Cara Cek Hp Support MHL Mudah

  • Droidinside
  • Apr 19, 2022

Untuk mengetahui apakah hp bisa membagikan layar ke TV, perlu cara cek hp Support MHL. Fitur yang disematkan pada ponsel android ini akan memudahkan kamu menonton film atau streaming dari hp yang kemudian dikoneksikan ke layar TV. Menonton akan lebih nyaman karena lebarnya mengikuti tampilan TV.

Kamu juga bisa bermain game dengan layar yang lebih lebar jika tampilan bisa dibagikan ke TV. Atau kegiatan lain yang berhubungan dengan Cast seperti presentasi dengan menggunakan kabel. Untuk bisa terhubung dengan lancar ke TV, hp harus memiliki dukungan MHL. Lalu apakah dukungan MHL itu dan bagaimana cara cek hp support MHL tersebut? Droidinside berikan tutorialnya untuk kamu.

Dukungan Koneksi MHL

Mobile High-Definition Link (MHL) merupakan sebuah fitur yang bisa menghubungkan hp android dengan Televisi. Melalui port USB hp yang dihubungkan dengan port HDMI Televisi melalui adapter MHL. Dukungan yang diberikan gak cuma gambar resolusi biasa, MHL bisa menampilkan gambar dengan resolusi HD (High-Definition) yang lebih jernih dan jelas.

Teknologi Cast atau koneksi antar perangkat dengan layar/TV ini dirancang untuk menampilkan gambar jernih dan tanpa patah-patah (gak delay). Adanya fitur Zero Lag Connection membuat tampilan di layar atau TV memiliki respon yang bagus pada koneksi menggunakan MHL. Tampilan yang responsif ini akan memanjakan mata kita saat melakukan presentasi, menonton film, hingga bermain game pada layar TV (LED, LCD, Smart TV).

Fungsi Teknologi MHL

Jadi ketika ada dukungan MHL saja, sebuah ponsel bisa menampilkan layar ke TV atau layar tertentu menggunakan produk adapter dari MHL. Keunggulannya udah kita ketahui yaitu lebih mulus dan responsif. Kamu bisa nonton video dengan kualitas grafik tinggi HD hingga beresolusi 4K. Keunggulan lain, ada yang gak perlu Dongle (semacam box/ Dongle Google) dan cuma bermodalkan kabel MHL yang langsung dari port USB hp ke HDMI layar dengan power USB yang terhubung.

Sistem pintar ini gak cuma menampilkan gambar doang. Tapi juga ikut membuat output suara dari hp masuk ke TV/layar juga. Jadi dengan mengetahui cara cek hp support MHL tersebut, nonton film dari hp ke layar/TV sekaligus sama suaranya. Dukungan suara yang dihasilkan juga sekelas Surround Sound versi 7.1 membuat kuping kita dimanjakan.

Soalnya kalau pake Cast biasa (Miracast, Anycast, dan lain-lain) kebanyakan cuma bisa menampilkan gambar ke TV atau layar. Sedangkan sumber suara juga masih terdengar dari hp nya. Setelah mengetahui manfaat ini, lalu bagaimanakah cara mengecek apakah hp kita mendukung MHL? Berikut tutorialnya dari Droidinside.

Cara Cek Hp Support MHL

Dukungan teknologi berbagi layar dengan koneksi yang bagus ditunjang suara yang menggelegar alias bagus pasti butuh spesifikasi ponsel yang gak biasa aja. Maka dari itu gak semua ponsel mendukung koneksi MHL. Karena hp yang support MHL pasti telah diberikan sertifikasi dan kemampuan dari perusahaan MHL Tech. Bisa dibilang menurut admin, cuma ponsel android kategori Mid-High End aja yang dikasih fitur ini. Tapi kamu masih tetap harus melakukan pengecekan. Berikut beberapa cara cek hp support MHL:

Menggunakan Aplikasi MHL Checker

  • Buka Play Store
  • Klik lalu ketikkan kata kunci di bagian atas: MHL Checker
  • Instal aplikasi tersebut
  • Setelah itu buka aja aplikasinya
  • Klik Check
  • Gak lama, kalau muncul tanda silang merah (X) hp kamu gak support MHL
  • Kalau tanda centang hijau, berarti hp kamu bisa menggunakan MHL
hp yang support mhl

Cara cek hp Support MHL dengan aplikasi besutan The Tree Team ini sangat direkomendasikan. Karena benar bisa mengetahui sebuah ponsel yang mendukung MHL. Kebanyakan mereka yang menggunakan aplikasi ini mengatakan tidak support. Namun memang benar, tidak semua ponsel (tidak banyak) bisa menggunakan teknologi MHL. Jadi kalau menunjukkan gak support, berarti jangan beli kabel MHL. Karena benar-benar tidak bisa digunakan.

Kamu mungkin bisa mencoba aplikasi lain di Play Store namun hasilnya beda. Ada yang support dan ada yang menunjukkan tidak. Aplikasi-aplikasi selain rekomendasi MHL Checker banyak bohongnya. Membuat orang yang membeli kabel MHL terpaksa tidak bisa dipakai. Hal ini disebabkan aplikasi mungkin membaca spesifikasi ponsel untuk Cas biasa dan bukan MHL. Jadi yang bilang support gitu aja.

Melalui Web MHL Resmi

Jika cara cek hp Support MHL melalui aplikasi tidak bisa memberikan keakuratan yang pas. Langsung aja deh kamu cek dari web resmi penyedia teknologi Cast tanpa lag ini. Langkahnya:

  • Buka browser
  • Kunjungi: https://www.mhltech.org/devices.aspx?tid=1
  • Klik Device Type: pilih Mobiles
  • Device Brand: pilih merek
  • Setelah itu cek dibawahnya, apakah tipe hp kamu muncul disitu

Menggunakan cara cek hp Support MHL yang satu ini kayaknya gak cukup enak. Karena harus membaca satu persatu. Baiknya pake aplikasi aja deh seperti diatas. Tapi kelemahannya, beberapa daftar di web resmi ini kadang ada yang gak update juga.

Umumnya hp yang mendukung MHL sebagian besar pada merek Samsung, Sony, HTC, Huawei, dan lainnya cuma dikit. Itupun kebanyakan tipe ponselnya keluaran luar negeri. Jadi jangan lupa buat cek dulu kompatibilitas hp kamu sebelum membeli kabel MHL buat konek ke tampilan layar Televisi. Jangan lupa pas lagi Cast pake opsi pengembang Mode Desktop untuk pengalaman terbaik.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.