori pada sistem.

Tidak hanya itu, sisa RAM yang biasanya di cek biasanya berhubungan juga dengan penggunaan sebuah aplikasi. Saat melakukan multitasking dengan membuka beberapa aplikasi tanpa jeda juga sangat bergantung pada RAM pada ponsel. Lalu bagaimanakah cara cek RAM Hp Samsung ?

Cara Cek RAM Hp Samsung

Ponsel Samsung sendiri dari yang paling lawas sampai hingga paling baru memiliki sistem operasi android dan versi antarmuka yang berbeda-beda. Perbedaan ini mungkin hanya sedikit, kamu bisa menyesuaikan beberapa langkah yang admin sajikan dibawah ini. Sebagai tambahan, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga dan cukup melalui pengaturan saja.

1. Model Hp Samsung Lawas

  • Buka menu Aplikasi (app drawer menunjukkan semua aplikasi)
  • Pilih Pengaturan
  • Geser ke bawah temukan Aplikasi
  • Manajer Aplikasi
  • Pilih pada tab Berjalan di bagian atas (di bagian kanan)
  • Status RAM akan muncul
  • Bebas merupakan besarnya RAM yang tersisa
    cara cek ram samsung j1 ace

2. Aplikasi Manajer Pintar (Pada Model Samsung Dengan Aplikasi)

Ponsel yang cukup baru (tapi sebenarnya sudah lawas juga sih hehe) disematkan aplikasi tersendiri untuk melakukan pengecekan RAM. Aplikasi tersebut adalah Manajer Pintar (Smart Manager) yang juga dapat mengecek penggunaan baterai dan aplikasi. Langkahnya:

  • Buka menu Aplikasi
  • Pilih Manajer Pintar (Smart Manager)
  • Ketuk pada RAM
  • Penggunaan RAM oleh sistem dan aplikasi akan ditunjukkan
    cara melihat ram hp samsung

3. Samsung Dengan Antarmuka One UI

Cara cek RAM Hp Samsung yang tergolong baru umumnya telah menggunakan antarmuka One UI 1.0 atau 2.0, biasanya pada jenis ponsel ini sudah tidak ada App Drawer atau menu Aplikasi. Seperti tutorial di atas. Untuk pengecekannya:

  • Buka Pengaturan
  • Pilih Perawatan Perangkat
  • Di Bagian bawah cek pada Memori
  • Ketuk untuk melihat penggunaan RAM lebih rinci
    cara cek ram samsung galaxy

Penutup

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Sebuah perangkat keras yang digunakan untuk penyimpanan data sistem dan aplikasi yang sedang berjalan. RAM merupakan perangkat yang bersanding dengan Prosesor. Prosesor memproses berbagai perintah yang kemudian data terproses akan disimpan dalam RAM secara sementara saat ponsel digunakan.

Barulah ketika terdapat perubahan data permanen, data akan disimpan dalam penyimpanan aplikasi berbentuk Cache atau Data Aplikasi. Penggunaan RAM akan semakin tinggi berbanding dengan jumlah aplikasi yang sedang dibuka. Semakin besar RAM, maka semakin banyak aplikasi yang bisa kamu buka dalam satu waktu. Akan tetapi hal ini akan sebanding dengan jumlah daya baterai yang digunakan.

Sangat perlu untuk melakukan pengecekan RAM karena beberapa hal. Cara cek RAM Hp Samsung sangat penting untuk mengetahui anomali/ketidaknormalan aplikasi yang berjalan. Jika terdapat iklan di ponsel Samsung kamu, bisa jadi penggunaan RAM akan semakin tinggi.

Ada juga mereka yang telah melakukan pembaruan perangkat lunak mengalami peningkatan penggunaan RAM. Setelah update ini adalah wajar dan akan kembali seperti semula. Jika terlalu lama, itu merupakan ketidak wajaran dan dapat dicek aplikasi apa saja sih yang sangat menghabiskan ruang RAM. Dengan begitu dapat menghemat penggunaan RAM hingga penghematan baterai.

Cara cek RAM Hp Samsung untuk mengetahui seberapa besar memori sebenarnya dapat dilihat dari spesifikasinya. Cek spesifikasi di Google atau situs GSM Arena akan memberikan informasi lengkap berapa besar spesifikasi RAM yang dimiliki ponsel Samsung.

Untuk mengecek perangkat keras tersebut, model ponsel Samsung yang baru bisa melalui Pengaturan – Tentang Ponsel – Status. Disana akan terdapat informasi apa jenis ponsel dan berapa besar RAM yang dimiliki.

Kamu juga bisa cek menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti CPUZ, AIDA64 dan lain sebagainya yang merupakan aplikasi cek spesifikasi Hp. Besarnya RAM dan sisa setelah dipakai oleh aplikasi dan sistem dapat ditunjukkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *