5 Aplikasi Meditasi Android Untuk Sehat Mental

  • 3 min read
  • Apr 30, 2021
aplikasi meditasi android

Salah satu cara mendapatkan kebahagian hidup adalah meditasi. Aplikasi meditasi android bisa kamu gunakan untuk melatih diri agar bisa semakin efisien dan fokus. Droidinside memberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa menemani kamu dalam bermeditasi.

Meditasi nggak perlu harus lama-lama, bahkan bisa dilakukan 10-20 menit. Karena mobilitas manusia jaman now dan waktu yang banyak termakan dengan kegiatan membuat kamu harus fokus dalam waktu yang singkat untuk menenangkan diri.

Aplikasi Meditasi Android

Ada begitu banyak aplikasi yang berhubungan dengan kegiatan meditasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah mencapai kebahagiaan dan mencapai kesehatan mental. Tidak hanya itu, meditasi bisa membuat otak lebih jernih dalam memecahkan masalah. Apa saja aplikasi tersebut?

1. Simple Habit

Sebuah aplikasi yang penggunaannya cukup simpel dan ringan. Yang paling penting pada fitur aplikasi adalah cocok untuk kamu sibuk. Ada fitur bermeditasi selama 5 menit bisa kamu gunakan saat di sela-sela kerja atau saat berada pada kegiatan yang penting.

Simple habit menyediakan berbagai pilihan waktu seperti pagi, saat sarapan, dalam perjalanan, saat bekerja dan setelah bekerja. Untuk ukuran waktu 5-20 menit, kamu akan dimanjakan untuk lebih fokus saat berdiam diri diiringi musik dari aplikasi.

Saat kamu memilih menu Sleep atau tidur, kamu akan disuguhkan musik yang lembut dari alam atau suasana tertentu. Ini akan membantu tidur lebih cepat dan nyaman.

2. Calm

Berbeda dengan aplikasi meditasi android yang sebelumnya, aplikasi ini memiliki antarmuka yang lebih kaya namun cukup mudah dioperasikan juga. Terdapat beberapa tab dalam aplikasi yang memiliki berbagai fitur untuk kebutuhan tertentu. Misalnya fokus, kedamaian batin, mengatasi stress dan lain sebagainya.

Dipadu dengan koleksi musik, suara dan audio tertentu yang membawa pikiran kamu lebih damai. Dukungan Add Ons pada aplikasi dapat digunakan untuk menggunakan aplikasi yang lebih jauh lagi. Wallpaper, latihan bernafas, dan lain sebagainya termasuk dalam Add Ons tersebut. Satu yang tidak lupa, ada fitur musik untuk menenangkan anak yang sedang rewel yang cukup menarik untuk dicoba.

3. Headspace

Lewat aplikasi ini, kamu bisa belajar skil meditasi dari orang-orang ternama seperti Andy Puddicombe. Skil bernafas, tetap kalem dan menciptakan keseimbangan dalam hidup.

Aplikasi lebih fokus pada latihan-latihan yang disesuaikan dengan berbagai masalah yang ada dalam hidup. Poin penting aplikasi meditasi android yang satu ini adalah terdapat pelatihan kesehatan fisik (Physical Health Mindfulness) untuk kegiatan makan, manajemen rasa sakit, kehamilan dan bisa digunakan mereka yang sedang mengalami penyakit kanker.

Terdapat satu yang menarik juga dalam Sleep By Headspace yang menciptakan kondisi ideal untuk tenang dan tidur yang berkualitas. Ketika diaktifkan, warna aplikasi akan berubah menjadi berwarna ungu tua yang membuat mata ikut beristirahat. Kamu bisa memilih sumber suara dan tipe suara yang berbeda. Suara 3 dimensi bisa kamu nikmati apabila menggunakan headset untuk pengalaman yang super baik.

4. The Mindfulness App

Layaknya aplikasi meditasi android Simple Habit, melalui antarmuka yang cukup mudah digunakan kamu dapat meningkatkan kesehatan mental. Hanya dengan berapa hari latihan dengan aplikasi kamu bisa mendapatkan peningkatan kesehatan mental yang bisa dijadwal 3-30 menit dalam satu sesi.

Aplikasi yang bisa menjadi premium dengan berbayar membuatnya bisa membuka berbagai fitur lainnya. Termasuk didalamnya akses lebih dari 250 petunjuk meditasi dan pelatihan yang dijelaskan secara profesional.

5. Sattva

Menjadi pilihan terakhir untuk aplikasi meditasi android pada artikel kali ini. Perlu diketahui salah satu yang tersedia dalam aplikasi ini adalah Sacred Sound (Suara Suci) meliputi Mantra Vedic dan nyanyian-nyanyian vedic. Aplikasi ini mungkin sudah sampai pada tahap kepercayaan tertentu melalui mantra dan musik yang ditanam.

Aplikasi memiliki track progress atau yang akan memantau latihan yang kamu lakukan sejauh ini. Kamu juga bisa berkomunikasi dengan orang lain yang menggunakan aplikasi yang sama dan sharing untuk sama-sama saling memotivasi.

Penutup

Admin sarankan untuk menggunakan headset/headphone untuk pengalaman penggunaan aplikasi meditasi android. Setidaknya gunakan perangkat yang dapat menangkal suara luar seperti Rock Zircon atau KZ ZSN atau ED4 saat latihan menggunakan aplikasi.

Aplikasi seluruhnya bisa digunakan gratis dan ada pembayaran di dalamnya serta berbahasa inggris. Jadi ada berbagai story telling atau cerita disajikan dalam bahasa asing tersebut.

Gunakan aplikasi-aplikasi tersebut untuk menyehatkan mental, meningkatkan daya pikir yang lebih jelas dan mengatasi berbagai masalah stres. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *