Aplikasi Schoology Review Penghubung Pengajar Dengan Siswa | Droidinside

Aplikasi Schoology Review Penghubung Pengajar dengan Siswa

  • 3 min read
  • Mar 02, 2020
Aplikasi Schoology Review

Droidinside – Review Aplikasi Schoology sebagai aplikasi daring yang menghubungkan antara pengajar dengan siswanya.

Perkembangan teknologi tidak bisa kita bendung, kita harus ikut dalam arusnya. Perkembangan teknologi memberikan dampak yang positif maupun negatif. Jika kita tidak maka kita akan tertinggal. Segala sesuatu berkembang dari yang sifatnya analog menjadi digital, dari yang manual ke otomatis.

Begitu juga dalam dunia pendidikan, mengalami perkembangan. Contohnya, jika dulu seorang siswa belajar dengan hanya mendengarkan guru menerangkan materi di depan kelas, sekarang siswa diharuskan mencari referensi sendiri. Materi yang didapat kemudian didiskusikan bersama dengan guru sebagai bahan belajar bersama dan tujuan keaktifan siswa.

Sekilas Aplikasi Schoology

Aplikasi Schoology adalah sebuah aplikasi untuk belajar sekaligus bersosial media. Agar interaksi dalam pembelajaran siswa lebih interaktif dan mudah, Aplikasi Schoology hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Aplikasi ini mungkin sudah banyak digunakan pada kalangan yang luas dari mulai siswa SMP sampai dengan mahasiswa yang kuliah di Universitas. Apa saja fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini? Admin berikan informasinya di bawah ini.

Review Aplikasi Schoology

Aplikasi Schoology yang di review oleh admin sampai saat artikel ini diterbitkan memiliki ukuran 21-an Mb. Umumnya aplikasi ini memiliki tampilan layaknya sosial media seperti facebook. Aplikasi ini tidak berat, sangat ringan apabila dijalankan pada ponsel dengan RAM 3 Gb. Dengan konsep yang dibawa oleh LMS (Learning Management System) ini, maka kita tetap dapat belajar sambil berinteraksi sosial.

Akun harus dibuat untuk menggunakan aplikasi ini. Pihak sekolah biasanya akan membuat grub kelas, maupun grub sekolah atau fakultas yang kemudian bagi siswa maupun pengajar harus membuat akun untuk masuk kedalamnya. Begitupun apabila dosen/guru ingin membuat kelas untuk mata pelajaran yang dia miliki, guru tersebut harus membuatnya.

Salah satu kampus besar di surakarta yang menggunakan aplikasi ini adalah kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta. Schoology digunakan tampaknya bersamaan dengan fungsinya yang seperti sosial media. Dapat kalian lihat dibagian bawah nanti beberapa fungsi aplikasi ini.

Pastikan kalian sudah memiliki akun dan terhubung dengan Kelas Schoology yang dibuat oleh sekolah maupun institusi pendidikan terkait. Atau kalian dapat menyimak informasi Aplikasi Schoology ini. Admin menggunakan akun dalam Schooogy sebagai pengajar/ dosen.

Berfungsi sebagai aplikasi belajar sekaligus sosial media, aplikasi ini memiliki bentuk tampilan awal seperti dibawah ini. Setiap orang dapat membuat sebuah status di dalamnya, yang fungsinya bisa sebagai pengingat dalam pembelajaran atau mengemukakan pendapat.

Aplikasi Schoology Review

 

Untuk aktifitas, dibagian pojok kanan atas terdapat beberapa fitur diantaranya adalah update, assignment, discussion, dan event. Fungsi update dapat digunakan untuk membuat status yang dapat dikirim ke grub kelas atau grub institusi sekolah.

aplikasi schoology adalahTombol tambah sebelah pojok atas kanan pada aplikasi Schoology digunakan untuk menambahkan sesuatu. Seperti menambahkan item event/peristiwa, menambahkan item tugas dan item diskusi dimana hal ini adalah yang sering digunakan dalam dunia perkualiahan.

 

 

 

schoology apk

Aktifitas Assignment merupakan bagian yang digunakan untuk membuat tugas kepada siswa. Dalam hal ini, admin menggunakan aplikasi sebagai Pengajar/ Dosen. Sehingga tampilan dibawah ini merupakan tampilan sebagai pengajar.

Secara umum, bagian panel kiri aplikasi Schoology berisi beberapa item berisi aktifitas, kelas, grup, grades/rangking dan resources (materi) serta kalender. Kalender menunjukkan waktu tanggal dimana terdapat event maupun tugas yang diberikan. Tugas yang diberikan bisa diatur untuk memiliki masa tenggang batas pengumpulan.

schoology app

Setting untuk mengatur beberapa hal yang berkaitan dengan notifikasi aplikasi berupa getaran, suara dan lampu led.

schoology lms

Ketika toggle atau menu sebelah kiri dibuka, dibagian atas kalian dapat menemukan pesan, tambah teman dan notifikasi. Fitur penting dalam aplikasi Schoology ini adalah Pesan, digunakan untuk berkirim informasi secara pribadi antar siswa dan pengajar.

schoology untuk dosen dan siswa

 

Notifikasi juga tidak kalah penting, ketika siswa yang mengumpulkan tugas atau menghadiri event yang dibuat oleh pengajar merespon hal tersebut. Notifikasi penting untuk melihat aktifitas yang direspon berkaitan dengan waktu/deadline nya.

 

Penutup

Demikianlah review aplikasi schoology yang kami sajikan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mencari materi yang diberikan pengajar/ guru. Untuk kalian yang memiliki anak kecil, takita bisa kalian gunakan untuk bersosial media seperti layaknya Schoology.

Sekian dan terima kasih.

Post Terkait :

Tinggalkan Komentar!