Cara Atasi WA Kadaluarsa | Droidinside

Cara Atasi WA Kadaluarsa

  • 3 min read
  • Mei 25, 2020
wa kadaluarsa

Jika kamu pengguna Whatsapp (WA) kalian pasti pernah mengalami ketika membuka aplikasi ini, ada pernyataan bahwa terjadi WA kadaluarsa. Beberapa informasi dari admin dibawah ini bisa kalian simak untuk mengatasinya.

Penyebab WA Kadaluarsa

Seringkali kamu akan menemukan pengguna aplikasi yang tidak terlalu memperhatikan update. Aplikasi WA kadaluarsa karena tidak diupdate adalah hal yang cukup biasa terjadi. WA yang sudah terlalu lama tidak di update biasanya akan memunculkan pesan peringatan agar kamu mengunduh versi terbaru. Untuk terus mendapatkan keamanan dan penggunaan aplikasi yang prima, kamu perlu melakukan update aplikasi WA.

Selain dari aplikasi yang butuh diupdate, ada pengguna lain yang memiliki masalah pada WA mereka padahal mereka sudah melakukan update pada aplikasi Whatsapp. WA kadaluarsa padahal WA sudah diupdate Mengapa hal ini bisa terjadi?

wa kadaluarsa padahal sudah update

Ada 2 pengaturan untuk menentukan waktu yang ada pada ponsel android. Manual dan juga otomatis menyesuaikan. Sebagian besar pengguna mungkin suka untuk mengatur jam, tanggal atau waktu di ponsel mereka secara manual. Pengaturan waktu ini berhubungan dengan aplikasi WA.

WA kadaluarsa akan terjadi jika waktu dalam android kamu tidak sesuai dengan waktu global atau sesuai dengan waktu internet atau waktu yang disediakan jaringan. WA tidak berjalan dengan lancar jika waktu tidak sesuai yang bisa terjadi karena kamu mengatur waktu ponsel secara manual. Sehingga terdapat ketidaksesuaian antara waktu yang sebenarnya pada internet dengan waktu di ponsel kamu.

Berikut beberapa tips dari admin terkait beberapa masalah WA kadaluarsa.

Atasi WA Kadaluarsa

Cara yang admin sampaikan adalah versi simpel dengan beberapa informasi terkait tentang masalah Whatsapp yang tidak dapat dibuka karena telah kadaluarsa.

  1. Perbarui Aplikasi Whatsapp
    Cara memperbarui aplikasi WA cukup mudah. Jika saat kamu membuka aplikasi WA lalu ada notifikasi seperti gambar diatas. Tinggal klik saja UNDUH. Kamu akan diarahan ke playstores untuk melakukan update atau perbarui aplikasi ini.Untuk memperbarui tanpa membuka WA, kamu bisa langsung buka playstores kamu. Cari Whatsapp lalu otomatis disana akan ada tulisan untuk update. Pastikan playstore kamu tidak bermasalah ya untuk memperbarui aplikasi Whatsapp.
    Cara ini digunakan pada kasus Whatsapp belum diupdate ke versi yang baru atau bisa dikatakan bahwa WA kadaluarsa.
  2. Mengatur Tanggal dan Waktu Otomatis
    Buka pada pengaturan, lalu pada pengaturan waktu. Pilihlah zona waktu otomatis, tanggal & waktu otomatis. Gunakan jaringan internet atau aktifkan data sehingga sistem akan memperbarui waktu sesuai dengan yang disediakan jaringan. Cara ini akan berguna untuk Whatsapp kamu yang ada peringatan untuk mengupdate padahal WA sudah terbaru. Setelah waktu sudah sesuai, maka buka saja WA kamu.Jika kamu ingin tahu cara membuka aplikasi whatsapp yang kadaluarsa, jika aplikasi kamu sudah kadaluarsa, kamu tinggal atur tanggal waktu di ponsel kamu mundur dari tanggal sekarang. Agar bisa dibuka terlebih dahulu apabila memang diperlukan, namun cara ini tidak akan menyelesaikan masalah.
  3. Mulai Ulang Sistem dan Whatsapp
    Sudah berapa lama HP tidak dimatikan? Ini akan membuat aplikasi WA bermasalah dalam pembacaan waktu. Restart atau mulai ulang saja ponsel kamu. Ini akan merefresh sistem dan aplikasi yang ada di ponsel. Jika malas mematikan HP, tinggal paksa berhenti aplikasi WA kamu lalu buka kembali lagi aplikasinya.
  1. Instal Kembali Aplikasi WA
    Cara terakhir yang cukup merepotkan ini mengharuskan kamu menyimpan atau menyelamatkan data chat WA. Tapi jika tidak bisa/mungkin karena jika WA dibuka pasti ada peringatan bahwa WA kadaluarsa, kamu harus rela mengikhlaskan chat kamu. Untuk data dalam aplikasi Whatsapp seperti foto, video, suara, dokumen dan lainnya ada pada Penyimpanan Internal – Whatsapp. Folder tersebut lengkap bisa kamu simpan ke tempat lain dahulu sebelum menghapus instalasi Whatsapp. Setelah selesai, instal lagi aplikasi WA melalui playstore. Cara ini tebukti paling ampuh tapi sangat beresiko dan menjengkelkan, karena proses back up/ penyelamatan data harus menunggu.

 

Cara nomor 2 – 4 adalah untuk kamu yang mengalami aplikasi WA kadaluarsa padahal sudah update ke versi yang paling baru. Masalah ini terjadi pada beberapa user yang tidak pernah mematikan ponsel mereka yang bahkan terkadang hanya dengan merestart android mereka, masalah ini dapat dengan mudah diatasi dan bisa mengatasi telpon whatsapp yang bermasalah.

Tinggalkan Komentar!