Tips Cara Agar Pulsa Telkomsel Tidak Tersedot Pas Kuota Habis

  • 3 min read
  • Jun 11, 2021
cara agar pulsa telkomsel tidak tersedot

Menurut admin, saat ini hampir mustahil untuk melakukan cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot saat kuota habis. Soalnya berbeda dengan provider lain yang memberikan fitur penguncian pulsa. Perusahaan besar milik BUMN ini membuat kamu harus berhati-hati dalam mengatur penggunaan data dan juga selalu memperhatikan pulsa.

Sejauh ini tarif yang ditetapkan oleh Telkomsel adalah Rp 5 per kb. Misalnya aja kamu mengakses internet dan telah habis 1 Mb. Jadi bakalan butuh pulsa Rp 5 x 1000 kb = Rp 5000. Gila aja 1 Mb habis pulsa Goceng kalau lagi gak ada paketan data.

Alasan Pulsa Telkomsel Tersedot

Selain pengaturan tarif tersebut yang bikin pulsa cepet banget habis dalam sekejap. Seperti layaknya pulsa kartu Three yang berkurang sendiri, ada beberapa hal yang menyebabkan pulsa kartu Telkomsel juga berkurang sendiri:

  • Tidak memiliki paket internet, sehingga pulsa terpotong untuk data
  • Mengaktifkan NSP (Nada Sambung Pribadi)
  • Berlangganan SMS Premium
  • Berlangganan Nelpon dan SMS

Beberapa alasan tersebut biasanya menjadi dalang mengapa pulsa kartu Telkomsel kamu sering berkurang sendiri. Lalu bagaimana cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot saat kuota habis?

Cara Agar Pulsa Telkomsel Tidak Tersedot Saat Kuota Habis

Berikut ini Droidinside punya beberapa tips buat kamu agar pulsa tetap aman. Beberapa tutorial di Google ada yang mengatakan untuk mengaktifkan 363212# sebagai pengunci pulsa, namun hal ini sampai saat artikel dirilis tidak berfungsi. Kode dial tersebut tidak lagi bisa kamu gunakan.

1. Cek Paket Internet Dan Matikan Data Tepat Waktu

Salah satu cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot saat kuota habis adalah selalu cek berapa besar paket yang tersedia. Selanjutnya jika memang sudah habis, atau mendekatinya langsung saja matikan data seluler yang ada di ponsel android.

Memang tidak ada cara lain untuk mencegah hal ini. Cara terbaik adalah user perlu mengawasi jumlah kuota yang dimiliki. Memang akan menjadi ribet dan kurang efisien melakukan pengecekan kuota terus menerus.

2. Isi Pulsa Di Waktu Yang Tepat

Misalnya saat kamu hanya akan mengaktifkan sebuah paket internet. Sebisa mungkin isi pulsa nya mepet dengan harga paket. Jadi pas diaktifkan, pulsa kamu tidak terpotong. Ini berlaku untuk mereka yang mengaktifkan paket internet dengan Dial.

Berbeda jika mengaktifkan paket lewat aplikasi, sisakan beberapa kuota untuk membeli paket internet melalui aplikasi. Setelah itu barulah isi pula kemudian dengan sisa kuota lakukan pengaktifkan paket internet. Cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot saat kuota sudah habis bisa dicegah dengan hal ini.

3. Menggunakan Aplikasi Penghitung Data

Jika ponsel kamu Xiaomi, ada fitur peringatan penggunaan data yang bisa dimanfaatkan untuk memberi peringatan. Fitur bawaan tersebut bahkan bisa langsung mematikan data seluler secara otomatis jika batas jumlah kuota telah terpenuhi (dalam jangka waktu tertentu).

cara agar pulsa tidak tersedot dengan memantau data

Pada ponsel android beberapa ada juga menyematkan fitur untuk notifikasi penggunaan data. Jika tidak ada, kamu bisa menggunakan aplikasi penghitung seperti:

  • My Data Manager (lebih lengkap dengan alarm penggunaan data)
  • Internet Speed Meter (selain untuk menunjukkan kecepatan internet, menginformasikan penggunaan data harian)
  • Data Monitor
  • GlassWire Data Usage

Kamu bisa buka aplikasi Play Store dan cari beberapa aplikasi diatas untuk mempermudah dalam mengawasi jumlah penggunaan data. Cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot saat kuota habis yang satu ini bisa kamu terapkan dengan mudah dengan sedikit keribetan memperhitungkan jumlah kuota yang tersisa. Untuk kasus lain penyebab pulsa Telkomsel berkurang sendiri ada di bagian selanjutnya.

4. Menonaktifkan NSP

Biasanya layanan inilah yang tidak sengaja aktif sehingga membuat pulsa kamu berkurang setiap waktu. Cara ceknya adalah panggil aja nomor Telkomsel kamu pakai ponsel dan nomor lain. Jika ada suara yang berbeda biasanya lagu dari NSP, segera nonaktifkan layanan ini. Biasanya dengan:

  • Membuka Aplikasi Pesan (Perpesanan, Messenger)
  • Buat pesan STOP
  • Kirim ke 1212
  • Tunggu hingga balasan NSP telah dihentikan muncul

Sama seperti NSP yang membutuhkan akses langganan, sampai artikel ini dirilis belum ada paket internet Telkomsel yang otomatis memperbarui sendiri dan menyedot pulsa.

5. Menghubungi Call Center Telkomsel

  • Buka Dial Telepon/aplikasi telpon
  • Panggil 188
  • Pilih layanan dalam bahasa Indonesia
  • Melanjutkan nomor yang sama dengan angka 1
  • Pilih 0 Berbicara dengan Careline Officer Telkomsel
  • Pilih 1 untuk pembebanan biaya Rp 300 rupiah
  • Setelah tersambung, tanyakan tentang NSP yang aktif pada nomor kamu. Minta Call Center tersebut untuk menonaktifkannya. Dan juga apabila berlangganan SMS Premium, juga minta untuk mematikan.

Gunakan beberapa nomor seperti 0807 1 811 811 atau melalui Sosial Media dan web Telkomsel.com juga. Sebagai sarana untuk bertanya masalah pulsa berkurang sendiri dan mengatasinya dengan tepat.

Cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot melalui NSP yang satu ini merupakan paling mudah, karena kamu bisa tahu apa penyebab nomor Telkomsel kamu pulsanya tersedot. Dan juga bisa mematikan lewat CS daripada harus mengirim STOP/UNREG ke nomor tertentu yang takutnya bisa salah.

Penutup

Beberapa cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot saat kuota habis maupun karena NSP atau SMS Premium bisa kamu terapkan. Jangan lupa untuk memperhatikan ketentuan sebuah paket internet. Misalnya paket malam hanya berlaku sampai pagi dan paket dengan regional tertentu. Detail tersebut sangat penting untuk dibaca supaya tidak kebobolan pulsa karena paket internet tidak aktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *