3 Cara Cek IMEI HP Xiaomi Mudah | Droidinside

3 Cara Cek IMEI HP Xiaomi Mudah

  • 2 min read
  • Sep 14, 2020
cara cek imei hp xiaomi

Karena penting terkait peraturan, cara cek IMEI HP Xiaomi ini diperlukan karena ada pemblokiran ponsel Black Market. IMEI adalah nomor identitas khusus yang diberikan pada setiap handphone oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk setiap slot kartu sim atau GSM yang ada pada handphone. Keberadaan IMEI berguna sebagai indentitas hp, mengecek garansi bahkan untuk melacak HP hilang.

Cara Cek IMEI HP Xiaomi

Di Indonesia sendiri mulai diterapkan peraturan yang ditujukan pada hp yang tidak terdaftar IMEI atau disebut dengan barang Black Market, dimana nantinya HP tersebut tidak akan bisa digunakan karena tidak memiliki nomor IMEI pada slot kartu simnya.

Salah satu produsen HP terbesar yang menguasai pasar Indonesia yakni Xiaomi, tidak bisa kita pungkiri bahwa terdapat oknum yang selalu mencoba meraih untung dengan jalan yang salah. Banyak produk Xiaomi yang masuk kedalam negeri tanpa melalui proses perpajakan, akibatnya produk tersebut menjadi produk BM. Apalagi saat dahulu beberapa tahun saat ponsel ini baru menjajakan produk ke negeri ini.

Ponsel Black Market akan diblokir oleh pemerintah. Proses blokir ini bekerja sama dengan berbagai provider atau penyedia layanan jaringan kartu. Jika ternyata HP Xiaomi kamu tidak memiliki IMEI sebagai ponsel BM, hp tidak akan bisa digunakan untuk komunikasi kecuali hanya menggunakan Wifi saja.

Oleh karena itu penting untuk mencek IMEI Handphone yang ingin kamu beli terlebih lagi ketika kamu membelinya ditempat yang tidak resmi atau membeli barang secondnya. Berikut cara cek IMEI HP Xiaomi yang bisa kamu lakukan.

1. Menggunakan Kode Dial USSD

Cara satu ini bisa digunakan pada semua jenis Android salah satunya yakni Xiaomi. Cara cek IMEI Handphone Xiaomi dengan cara ini sangatlah mudah yakni cukup dengan membuka menu dial tempat biasa kita memasukan nomor telpon atau melakukan pengecekan pulsa.

Kemudian tinggal kamu ketikan *#06# ketika kamu mengetik tanda pagar terakhir maka otomatis akan keluar jendela informasi IMEI dari handphone kamu. Disana kamu bisa melihat nomor IMEI dari slot sim handphone yang kamu miliki, apabila slot sim yang ada di handphone kamu 2 maka akan terdapat dua nomor IMEI ketika kamu melakukan pengecekan dengan cara ini.

identifikasi peralatan seluler MEID

Cara cek IMEI HP Xiaomi ini sebenarnya berlaku universal untuk semua ponsel.

2. Menggunakan Menu About Phone

Selain menggunakan cara dial diatas, kamu juga bisa menceknya pada informasi phone yakni dengan cara.

  • Membuka menu setting atau setelan pada handphone Xiaomi
  • Setelah itu pilih menu About Phone atau (Tentang ponsel)
  • Lalu pilih pada bagian status
  • Disana kamu akan mendapatkan informasi dari nomor IMEI yang ada pada HP tersebut.

3. Melalui Dus HP

Tentunya ketika kamu ingin membeli HP Xiaomi baru pasti kamu tidak akan bisa melakukan cara pengecekan IMEI diatas bukan. Oleh karena itu dengan cara mencek IMEI pada bagian dus bisa kamu lakukan. HP Xiaomi yang sudah terdaftar resmi akan memiliki informasi IMEI pada bagian belakang dus yang bisa kamu cek sebelum melakukan pembelian agar tidak mendapatkan barang black market.

Penutup

Itulah beberapa cara cek IMEI HP Xiaomi yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah HP tersebut merupakan  resmi atau malah produk black market. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi ketika ingin memilih hp baik membeli baru ataupun barang secondnya.

Tinggalkan Komentar!