Cara Aman Agar Handphone Tidak Konslet Saat Disambung Ke Speaker Aktif

  • Android
  • Okt 11, 2022

Ternyata kalau kamu tidak paham ilmunya ternyata berbahaya jika kamu langsung colok kabel speaker aktif ke ponsel android kamu. makanya droidinside akan share Cara Aman Agar Handphone Tidak Konslet Saat disambung ke speaker aktif dengan penjelasan yang sederhana.

Memasang speaker aktif ke ponsel smartphone atau ponsel android kalian memang kalau di lihat dari segi manusia biasa pasti hal sepele, ternyata setelah mindro telusuri dan pelajari mulai dari kasus hp konslet, hp mati, speaker tidak ada suara dan kasus semacamnya mindro jadi tergugah untuk memposting artikel ini.

Langsung saja ya ke materi Cara Aman Agar Handphone Tidak Konslet Saat disambung ke speaker aktif yang mindro dapatkan dari beberapa materi baca sana sini dan kemampuan pelajaran elektronika di kala SMP Negeri 18 Surakarta dahulu.

Cara Aman Agar Handphone Tidak Konslet Saat Disambung Ke Speaker Aktif

Cara Aman Agar Handphone Tidak Konslet Saat disambung ke Speaker Aktif

Penyebab atau Kendala Saat Ponsel Android di Colok Speaker Aktif

Sebelum ke pokok pembahasan mindro akan menjelaskan dahulu sedikit alasan mengapa ponsel mengalami kendala langsung short, konslet dan mati total saat di colok speaker aktif,

Perangkat yang berbeda

Jelas sekali kedua perangkat ini merupakan perangkat yang berbeda handphone android menggunakan baterai sedangkan speaker aktif dan kipas angin menggunakan Trafo bisa trafo CT ataupun non CT.

Walaupun jika di cek dengan multitester atau pengukur daya ukuran ground sama dengan 0 volt atau nol volt, tapi ada perbedaan potensial yang besar yang menyebabkan ponsel bisa rusak total.

Cara Agar Handphone Tidak Konslet Saat Disambung ke Speaker Aktif

Ada 2 metode yang bisa kamu lakukan untuk mencari aman saat kamu ingin memutar musik dengan speaker aktif.

Menggunakan bantuan USB Bluetooth

cara pertama yang mindro rekomendasikan adalah menggunakan USB Bluetooth, jika speaker aktif kamu sudah ada colokan USB, saran mindro mendingan menggunakan tambahan part yaitu USB Bluetooth, dengan bantuan part itu kamu tidak beresiko harus colok langsung jack audio speaker aktif ke ponsel android kesayangan kamu.

Menyamakan Potensial

Jika kamu masih mau nekad colok langsung jack audio ke ponsel android atau ponsel yang lain, kamu bisa menggunakan tips berikut ini

  • Jack Audio droidinside
  • port charger
  • Nyalakan Speaker aktif, lalu pegang jack audio dengan tangan kiri
  • Kemudian pegang perangkat handphone yang mengandung listrik, seperti colokan charging atau yang mengandung besi, pegang dengan tangan kanan. Jika kurang yakin kamu bisa melepas casing belakang ponsel kamu lalu pegang saja perangkat yang mengandung besi.
  • Intinya kamu sebagai perantara untuk menyesuaikan potensial daya antara speaker aktif dan ponsel android
  • Pegang secara bersamaan selama kurang lebih 5 menit, supaya daya potensialnya dapat menyesuaikan.
  • Setelah daya disamakan, baru kamu bisa mencolokkan jack audio speaker aktif dengan aman.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.