Bluetooth Tethering Atau Hotspot Wifi Mana Yang Terbaik | Droidinside

Bluetooth Tethering Atau Hotspot Wifi Mana Yang Terbaik

  • 3 min read
  • Nov 14, 2020
Bluetooth Tethering Atau Hotspot Wifi

Berbagi koneksi internet dengan Bluetooth Tethering atau Hotspot Wifi mungkin suatu hal yang cukup biasa buat kamu. Hidupkan Hotspot Wifi biar teman bisa join bareng untuk akses internet cukup sering dilakukan.

Aktivitas berbagi ini tidak hanya untuk internet saja. Saling bertukar file menggunakan aplikasi seperti Shareit/Share Me sangat bergantung pada konektivitas Hotspot. Jika dilihat secara seksama, mengirim file dengan aplikasi tersebut biasanya lebih cepat karena menggunakan Hotspot.

Apakah hal ini juga berpengaruh ketika berbagi koneksi internet ? Apakah dengan Bluetooth lebih cepat? Untuk itu kamu perlu mengetahui, lebih baik mana Bluetooth Tethering atau Hotspot Wifi untuk membagikan koneksi data?

Beberapa Alasan Memilih Bluetooth Tethering Atau Hotspot Wifi

Kedua perangkat keras ini, yaitu Bluetooth dan Hotspot Wifi merupakan sebuah piranti yang bisa kamu gunakan untuk membagikan koneksi. Kecanggihan teknologi ini dapat membantu kamu menyelesaikan berbagai masalah. Misalnya, apabila ada laptop dan android kamu bisa menggunakan android sebagai modem bagi laptop. Tentunya dengan mengaktifkan Bluetooth Tethering atau Hotspot Wifi, kemudian laptop dapat menerima koneksi internet.

Namun untuk memilih antara keduanya terdapat beberapa alasan. Informasi ini mungkin cukup penting buat kamu apakah akan memilih Bluetooth Tethering atau Hotspot Wifi:

Paling Biasa Dan Paling Mudah

Pada poin ini, Hotspot Wifi mengambil peran. Biasanya Hotspot Wifi merupakan sebuah cara berbagi file yang cukup mudah dan sangat sering dilakukan. Kamu hanya perlu membuka pengaturan lalu mengaktifkannya. Proses agar terkoneksinya juga cepat, orang yang ingin dibagi hanya tinggal menghidupkan Wifi dan memasukkan kata sandi yang sesuai.

Berbeda dengan Bluetooth Tethering, mungkin penggunaannya cukup jarang di kalangan banyak orang. Cara koneknya, lumayan ribet yaitu harus melakukan Pairing/pemasangan. Terkadang, untuk melakukan pemasangan antar 2 perangkat terkendala oleh beberapa hal. Seperti kadang tidak mau terkoneksi dengan mudah.

Jika sebuah android sudah tersandingkan Bluetooth nya dengan perangkat pemutar musik, biasanya ketika dihidupkan akan otomatis mengkoneksikan diri dengan pemutar tersebut. Sehingga apabila ponsel lain ingin menyandingkan, akan cukup sulit.

Keamanan Transfer Data

Apakah kamu pernah dengar tutorial cara hack Bluetooth Tethering? Mungkin ini merupakan salah satu poin penambatan Bluetooth. Karena saking banyaknya tutorial atau aplikasi hack Wifi di Google, kamu bisa pilih alternatif ini.

Kamu tidak perlu khawatir apabila sedang terkoneksi penambatan Bluetooth, akan orang lain yang mencoba masuk atau membobol. Karena hanya 1 perangkat saja yang bisa terkoneksi melalui Bluetooth Tethering. Sehingga yang lain tidak bisa konek karena terkendala jenis penambatan. Tidak seperti Wifi yang bisa banyak perangkat mengenali dan konek.

Kecepatan Arus Data

Bluetooth Tethering sebenarnya cukup cepat yaitu mencapai 24 Mb/detik. Namun masih lebih cepat Wifi sampai 54 Mb/detik. Namun ini adalah kecepatan arus data antar perangkat untuk berbagi data. Tapi untuk poin ini, hasilnya seri.

Jika kamu masih menggunakan koneksi 4G di Indonesia, kecepatannya mungkin belum bisa sampai 24 Mb/detik (kecepatan bluetooth). Artinya, kecepatan internet menggunakan penambatan Bluetooth maupun Hotspot Wifi akan sama saja. Kecuali jika memang kecepatan bandwith sebuah provider melebihi kecepatan Bluetooth, Wifi akan lebih unggul disini.

Konsumsi Daya

Pada poin penggunaan daya baterai, Bluetooth Tethering lebih unggul. Jika kamu berbagi koneksi dengan teknologi ini, akan lebih mengirit baterai daripada menggunakan Hotspot Wifi.

Karena jangkauan Bluetooth pada umumnya adalah sekitar 10 meter, dan Wifi bisa sampai 5 kali lipatnya. Itulah mengapa Wifi membutuhkan lebih banyak daya ketimbang Bluetooth.

Area Jangkauan

Sudah jelas, disinggung pada poin sebelumnya bahwa jangkauan Wifi lebih luas. Ini menjadi poin Hotspot Wifi, jika kamu membutuhkan jarak lebih jauh antara laptop/perangkat untuk diberi koneksi dengan android kamu. Jika hanya berbagi dengan perangkat yang dekat kamu bisa menggunakan penambatan Bluetooth.

Penutup

Terlepas dari kelebihan maupun kekurangan antara Bluetooth Tethering atau Hotspot Wifi, kamu bisa memilih antar keduanya. Disesuaikan dengan kondisi yang ada bisa dari memilih keamanan, keiritan penggunaan baterai dan lain sebagainnya.

Fitur Bluetooth Tethering atau Hotspot Wifi juga merupakan sebuah piranti untuk menjadikan ponsel kamu sebagai Wifi Repeater. Membagikan Wifi tersambung bisa dilakukan dengan Bluetooth atau Hotspot tergantung kondisi spesifikasi ponsel kamu.

Tinggalkan Komentar!