Blokir SMS Penipuan Dengan Google Message

  • 2 min read
  • Des 15, 2020
blokir sms penipuan dengan google message

Blokir SMS penipuan menjadi sebuah kebutuhan bagi hampir semua pengguna ponsel android. Pasalnya, pasti hampir semua orang pernah mendapatkan pesan penipuan entah itu undian berhadiah, promo kuota, bahkan pesan untuk melakukan transfer dan lain-lain.

Tapi tenang, kamu bisa menghindari itu semua dengan cara blokir SMS penipuan dengan Google Message. Sebuah harapan baru bagi orang yang sudah saking kesalnya dengan pesan yang gak berguna dan mungkin menuh-menuhin kolom pesan.

Bagaimana Bisa Mendapat SMS Penipuan Atau Spam

Bagi teman-teman generasi Z sudah tidak asing dengan pesan spam ini. Rata-rata anak milenial udah bisa sih bedain SMS yang gak isinya gak jelas ini. Tapi mungkin tidak dengan generasi Boomer atau generasi sebelum-sebelumnya. Karena cepatnya perkembangan teknologi menyebabkan mereka dapat terseret.

Menurut pengalaman admin, ketika kamu menyerahkan nomor kamu di konter/tempat pengisian pulsa nomor akan dicatat. Agen yang nakal akan memperjualbelikan data nomor hp pada orang yang tidak bertanggung jawab. Data nomor juga bahkan sangat mudah dicari dari sosial media atau marketplace. Para penipu yang memberikan iming-iming hadiah bahkan bisa mengirim ke ribuan nomor sekaligus dalam satu hari.

Banyak kawula tua atau paruh baya yang mungkin memperhatikan dengan seksama pesan berisi spam atau penipuan ini. Untuk mengatasinya, Google memberikan fitur yang dapat melindungi kamu dan pengguna untuk menghindari hal-hal ini.

Cara Mengaktifkan Blokir SMS Penipuan Dengan Google Message

Bagi kamu pengguna ponsel pintar dengan sistem operasi Android Stock (android pure tanpa UI) sudah terpasang aplikasi perpesanan Google ini. Pada pengguna dengan ponsel yang memiliki antarmuka bawaan brand dapat menginstal aplikasi Google Message dari Playstore secara gratis.

Aplikasi ini mendukung ponsel dengan OS android 5 (lollipop) ke atas. Untuk langkah melakukan blokir SMS penipuan adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Messages (Google Messages)
  • Apabila aplikasi ini belum default, pilih untuk menjadikannya default (utama)
  • Klik 3 titik pojok kanan atas
  • Pilih Setelan
  • Pilih Perlindungan Spam
    perlindungan spam google message
  • Klik/gulir untuk mengaktifkan perlindungan spam

Cara kerja aplikasi ini melakukan blokir SMS penipuan adalah ketika ada pesan yang ditengarai mengandung spam, aplikasi akan langsung memasukkannya pada tempat spam. Secara otomatis tanpa harus muncul pesan tersebut. Pesan dengan link yang mencurigakan akan cukup mudah terdeteksi spam.

Berbeda dengan aplikasi perpesanan bawaan merek android. Tidak dapat melakukan deteksi terhadap konten menyesatkan. Pesan akan tetap masuk di kotak masuk/inbox karena tidak memiliki mekanisme pembacaan spam. Hal ini dapat mengganggu kamu, bisa saja SMS penting tertimbum oleh pesan spam. Sehingga harus scroll kebawah untuk menemukan pesan yang dimaksud dari kontak.

Selain dapat mengatasi masalah itu, aplikasi ini akan melakukan upload statistik dari pengguna-penggunanya. Artinya, semakin lama aplikasi Google Message ini akan semakin pintar dalam mendeteksi pesan penipuan. Dengan tambahan nomor kamu dan data isi pesan tetap aman. Bahkan pesan penipuan seperti hadiah yang berbahasa Indonesia sekalipun dapat terdeteksi seperti gambar ini.

google message blokir spam

Penutup

Untuk mengakses pesan yang dicurigai spam kamu bisa mengeceknya pada 3 titik pojok kanan atas – Spam & Blokir. Setelah kamu blokir SMS penipuan atau yang terlacak sebagai spam dari sebuah nomor, maka pesan selanjutnya yang dikirim oleh nomor yang sama ini tidak akan bisa sampai ke ponsel kamu.

Dengan mendeteksi spam dan melakukan pemblokiran. Kejadian penipuan sejenis pinjaman online tidak akan dapat menimpa pengguna lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *