Mudah Bekerja Dengan Tempat Sampah Xiaomi | Droidinside

Mudah Bekerja Dengan Tempat Sampah Xiaomi

  • 3 min read
  • Okt 11, 2020
tempat sampah xiaomi

Salah satu penyebab memori internal penuh adalah tempat sampah Xiaomi. Lho ada apa dengan tempat sampah Xiaomi ini?

Penyimpanan File Sebelum Dihapus Permanen Di Xiaomi

Folder Tempat Sampah

Seperti layaknya jika kamu menggunakan komputer Windows, ada sebuah folder tersendiri yang bernama Recycle Bin. Sebuah tempat dimana sistem meletakkan file yang sudah dihapus pengguna sebelum nantinya dibuang secara permanen.

Ini mirip dengan tempat sampah Xiaomi dan juga tempat sampah pada Samsung. File yang terhapus tidak akan langsung hilang, namun ditampung dulu dalam sebuah tempat.

Fitur ini disematkan pada Android 10. Beberapa ponsel mungkin belum update Android 10 sudah memiliki folder ini. Tergantung pada antarmuka yang dimiliki sebuah merek Hp.

Samsung memiliki 2 tempat ini pada Galeri dan file manager. Berbeda dengan tempat sampah Xiaomi hanya ada 1 di Galeri. Meskipun hanya 1, namun kamu bisa menemukannya di 2 tempat yaitu pada Galeri dan File Manager.

Fungsi Tempat Sampah

Pada penyimpanan sampah milik Xiaomi, kamu hanya bisa menampung file dari Galeri. File seperti foto, Video, Gif dan gambar lainnya yang kamu hapus dari Galeri akan masuk ke penyimpanan sampah.

Hal ini bertujuan agar kamu tidak bingung saat gambar yang tampil di Galeri tidak sengaja terhapus. Fitur ini dapat dengan mudah mengembalikan foto atau video.

Lama penyimpanan file sampah adalah 30 hari sebelum dihapus. Ini merupakan waktu yang cukup panjang sebelum benar-benar hilang. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk memilah mana saja foto yang seharusnya dihapus atau disimpan.

Masalah Tempat Sampah

Karena ada pengguna Xiaomi yang tidak mengerti folder tempat sampah ini, bisa berujung pada masalah penyimpanan. Seringkali, penyimpanan memori internal memiliki banyak file lainnya yang entah tidak bisa dihapus membuat memori penuh.

Sistem yang dimiliki Xiaomi dengan MIUI 11 keatas dengan sistem operasi Android 10 menghandle file yang dihapus. File dihapus dari Galeri akan diubah menjadi file yang tidak memiliki ekstensi dalam penyimpanan internal dan dimasukkan ke folder Trash Bin.

Sehingga file foto/video yang terhapus dari Galeri tidak hilang, dan masih ada. Padahal pengguna merasa sudah menghapusnya. Lalu bagaimana cara menghapus file di tempat sampah Xiaomi ?

Menghapus File Sampah Xiaomi Dan Memulihkannya

Untuk mengatasi ruang penyimpanan penuh karena file di tempat sampah, kamu bisa menghapusnya melalui 2 cara dibawah ini. Untuk memulihkan file terhapus, kamu hanya bisa melalui Galeri.

Hapus Dari Galeri

  • Buka Galeri
  • Klik 3 titik pojok kanan atas
  • Pilih Setelan
  • Geser ke bawah pilih Tempat Sampah
    menampilkan tempat sampah xiaomi

Untuk menghapus semua file sampah Galeri secara permanen kamu bisa klik pojok kanan atas tombol bak sampah kemudian klik Ok.

menghapus file sampah xiaomi

Untuk menghapus sebagian, kamu bisa tekan dan tahan satu file untuk menandai kemudian klik Hapus di bagian bawah.

Untuk memulihkan file atau mengembalikannya ke Galeri kamu, tandai foto/video tersebut dengan tekan dan tahan. Klik Pulihkan pada bagian bawah.

Hapus Dari File Manager

Karena file ini masuk ke file tersembunyi oleh sistem, maka kamu harus menampilkan berkas tersembunyi terlebih dahulu dengan cara:

  • Buka File Manager dari menu utama
  • Tekan 3 garis pojok kiri atas
  • Pilih Setelan
  • Gulir untuk menghidupkan Tampil Berkas Tersembunyi

Selanjutnya, untuk menghapus semua file sampah dari Galeri melalui File Manager adalah:

  • Buka File Manager
  • Tekan tombol folder pada bagian atas (Penyimpanan bersama internal)
  • Pilih MIUI
  • Pilih Gallery
  • Pilih Cloud
  • Pilih .trashBin
  • Tandai semua dan Hapus
    file sampah galeri xiaomi

Kamu tidak bisa memulihkan file sampah Galeri dari File Manager. Hanya bisa menghapusnya lebih mudah dan cepat. Jika daftar file dibuka sebagai gambar pada folder tersebut, kamu akan menemukan file ini sama di tempat sampah di Galeri.

Penutup

Itulah cara mengetahui dan membersihkan file di tempat sampah Xiaomi. Hal ini bisa melegakan memori internal kamu.

Informasi penting lainnya adalah folder sampah Xiaomi merupakan Default dan tidak bisa di utak atik. Jadi kamu tidak bisa mematikan fitur ini. Setiap kamu menghapus file di Galeri secara otomatis tersimpan pada tempat sampah. Dan secara otomatis terhapus 30 hari setelahnya.

Sungguh merepotkan sekali ya, harus rajin cek tempat sampah Xiaomi.

Tinggalkan Komentar!