5 Aplikasi Pengingat Kegiatan Tips Tingkatkan Produktivitas

  • 3 min read
  • Feb 20, 2021
aplikasi pengingat kegiatan

Untuk membantu kelancaran pekerjaan harianmu, aplikasi pengingat kegiatan cukup penting terinstal di ponsel pintar. Sebagai piranti untuk mengingat-ingat berbagai kegiatan baik itu acara rapat atau sekedar menelpon seseorang. Aplikasi-aplikasi ini dapat meningkatkan produktivitas dan menyelesaikan berbagai hal tepat waktunya.

Salah satu hal paling penting dalam pekerjaan adalah mengingat dan mengerjakan berbagai hal tepat waktu. Hal ini juga yang akan mempermudah kamu mengatur kapan saja waktunya untuk bekerja dengan menyelesaikan sesuatu atau waktu untuk menikmati liburan akhir pekan.

Tidak hanya pekerjaan, pelajar atau mahasiswa sekalipun dapat mengalami lupa terkait tugas yang harus dikerjakan esok hari. Belum lagi berurusan dengan deadline laporan atau tulisan yang harus segera diselesaikan.

Aplikasi Pengingat Kegiatan Untuk Produktivitas

Droidinside memberikan beberapa peralatan berupa aplikasi yang bisa membantu mengatur berbagai hal yang akan dilakukan. Sudah pasti untuk urutan pertama kamu tidak perlu instal aplikasi dahulu, jadi lebih simpel dan memanfaatkan apa yang ada. Selanjutnya barulah beberapa aplikasi-aplikasi yang bisa kamu dapatkan di Play Store untuk pilihan yang lebih lengkap.

aplikasi to do list pengingat

 

1. Gunakan Aplikasi Kalender Bawaan Android

Tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi pihak ketiga. Alih-alih untuk memanfaatkan apa yang ada, kamu bisa gunakan aplikasi pengingat kegiatan dari kalender bawaan ponsel pintar kamu.

Mulailah membuka aplikasi kalender yang ada pada ponsel kamu. Tentukan tanggal atau hari dimana segala sesuatu harus kamu kerjakan. Ketuk pada tanggal kemudian tentukan acara yang sesuai. Bisa sebuah acara biasa, ulang tahun, peringatan maupun hitungan mundur. Karena kalender bawaan ini sudah pasti ada di seluruh ponsel android, maka tidak perlu bingung memilih aplikasi lain.

Kalender juga bisa memberikan rincian kapan waktu mulai, berapa lama waktunya, dan kamu bisa mengatur pengingat untuk kegiatan ini. Pengingat dari berapa jam sebelum acara hingga beberapa menit. Tambahkan juga deskripsi kegiatan kamu agar lebih ingat.

Lokasi pada rincian acara kalender dapat kamu isi bervariasi. Misalnya ada pelajaran/rapat via online, kamu bisa memasukkan link meeting pada lokasi. Deskripsi bisa memuat info login ke rapat.

Aplikasi kalender bawaan bahkan bisa tersinkronisasi dengan akun Gmail. Sehingga dengan hanya menentukan acara pada 1 ponsel, akan muncul pada perangkat yang lain yang memiliki akun sama.

2. Aplikasi Pengingat Bawaan Android

Sama seperti kalender, tiap merek ponsel memiliki aplikasi pengingat kegiatan tersendiri. Biasanya dinamai aplikasi Catatan atau Tugas. Beberapa ponsel lain ada yang menyebutnya To Do List. Aplikasi pengingat kegiatan bawaan ini bisa kamu manfaatkan tanpa perlu instalasi aplikasi pihak ketiga.

Mungkin yang menjadi kelemahan di aplikasi bawaan baik itu kalender maupun pengingat adalah fitur. Kurang banyak fitur yang disediakan bawaan bisa membuat pengguna harus menginstal aplikasi pihak ketiga.

3. Google Keep/Catatan Keep

Aplikasi ini resmi dari Google meskipun kamu perlu instal dari Play Store. Di android yang menggunakan sistem operasi Stock/Android One, aplikasi ini secara bawaan terpasang.

Keep memberikan kamu gabungan antara dua buah hal, yaitu catatan dan pengingat. Sinkronisasi dapat dilakukan sehingga dapat tersimpan dan dimuat kembali pada ponsel lain dengan akun yang sama.

Pengingat pada Google Keep cukup melimpah fiturnya. Kamu bisa membuat ceklis dan bahkan dapat menambahkan gambar, rekaman suara, gambar coretan dan pengambilan foto. Sehingga pengingat akan sangat lengkap ditambah dengan informasi yang cukup berguna. Tetap dengan fitur pengingat untuk alarm, waktu dan tempat sebagai standar sebuah aplikasi pengingat kegiatan.

4. Daftar Tugas

Lebih simpel dari aplikasi Keep, tidak menyertakan gambar atau coretan. Aplikasi ini murni untuk kamu yang ingin membuat catatan daftar tugas atau kegiatan yang harus diselesaikan. Tanpa embel-embel tambahan, aplikasi ini cukup mudah digunakan.

Kamu bisa memasukkan perintah suara untuk nama kegiatan yang akan dilakukan. Fitur Widget dapat dimunculkan di layar. Sehingga kelihatan apa saja yang harus dilakukan saat itu dan yang akan mendatang, tanpa perlu membuka aplikasi terlebih dahulu.

5. Microsoft To Do

Jika kamu pengguna produk Microsoft, aplikasi pengingat kegiatan ini akan sangat berguna. Karena dapat menyinkronkan tugas dengan Outlook baik itu tugas rumah, sekolah dan kantor. Dapat melampirkan 25 Mb file di setiap tugas untuk kemudian disederhanakan agar lebih mudah kamu manfaatkan.

Fitur yang cukup keren dari aplikasi ini adalah warna. Variasikan warna setiap tugas yang didalamnya bisa ditambah catatan juga. Hal ini membuat kita lebih mudah mengelompokkan tugas-tugas yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *