Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Tersambung Ke Speaker

  • Droidinside
  • Jan 23, 2022

Gak asik banget ketika ingin dengerin musik bluetooth tidak bisa tersambung ke speaker. Pasti kamu pernah kan mau mendengarkan musik yang disambungkan ke speaker melalui bluetooth? Droidinside punya beberapa pengalaman nih terkait masalah bluetooth yang tidak mau tersambung ke speaker.

Penyebab Masalah Bluetooth Tidak Bisa Tersambung Ke Speaker

Perlu kamu ingat bahwa bluetooth menggunakan konektivitas 2,4 GHz dimana koneksi ini dipakai pada banyak perangkat. Misalkan Wifi, pembuka gerbang, mouse dan lain sebagainnya. Ini sebagai dasar kita mengetahui masalah yang sering dialami oleh bluetooth. Beberapa perangkat yang sama-sama menggunakan koneksi yang sama akan mengalami masalah. Misalkan kita mau ngirim file ke android temen via bluetooth. Karena ada sinyal pengganggu dengan frekuensi yang sama, hp jadi gak kedetek.

Penyebab bluetooth tidak tersambung ke speaker lainnya adalah dari ponsel kita sendiri. Setelah kita menerima file dari hp temen misalkan, ada sebuah daftar file yang diterima. Daftar tersebut akan ikut menutup jika kita mematikan konektivitas bluetooth. Daftar inilah yang seringkali menyebabkan bluetooth tidak merespon. Daftar file diterima membuat bluetooth diam tidak menerima koneksi lain lagi, itulah penyebab salah satunya.

Masalah bluetooth tidak tersambung ke speaker lain juga termasuk jumlah perangkat terhubung yang kita miliki. Semakin banyak perangkat tersimpan ada kemungkinan ponsel sulit menemukan perangkat bluetooth baru. Karena sistem sedang mempersiapkan koneksi pada perangkat yang pernah terhubung sebelumnya. Beberapa penyebab lain diantaranya:

  • Sedang menghidupkan Hotspot
  • Terhubung dengan Wifi
  • Perangkat speaker telah terhubung ke ponsel lain (dan hanya bisa kalau dilupakan dengan hp yang telah tersambung)
  • Hp dan perangkat perlu dihidupkan ulang
  • Terlalu lama digunakan pada satu perangkat saja
  • Kesalahan sistem ponsel mengenali perangkat terhubung
  • Bug software

Itulah beberapa masalah yang dinilai mungkin menjadi penyebabnya. Lalu bagaimana penyelesaiannya agar speaker bisa kita koneksikan ke hp?

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Tersambung Ke Speaker

Beberapa solusi dibawah ini admin sajikan, bisa kamu coba satu persatu untuk menguraikan masalah yang telah dijelaskan diatas. Beberapa pengecekan mungkin perlu dilakukan dan beberapa hal untuk dieksekusi.

1. Hidupkan Ulang Ponsel Dan Speaker

Cara ini akan membersihkan beberapa masalah pada sistem bluetooth baik pada ponsel maupun bluetooth. Ponsel yang punya masalah dengan file diterima atau telah dikirim memunculkan sebuah daftar, bisa dihilangkan dengan cara ini. Sehingga ponsel tidak terganggu dengan konektivitas bluetooth dari ponsel atau perangkat sebelumnya. Begitu pula dengan speaker yang mungkin masih stuck dengan perangkat hp sebelumnya.

2. Lupakan Perangkat Dan Mengurangi Jumlah Perangkat Yang Telah Disambungkan

Tidak hanya ponsel kamu yang harus melupakan penyandingan dengan speaker bluetooth. Ponsel temen kamu yang saat ini berdekatan dan pernah terkoneksi sebelumnya disarankan juga ikut menghapus penyandingan. Bukalah menu bluetooth di ponsel, hapus atau lupakan speaker tersebut untuk mengatasi bluetooth tidak bisa tersambung ke speaker. Hapus penyandingan untuk beberapa perangkat lain juga. Ini akan mengurangi jumlah perangkat di ponsel kamu karena terlalu banyak bikin eror.

speaker bluetooth tidak bisa connect solusi

3. Matikan Konektivitas Lain (Wifi, Hotspot)

Dengan mematikan Wifi dan Hotspot di ponsel kamu sendiri serta ponsel temen kamu yang lagi berdekatan dengan speaker. Masalah bluetooth tidak bisa tersambung ke speaker bisa teratasi. Hal ini mengurangi koneksi yang secara simultan ada bersama-sama. Lebih baik gunakan Hotspot dengan konektivitas 5 GHz biar tidak bertabrakan dengan bluetooth. Soalnya sering banget, speaker udah nggak ada yang konek tapi hp sendiri mau konek susah. Ternyata ada sinyal lain yang mengganggu proses kamu menghubungkan ke speaker.

4. Reset Pengaturan Jaringan

Pada beberapa ponsel seperti Xiaomi ada cara untuk melakukan reset pengaturan jaringan. Setelan ini mengembalikan bluetooth kembali seperti semula layaknya tidak ada perangkat yang tersambung. Pada beberapa ponsel mungkin tidak ada opsi ini, sehingga cara satu-satunya adalah reset ke pengaturan pabrik. Namun kalau memang parah, bluetooth kemana-mana gak mau nyambung bisa jadi karena memang harus direset.

Bug yang terjadi pada software bisa juga diatasi dengan reset ponsel. Melakukan update perangkat lunak juga disarankan. Sebagai langkah akhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi bluetooth tidak bisa tersambung ke speaker.

Penutup

Jika terjadi kerusakan perangkat keras bluetooth (cukup jarang terjadi) pasti akan berpengaruh ada konektivitas wifi dan hotspot. Keduanya bakal sangat sulit hidup, lama hidupnya dan tidak bisa melakukan pemindaian atau terbaca dari ponsel lain. Karena biasanya 3 perangkat keras tersebut tergabung menjadi 1 papan dalam ponsel. Kalau ini rusak, mau tidak mau harus diganti perangkat bluetooth untuk mengatasi bluetooth tidak bisa tersambung ke speaker. Ini merupakan langkah terakhir yang mungkin jarang dilakukan orang, karena ya mending pake cara lain aja.

Jangan lupa bahwa bluetooth bisa disetel untuk diganti codec nya supaya kualitas suaranya lebih bagus. Bagi kamu yang ngerti setelan ini, coba deh pake yang standar aja. Karena kalau kualitas speaker gak bagus, setelan codec terlalu bagus bisa membuatnya bermasalah saat dihubungkan atau bluetooth tidak bisa tersambung ke speaker.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.