Aplikasi Yang Harus Dihapus Di Android

  • 3 min read
  • Jul 12, 2021
aplikasi yang harus dihapus di android

Aplikasi yang harus dihapus di android menurut Droidinside terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Karena secara umum android makin kesini, makin baru, makin ketat dalam hal keamanan. Artinya dahulu mungkin kita akan menemukan aplikasi-aplikasi tertentu yang memang harus dihapus.

Namun sekarang untuk pengguna ponsel android biasa cenderung lebih dimudahkan. Karena aplikasi yang kurang berguna dan malah membahayakan ponsel setidaknya sangat berkurang banyak sejak versi Android telah sampai ke generasi ke 10 (Q). Namun, kamu juga harus tetap mengetahui berbagai jenis aplikasi yang harus dihapus di android agar ponsel tetap aman dan tidak terjangkit malware yang biasanya ditunjukkan dengan banyak iklan muncul tiba-tiba.

Mengetahui Aplikasi Yang Harus Dihapus Di Android

Kalau di ponsel jadul setidaknya keluaran dibawah tahun 2016, kita akan menemukan banyak aplikasi yang terpasang secara otomatis ketika kita membelinya. Beberapa aplikasi sengaja dipasang oleh pihak penjual (Konter) sebagai paket dalam penjualan ponsel.

Seringkali aplikasi tersebut memang sengaja ditambahkan. Namun ada yang tidak berguna dan cenderung menimbulkan masalah baru seperti iklan. Berikut ini beberapa jenis aplikasi yang harus kamu hapus di ponsel pintar kamu.

1. Aplikasi Tidak Memiliki Nama Dan Mencurigakan

Aplikasi yang harus dihapus di android pertama, kamu bisa cek di Pengaturan ponsel android kamu, tepatnya di pengaturan aplikasi. Cek seluruh aplikasi yang terinstal lalu hapus. Khususnya yang memiliki ciri-ciri tanpa ikon dan tanpa nama. Seperti contoh dibawah ini, pada ponsel Samsung terdapat sebuah aplikasi yang gak punya identitas.

hapus aplikasi penyebab iklan samsung
Aplikasi yang mencurigakan tersebut dinilai menjadikan ponsel memiliki iklan yang muncul dari mana saja. Biasanya bentuk Pop-Up yang memenuhi layar dan bahkan sangat sulit ditutup. Nggak cuma itu saja, aplikasi ini bisa mencuri data bahkan mengambil alih kode otp yang ada di SMS.

2. Pembersih RAM

Untuk kamu yang udah pake ponsel android keluaran tahun 2018 keatas, nggak perlu lagi menggunakan aplikasi pembersih RAM. Biasanya aplikasi ini muncul di iklan lalu kamu menginstalnya mungkin secara tidak sengaja. Ponsel keluaran terbaru sudah memiliki fitur bawaan sehingga gak perlu lagi menggunakan dari pihak ketiga.

Untuk membersihkan RAM caranya cukup mudah. Cukup klik tombol Recent Apps, lalu tutup semua aplikasi yang terbuka sampai bersih. Biasanya juga ada tombol untuk melegakan RAM pada menu tersebut.

Aplikasi yang harus dihapus di android salah satunya adalah pembersih RAM. Memang fungsinya hanya membersihkan, namun seringkali akan ada iklan muncul setelah selesai digunakan. Jika salah klik, biasanya bisa tidak sengaja instalasi aplikasi lain atau mengunduh file berbahaya. Biasanya sih ada embel-embel RAM Booster, Cleaner, Speed Up dan bla-bla lainnya yang bisa dihapus/uninstal dari pengaturan aplikasi.

3. Penghemat Baterai

Ponsel kamu yang udah versi android 8 keatas sudah punya fitur penghemat daya sendiri. Jadi gak perlu menambahkan aplikasi lagi biar ponsel awet. Biasanya penghemat ini dapat diaktifkan melalui akses cepat dari mengusap layar ke bawah di antara ikon-ikon mengaktifkan data seluler, wifi dan lain-lain.

Kalau kedapatan aplikasi ini, biasanya sih akan mengandung iklan. Pencurian data jadi hal yang biasa dilakukan oleh aplikasi semacam ini.

4. Aplikasi Yang Diinstal Dari Luar Play Store

Untuk menjaga keamanan, aplikasi yang harus dihapus di android salah satunya di instal dari sumber selain Play Store. Karena aplikasi dari tempat ini sudah terjamin keamanannya. Bebas dari virus meskipun ada iklannya di dalam aplikasi yang gratis.

Aplikasi sejenis MOD baik itu untuk game atau aplikasi tertentu seringkali kita unduh dari Google misalnya (luar). Ini meningkatkan kerawanan sistem jika sembarangan diinstal. Pastikan hanya menginstal aplikasi dari sumber terpercaya. Kita juga perlu cek di Google apakah sebuah aplikasi aman atau tidak untuk dipasang di ponsel.

Aplikasi yang dulunya ada di Play Store namun sekarang menjadi tidak ada juga karena perkembangan teknologi keamanan. Kalau sudah hilang dari Play Store, kemungkinan aplikasi bisa dengan mudah dibajak atau memiliki sisi keamanan yang buruk.

5. Aplikasi Yang Memunculkan Iklan Pop-Up

Apakah kamu pernah merasakan setelah instal sebuah aplikasi, tiba-tiba muncul iklan di layar secara penuh ? Aplikasi terakhir diinstal dan menambah masalah inilah yang merupakan aplikasi yang harus dihapus di android. Selain mengganggu, iklan yang muncul berpotensi untuk tidak sengaja di klik lalu menuju halaman unduhan aplikasi berbahaya.

Penutup

Jika ponsel kamu udah tergolong baru, versi Android 9 keatas atau keluaran diatas tahun 2019. Sebaiknya gak perlu instalasi aplikasi aneh-aneh seperti pembersih RAM, penghemat Baterai, pembersih Cache. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi bawaan yang memiliki fungsi tersebut secara mudah. Sehingga gak perlu lagi instalasi aplikasi yang harus dihapus di android.

Beberapa brand ponsel dibawah ini dan fungsi aplikasi yang dapat membantu memaksimalkan kinerja ponsel kamu. Tanpa harus instal seperti diatas, antara lain:

  • Xiaomi memiliki Keamanan
  • Oppo dengan Manajer Telepon
  • Vivo punya iManager
  • Samsung dengan Perawatan Perangkat
  • Realme dengan Manajer Telepon (Pembersih)
  • Infinix dengan Phone Master
  • Untuk Android One/Pure bisa menggunakan fitur Kosongkan Ruang di Pengaturan. Dan memang tidak ada pembersih RAM karena memang kurang berguna untuk sistem Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *