Cara Atasi Redmi Note 9 Pro Terlalu Panas | Droidinside

Cara Atasi Redmi Note 9 Pro Terlalu Panas

  • 3 min read
  • Okt 19, 2020
redmi note 9 pro terlalu panas

Beberapa user mengalami masalah ini, dimungkinkan banyak hal yang menjadi penyebab utama nya. Apakah kamu sebagai pengguna Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro mengalami hal ini juga ?

Redmi Note 9 Pro Terlalu Panas

Seri Xiaomi Redmi ke 9 ini merupakan ponsel yang digadang-gadang sebagai jawara. Dapat dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan berbanding dengan harganya. Dengan harga murah kamu bisa mendapatkan spesifikasi yang bahkan mumpuni untuk ponsel sekelas pada merek lain.

Namun tagline tersebut tidak bisa digunakan sebagai patokan. Meskipun juara, kita tidak bisa lepas dari berbagai masalah yang menimpa pada sebuah merek. Bisa saja karena proses produksi yang mengalami kecacatan, atau mungkin bisa disebabkan oleh pengguna yang menggunakan ponsel diluar batas wajar.

redmi note 9 terlalu panas

Soalnya Redmi Note 9 biasa menggunakan prosesor Mediatek. Dapur pacu yang banyak dibicarakan orang katanya panas ini, mungkin ada benarnya. Namun, versi Pro menggunakan proci Snapdragon bahkan bisa terserang panas ini.

Penyebab Redmi Note 9 Pro Terlalu Panas dan Cara Mengatasi

Seperti masalah Redmi Note 9 Pro yang kameranya berdebu. Ini mungkin bisa dikatakan murni kesalahan dari pabrik. Selanjutnya ada masalah Redmi Note 9 Pro terlalu panas bisa menyerang pengguna.

Saat bermain game, dengan jangka waktu tertentu tiba-tiba saja muncul notifikasi di layar Note 9 biasa maupun yang Pro . Notifikasi yang keluar menutup layar pada saat bermain game dengan lengkap tertulis “Terlalu Panas. Perangkat Anda terlalu panas. Data seluler, hotspot Wi-Fi, GPS, dan kamera akan dibatasi “.

Notifikasi ponsel terlalu panas ini biasanya sering muncul pada saat bermain game yang cukup berat untuk game Offline dan beberapa game Online menengah sampai game yang cukup berat. Notifikasi ini muncul karena seri Redmi Note ke 9 ini memiliki sensor suhu. Artinya sebenarnya malah bagus kalau sensor bekerja dan memberikan notifikasi sistem.

Banyak faktor lain yang menyebabkan terjadinya suhu yang cukup tinggi. Kamu bisa menyimak sekaligus solusi yang bisa kamu terapkan, diantaranya:

Bermain Game Pada Suhu Lingkungan Sekitar Panas/Terpapar Matahari Langsung

Suhu lingkungan sekitar biasanya akan mempengaruhi suhu ponsel juga. Bermain game pada suhu ruangan ber-AC biasanya merupakan solusi untuk mengatasi hal ini. Namun bagi yang tidak memiliki ruangan dengan pendingin, bisa diatasi dengan bermain game pada malam hari.

Notifikasi Redmi Note 9 Pro terlalu panas bisa muncul jika kamu bermain game di tempat terbuka di perkotaan yang suhunya panas. Atau langsung terpapar matahari siang hari dapat meningkatkan suhu ponsel dengan cepat.

Tidak Menutup Aplikasi Lain Selain Game

Hal ini yang biasanya menyebabkan ponsel memakan RAM ekstra untuk menjaga aplikasi di latar belakang atau aplikasi yang di minimize bisa dibuka kembali saat dibutuhkan.

penyebab redmi note 9 pro terlalu panas

Pastikan kamu menutup aplikasi lain agar ponsel bisa fokus dalam menghandel game. Kelebihan muatan penggunaan aplikasi inilah yang menyebabkan seluruh sistem ponsel menjadi panas.

Setelan Grafis Game Yang Terlalu Tinggi

Jangan terlalu bangga dan berbagi screenshot bahwa ponsel Redmi kamu bisa memainkan game dengan grafis tinggi sampai ultra. Hal ini memaksa ponsel untuk menghasilkan grafis yang baik padahal spesifikasi ponsel pas atau mungkin bisa tapi maksa. Maka dari itu kamu perlu mengetahui setelan yang pas untuk ponsel kamu.

Saat bermain game, seluruh fungsi ponsel dan sistem bekerja untuk menciptakan pengalaman bermain game yang baik untuk pengguna. Setelan yang pas terkait grafis akan membuat ponsel lebih stabil performanya, dibanding grafis tinggi tapi memaksa performa.

Kondisi Sinyal Yang Kurang Bagus

Ponsel akan memanas jika sinyal kurang bagus. Ponsel bekerja lebih keras menerima mencari sinyal. Semakin sulit, semakin keras sehingga menyebabkan suhu meningkat. Ditambah lagi ponsel harus bekerja untuk menghandel tugas bermain game yang cukup berat.

Hal ini mungkin mutlak sebagai penyebab suhu ponsel bisa menjadi terlalu panas. Lebih baik gunakan koneksi Wifi dan setel ke mode pesawat. Hal ini bisa dijadikan solusi untuk kamu untuk atasi Redmi Note 9 Pro terlalu panas.

Bermain game offline dengan emulator yang tidak disetel frame nya

Masalah Redmi Note 9 Pro terlalu panas bisa muncul juga bagi kamu yang bermain game offline dengan emulator. Emulator akan menunjukkan frame per second (FPS) atau lancarnya saat bermain. Biasanya pengguna tidak menyetel pengaturan ini.

Sehingga bermain bisa sampai 60 Fps bahkan lebih. Permainan game sangat lancar dan cukup bagus. Namun ini akan berdampak pada performa ponsel yang dipaksa dan dapat menyebabkan panas. Ubahlah ukuran FPS dibawah 60 sehingga ponsel bisa lebih stabil memproses game.

Tinggalkan Komentar!