Mudah Atasi Hotspot Windows 10 Tidak Terbaca Android | Droidinside

Mudah Atasi Hotspot Windows 10 Tidak Terbaca Android

  • 3 min read
  • Mar 22, 2020
Hotspot windows 10 tidak terbaca android

Droidinside – Hotspot windows 10 tidak terbaca android. Mengapa hotspot tidak terbaca android? dan apa saja cara mengatasinya?

Hotspot Windows 10

Tethering atau hotspot windows merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan kamu berbagi koneksi internet dengan perangkat lain. Umumnya hotspot sekarang banyak dijumpai pada ponsel android. Menyalakan hotspot artinya adalah mengaktifkan hardware wireless nirkabel untuk membuat jaringan nirkabel sehingga dapat digunakan oleh perangkat lain.

Hotspot yang telah dibuat kemudian akan dikenali perangkat lain sebagai jaringan Wifi. Jika kamu mengaktifkan hotspot di android kamu, artinya kamu berbagi koneksi internet pada perangkat lain.

Namun, selain hotspot dapat dibuat oleh perangkat android, pada perangkat komputer dapat juga melakukan pembuatan jaringan hotspot. Tentunya, dengan perangkat penunjang seperti hardware dan software dalam perangkat komputer

Perangkat komputer yang menggunakan sistem operasi windows, dimulai dari windows 7 dapat menciptakan koneksi wifi. Hardware pada komputer dapat berbagi koneksi internet melalui jaringan wifi. Sehingga bisa kamu pakai juga di android kamu.

Hotspot Windows 10 dan kegunaannya

Misalnya kamu ke Wifi Id terdekat di kota kamu, lalu kamu membeli voucher untuk digunakan pada laptop yang kamu bawa. Dengan fitur hotspot yang dimiliki oleh komputer/laptop, kamu gak perlu repot-repot membeli 2 voucher yang salah satunya untuk android kamu dan salah dua nya untuk laptop kamu. Hotspot pada komputer membantu kamu memaksimalkan 1 voucher internet untuk beberapa perangkat.

Pada windows 7, 8, dan 8.1, pembuatan hotspot biasanya menggunakan aplikasi pihak ke 3. Namun pada windows 10, kamu akan menemukan bahwa hotspot dapat dibuat tanpa bantuan aplikasi pihak ke 3. Dengan model laptop yang lebih baru, keluaran diatas 2016 pasti sudah support hotspot tanpa tambahan aplikasi.

Pada windows 10 versi 1809 milik admin bisa membuat hotspot meskipun tidak menginstal aplikasi hotspot. Namun, hotspot dapat dibuat ketika laptop tersebut sudah nyambung dengan wifi atau lan. Jika laptop sedang tidak ada koneksi apapun, maka windows tidak mau membuat hotspot.

Pada bagian bawah sebelah kanan ketika kamu membuka daftar Wifi akan ada pilihan Mobile Hotspot. Saat kamu klik disitu, maka windows 10 akan membuat hotspot. Jika hotspot sudah dibuat, maka akan muncul disitu nama hotspotnya. Klik kanan dan pilih Go to setting untuk mengganti nama dan password hotspot.

mobile hotspot windows 10 tidak muncul

Hotspot Windows 10 Tidak Terbaca Android

Sedih sekali jika pembuatan hotspot pada laptop telah berhasil tetapi tidak dapat terdeteksi oleh android kita. Hotspot telah dibuat, namun tidak muncul pada daftar wifi di android kita. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Pengaturan umum yang belum dimodifikasi pada perangkat hotspot pada windows 10 adalah menggunakan pita band dengan infrastruktur wifi 5ghz. Bagi kamu yang pertama kali membuat koneksi hotspot menggunakan laptop windows 10, maka hotspot yang dibuat adalah jaringan wifi 5ghz. Apa itu wifi 5ghz, admin jelaskan di sini.

Cara atasi hotspot Hotspot Windows 10 Tidak Terbaca Android

mobile hotspot windows 10 tidak muncul

Kamu perlu merubah pengaturan pada adapter wifi windows 10 kamu, dengan cara:

  1. Klik icon wifi
  2. Klik Network and Internet Setting yang ada di bagian bawah daftar wifi
  3. Pada menu Change your network setting, pilih Change Adapter Options
  4. Klik kanan pada perangkat wifi kamu. Pilih Properties
  5. Di bawah nama perangkat wifi, klik Configure
  6. Pilih tab Advanced
  7. Pada pilihan Property, klik Preferred Band
  8. Di sebelah kanan pada Value, klik Prefer 2,4 GHz Band
  9. Klik Ok. Maka adapter wifi laptop kamu akan otomatis merestart. Jika kamu tadinya konek ke wifi, atau lan, maka akan terkoneksi kembali.
  10. Aktifkan Hotspot lagi seperti cara diatas admin beritahukan. Maka hotspot kamu akan terdeteksi

 

Mengapa Hotspot Windows 10 Tidak Terbaca Android

Alasan hotspot windows 10 tidak terbaca adalah karena pengaturan awal adapter wifi laptop kamu adalah No Configuration. Meskipun tulisannya tidak terkonfigurasi, namun sebenarnya pita band yang digunakan laptop kamu adalah wifi 5 GHz.

Ternyata ponsel kamu belum support Wifi 5 GHz, sehingga hotspot tidak terbaca. Untuk itu perlu diubah dulu ap band perangkat wifi laptop menjadi 2,4 GHz. Biasanya hal ini terjadi pada ponsel menengah kebawah, karena belum mendukung jaringan itu. Kalau ternyata android kamu sudah support Wifi 5 GHz, maka secara otomatis ponsel kamu akan mendeteksi hotspot yang dibuat windows 10 tanpa harus mengatur adapter wifi.

Sekian cara mengatasi hotspot windows 10 tidak terbaca android. Jika memang hotspot windows 10 belum kedetek juga, berarti ada yang salah dengan adapter wifi, maupun windows 10 di komputer kamu.

Tinggalkan Komentar!