Atasi Aplikasi Keluar Sendiri Setelah Update Android | Droidinside

Atasi Aplikasi Keluar Sendiri Setelah Update Android

  • 3 min read
  • Agu 29, 2020
setelah update android aplikasi keluar sendiri

Apakah kamu mengalami masalah aplikasi keluar sendiri setelah update Android? Hal ini pasti kurang menyenangkan. Sistem baru yang kamu dapatkan secara resmi dari Developer HP seharusnya membuat performa ponsel kamu lebih baik. Ditambah dengan berbagai masalah pada ponsel kamu sebelumnya harusnya hilang tak tersisa. Namun bagaimana kalau setelah update Android aplikasi keluar sendiri menjadi lebih sering dan mengganggu?

Mengapa Aplikasi Keluar Sendiri?

Biasanya ditandai dengan tiba-tiba saja layar kembali ke tampilan awal/wallpaper pada saat membuka atau melakukan interaksi dengan sebuah aplikasi. Bisa dengan tambahan informasi bahwa aplikasi tersebut telah berhenti. Seperti contoh Proses Android Acore yang berhenti sendiri terjadi pada aplikasi Kontak.

Beberapa hal yang menyebabkan hal ini terjadi adalah sisa penyimpanan RAM pada android yang sudah tidak cukup. Sehingga sistem memaksa untuk mengakhiri aplikasi. Jaringan seluler yang kurang baik juga menjadi penyebab aplikasi yang basisnya online keluar sendiri. Jaringan yang baik dibutuhkan oleh aplikasi untuk melakukan berbagai hal, jika ngadat akan berdampak juga pada penggunaan.

Namun, bisa juga disebabkan aplikasi yang memang belum sempurna dari developer untuk berbagai jenis/merek android. Bisa saja aplikasi berhenti sendiri pada jenis ponsel dengan spesifikasi tertentu. Ada juga masalah ini muncul setelah update android.

Aplikasi Keluar Sendiri Setelah Update Android

Biasanya pengguna akan mengalami hal ini, karena ponsel kurang cakap dalam menangani berbagai masalah akibat pembaruan. Setelah update android, sistem perlu melakukan penyesuaian dengan aplikasi yang ada. Selain itu, banyak hal yang akan berubah pada sistem sehingga aplikasi tidak dapat digunakan lagi.

Yang paling sering adalah terjadinya masalah aplikasi keluar sendiri setelah update android 10. Misalnya pada ponsel Samsung A50 yang mengalami crash setelah pembaruan OS android Q. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang disebabkan diatas. Lalu bagaimana tips mengatasi aplikasi keluar sendiri setelah update android?

Atasi Aplikasi Keluar Sendiri Setelah Update Android

1. Update Aplikasi

Developer aplikasi mungkin telah melakukan pembaruan untuk ponsel kamu yang telah diupdate versi android nya. Jadi aplikasi sudah disesuaikan dengan sistem baru. Crashpun bisa dihindari.

2. Paksa Henti Aplikasi

Aplikasi yang mengganggu dengan terus memberikan pemberitahuan aplikasi telah berhenti perlu dilakukan paksa berhenti. Setelah itu mulai lagi/buka aplikasi lagi dan mungkin akan kembali seperti semula.

3. Hapus Data dan Cache Aplikasi

Data yang tersimpan dalam aplikasi dengan sistem yang lama mungkin akan membuat aplikasi crash. Karena menghadapi sistem yang baru dengan menghapus data ini akan memperbarui data aplikasi ke sistem baru.

4. Instal Kembali Aplikasi

Hapus instalan aplikasi dan kembali menginstal apabila cara diatas belum berhasil. Setelah update android, menginstal kembali aplikasi di Play Store misalnya akan membuat aplikasi menjadi update. Atau meski masih lama, aplikasi hadir masih fresh dan kosong seperti baru.

5. Hidupkan Ulang Ponsel

Berminggu-minggu ponsel android yang tak pernah mati akan menyebabkan tumpukan cache dan data penyebab aplikasi crash. Dengan restart android kamu, ini bisa mengatasi berbagai masalah aplikasi.

6. Reset Ke Pengaturan Pabrik

Adalah hal yang paling tidak menyenangkan soalnya kamu harus melakukan back up karena semua data dalam penyimpanan internal akan dihapus. Ini bisa dilakukan jika ada beberapa aplikasi terkait penyebab tidak dapat berfungsi dengan baik bisa kembali bersih atau kembali ke keadaan awal sistem.

7. Downgrade Sistem Android

Beberapa user mungkin menyesal setelah update android 10. Masih banyak aplikasi yang belum compatible atau cocok dengan sistem baru ini. Downgrade adalah solusi terakhir untuk mengatasi masalah aplikasi keluar sendiri. Seperti GCAM, aplikasi kamera milik Google ini belum banyak support untuk jenis ponsel setelah update android 10. Alih-alih agar bisa digunakan kembali, downgrade sistem mungkin menjadi jawabannya.

Atasi Aplikasi Keluar Sendiri Setelah Update Android 10

Untuk aplikasi yang mengalami masalah aplikasi crash diatas, bisa kamu terapkan juga setelah update android 10. Namun perlu diingat, mungkin saja kamu hanya perlu menunggu proses penyesuaian sistem dengan berbagai file atau aplikasi pada android. Seperti pada beberapa pembaruan pada ponsel Realme, hanya dengan menunggu beberapa jam atau hari aplikasi sudah bisa berjalan dengan normal. Setelah update biasanya sistem bekerja keras untuk melakukan perbaikan dengan file lama tersimpan.

Tinggalkan Komentar!