5 Aplikasi Scanner Android Terbaik | Droidinside

5 Aplikasi Scanner Android Terbaik

  • 3 min read
  • Sep 06, 2020
aplikasi scanner android terbaik

Aplikasi scanner android terbaik bisa kamu coba untuk mempermudah kamu dalam memindai dokumen tercetak menjadi digital dalam file. Seperti yang kita tahu, penggunaan dari alat scanner untuk melakukan proses scanning suatu file maupun gambar sangat diperlukan. Dengan menggunakan scanner kamu bisa membuat file print out kedalam bentuk digital kembali, hal ini biasanya digunakan untuk file-file yang digunakan untuk memenuhi persayaratan dokumen.

Sayangnya alat ini memiliki harga yang tentunya tidak murah, sehingga tidak semua orang memilikinya. Namun dengan berkembangnya teknologi, kini kamu sudah bisa melakukan proses scanning menggunakan smartphone android kamu. Dengan begitu tentunya kamu tidak perlu repot lagi dalam melakukan kegiatan scanning karena bisa dengan mudah kamu lakukan menggunakan android kamu.

Aplikasi Scanner Android Terbaik

Sebelum kamu mengetahui beberapa rekomendasi aplikasi untuk memindai sebuah dokumen kedalam android. Kamu perlu mengetahui sebenarnya bagaimana sih cara kerja scanner?

Menurut beberapa literatur yang admin dapatkan dan coba simpulkan. Cara kerja Scanner seperti biasa kita temukan di kantor atau tempat printing adalah dengan menyinari dokumen/objek bersamaan dengan digitasi. Proses digitasi adalah mengubah objek analog berupa hardfile/dokumen menjadi digital berupa software. Pantulan cahaya dari objek kemudian diterima oleh elemen potosensitif berupa lensa atau kaca.

Jika dilihat dari aplikasi Scanner Android, menggunakan lensa kamera kemudian hasil foto diubah sedemikian rupa menyerupai hasil scan/pemindaian. Jadi hasil scan menggunakan android sangat bergantung dengan kualitas jepretan kamera dan cara pemotretan yang sesuai. Untuk hasil yang lebih baik, biasanya android akan ditahan menggunakan tripod karena menggunakan tangan bisa goyang. Berikut aplikasi Scanner android terbaik:

Scanner Bawaan Android

Dengan aplikasi bawaan, kamu tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi pihak ketiga. Soalnya pada beberapa ponsel android seperti brand Xiaomi, Samsung, dan Sony telah menyematkan aplikasi scan android. Ada juga brand yang membuat aplikasi ini menyatu dengan fungsi kamera. Berbeda dengan Scanner milik Realme yang berbeda dengan android yang lainnya (akan dibahas pada artikel lain).

CamScanner

Aplikasi scanner android terbaik yang bisa kamu pilih yakni CamScanner. Dengan aplikasi ini kamu bisa dengan mudah melakukan proses scanning cukup dengan memfoto dokumen yang ingin kamu scann, aplikasi ini akan secara otomatis melakukan proses pemotongan yang juga bisa kamu sesuaikan apabila kurang sesuai.

Tidak hanya itu filter scanner yang diberikan juga bisa kamu pilih agar membuat dokumen tersebut menjadi lebih jelas lagi. Terdapat banyak format yang bisa kamu pilih untuk dokumen yang kamu scan sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk mengkonversi file yang kamu scan.

Office Lens

Aplikasi scanner android berikutnya yakni Office lens. Fitur yang diperlukan dalam proses scanning  seperti trims, enhances, dan fitur lainnya bisa kamu temukan pada aplikasi ini. Tampilannya yang simpel membuat aplikasi ini nyaman dan mudah untuk digunakan untuk melakukan proses scanning. Kamu juga bisa menyimpan hasil scan dalam bentuk pdf, word, powerpoint, gambar dan lainnya yang juga bisa kamu simpan pada OneNote dan juga OneDrive.

Tiny Scanner – PDF Scanner App

Sesuai dengan namanya kelebihan dari aplikasi scanner android satu ini yakni size nya yang kecil sehingga tidak membebani penyimpanan android. Dengan size yang kecil ini kamu tetap bisa mendapatkan hasil yang bagus dalam proses scanning sehingga bisa menjadi solusi bagi kamu yang smartphone android nya sudah mulai penuh.

Genius Scan – PDF Scanner

Bagi kamu yang ingin melakukan scanning, terlebih lagi ketika dokumen yang ingin kamu scan ada banyak tentunya akan direpotkan ketika aplikasi scanner android tidak memiliki fitur untuk scan banyak dokumen. Dengan genius scan ini kamu bisa scan banyak dokumen dan menjadikannya satu dengan mudah, sehingga kamu tidak perlu repot lagi untuk insert dan mengurutkan file scan.

Itulah beberapa aplikasi scanner android terbaik yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan yang kamu perlukan. Dengan scanner android diatas kamu tidak perlu lagi repot melakukan proses scanning atau editing bahkan konversi, karena kamu sudah mendapatkan paket lengkap itu pada aplikasi scanner android.

Tinggalkan Komentar!