Berbagi URL Dengan Kode QR Chrome Mudah

  • 3 min read
  • Des 08, 2020
berbagi url dengan kode qr chrome

Pernahkah kamu ngetik link panjang dari Chrome ? Sekarang kamu bisa berbagi URL dengan kode QR Chrome. Jadi gak usah ngetik satu persatu link yang kamu buka dari Chrome untuk dibuka melalui perangkat lain.

Misalnya kamu punya URL dari droidinside yang cukup panjang. Temen kamu butuh link tersebut untuk dibuka lewat Hp nya sendiri. Kamu bisa sih berbagi link ini via Whatsapp atau aplikasi sosial media lain. Tapi kini bisa dilakukan secara cepat menggunakan kode QR yang dibuat oleh Google Chrome.

Sebagian, ada yang punya Hp dan komputer. URL ada di Chrome komputer, namun ingin ditransfer ke Hp. Sebagian pengguna yang belum berpengalaman pasti akan mengetik 1 persatu tulisan URL yang ada ke Chrome di Hp. Hal ini pasti ribet, apalagi link nya cukup panjang. Belum lagi, kamu mungkin akan sulit membedakan i besar dengan l kecil. Ini merupakan pengalaman admin juga.

Untuk itu kamu perlu tahu fitur berbagi URL dengan kode QR Chrome. Supaya tidak mengetik URL lagi secara manual dan terbebas dari kesalahan. Bagaimanakah cara mengaktifkan kode QR generator pada Google Chrome?

Mengaktifkan Berbagi URL Dengan Kode QR Chrome

Sebelum mengetahui caranya, pastikan Chrome di android kamu adalah versi 85 dan diatasnya. Cara ini sedikit mengubah pengaturan eksperimental pada aplikasi Chrome. Jangan pernah mengubah hal lain selain dari tutorial disini. Berikut cara untuk mengaktifkan kode QR generator pada Chrome.

Berbagi URL Dengan Kode QR Chrome Android

  • Buka aplikasi Chrome di android kamu
  • Ketikan pada pencarian di atas chrome://flags
  • Klik ok/enter
  • Klik bagian atas kotak pencarian (pada Search Flags)
  • Ketik QR
  • Pada menu Chrome Share QRCode
  • Klik pada Default ubah menjadi Enable
    mengaktifkan kode qr chrome berbagi link
  • Jika ada perintah untuk mulai ulang (relaunch) Chrome tekan saja

Setelah melakukan restart Chrome secara otomatis, kamu kini sudah bisa berbagi link/url melalui kode QR. Langkahnya:

  • Bukalah sebuah link atau laman web
  • Klik tiga titik pojok kanan atas
  • Tekan Bagikan…
  • Cari dan tekan pilihan Kode QR
  • Pada Tab Bagikan, link akan secara otomatis dibuat dalam bentuk Kode QR
    berbagi link dengan kode qr chrome

Jika pada android, selain berbagi dengan mengaktifkan kode QR generator pada Chrome. Kamu juga bisa melakukan Scanning pada Tab Pindai untuk membaca Kode QR berupa Link.

Selain dapat membaca QR Code buatan aplikasi Chrome sendiri, pemindaian juga bisa digunakan untuk model QR yang lain. Karena bentuk QR buatan Chrome bertitik kecil-kecil. Yang lain ada yang menggunakan model kotak dot hitam yang cukup besar. Keunikan kode QR milik Chrome ini dibagian tengahnya ada gambar Dinosaurus khas saat koneksi internet sedang tidak tersedia. Bisa disebut dengan Dyno QR Code Google Chrome.

Berbagi URL Dengan Kode QR Chrome Komputer

Di PC/komputer kamu bisa mengaktifkan kode QR generator pada Chrome dengan langkah yang sama dengan android. Syarat untuk menikmati fitur ini adalah versi Chrome komputer kamu adalah 86 dan diatasnya. Setelah di aktifkan, klik kanan pada sebuah laman web. Pilih Create QR Code For This Page.

kode qr url di chrome PC

Berbeda dengan android, pada Chrome komputer kamu tidak bisa memindai. Hanya dapat melakukan pembuatan kode QR, namun secara langsung bisa mengubah URL untuk pembuatan QR nya. Sehingga apabila kamu ingin memindahkan sebuah link dari komputer ke android cukup mudah. Tinggal pindai saja dan Chrome akan langsung membuka URL hasil pemindaian.

Penutup

Hasil kode QR yang dibuat oleh Chrome bisa juga di scan oleh aplikasi pemindai bawaan android. Ini mungkin sebuah kelebihan berbagi URL dengan kode QR Chrome. Saat dicoba di ponsel Xiaomi admin, proses pembacaan QR sedikit lebih lama dari biasanya. Kelemahan pada Chrome ini tidak dilengkapi untuk melakukan pemindaian file gambar yang ada kode QR nya.

Fitur berbagi URL dengan kode QR Chrome merupakan sebuah hal baru dari Chrome. Dimana bersamaan dengan kemunculan Tab grup yang dapat memudahkan kegiatan kamu menggunakan Chrome. Dapat dimungkinkan, fitur kode QR generator pada Chrome akan menjadi default pada pembaruan selanjutnya. Tanpa harus mengotak atik Flags. Terakhir, untuk jumlah karakter link maksimal di android adalah 122 dan 250 untuk Chrome pada komputer. Melebihi itu,Chrome tidak dapat membuat kode QR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *