4 Aplikasi Kartun Animasi Untuk Android

  • 3 min read
  • Feb 13, 2021
aplikasi kartun animasi

Untuk keperluan konten atau pembelajaran kamu bisa lho memanfaatkan aplikasi kartun animasi. Aplikasi pembuat animasi kartun tersedia juga secara gratis di Google Play Store. Aplikasi yang digunakan untuk membuat kartun animasi yang dimaksud adalah sebuah coretan atau gambaran yang dapat bergerak.

[lwptoc]

Kegiatan menggambar kartun dengan aplikasi pembuat video animasi kartun umumnya dilakukan di komputer atau PC. Menggunakan alat sketsa digital, menggambar untuk kemudian dijadikan animasi, ini merupakan gaya lama. Karena sekarang kegiatan tersebut dapat dengan mudah dilakukan langsung melalui ponsel pintar kamu.

Sekedar untuk belajar, mencipta animasi, atau pembuat storyboard untuk dishare di media sosial, dapat mengkreasikan ide mereka. Menggunakan aplikasi kartun animasi via android membuat kegiatan tersebut jadi lebih fleksibel untuk dilakukan di manapun. Tidak perlu lagi membawa peralatan komputer yang cukup merepotkan, kamu bisa memulainya langsung dari gadget tanpa peralatan yang merepotkan.

Aplikasi Kartun Animasi

Namanya juga aplikasi kartun animasi, didalamnya pengguna diharuskan memiliki sedikit keahlian atau setidaknya dasar-dasar berhubungan dengan gambar. Karena aplikasi pembuat animasi kartun yang akan dijelaskan admin dibawah ini murni menggambar. Jadi harus menggambar secara manual animasi yang dibuat lalu membuat urutan gerak yang atau jalannya animasi.

Umumnya aplikasi pembuat animasi ini memiliki pengaturan Frame setiap detiknya. Sehingga kamu akan membuat sejumlah gambar dalam 1 detik (metode frame by frame). Misalnya disetel 12 FPS, artinya dalam 1 detik akan ada 12 urutan gambar. Cara membuat biasanya menggambar 1 persatu dengan perpindahan/pergerakan objek, ketika diputar berurutan akan menjadi sebuah animasi. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi pembuat animasi kartun rekomendasi dari admin.

1. Animation Desk

Meskipun beberapa pengguna profesional bisa menggunakan aplikasi kartun animasi ini, untuk pemula yang sedang belajar tidaklah masalah. Terdapat fitur yang lengkap untuk kamu menggambar. Seperti tool pensil, fill untuk pengisian warna yang begitu beragam dapat kamu gunakan. Aplikasi ini terlihat profesional karena mendapatkan penghargaan dari Tahoo Tech dan TechCrunch serta direkomendasikan oleh beberapa situs edukasi.

Fitur yang menarik selain hal standar pada alat untuk membuat animasi di aplikasi ini adalah layer. Bagi pengguna gratis akan mendapatkan 3 layer yang bisa digunakan dalam setiap frame. Sehingga kamu tidak hanya menganimasikan sebuah layer atau gambar saja, tetapi dapat memuat 3 layer sekaligus dalam satu frame. Ini akan membuat animasi yang dibuat lebih kaya akan gambar atau objek.

Animation Desk selain pembuat video animasi kartun dapat juga melakukan export atau mengambil sebuah gambar menjadi 1 file saja. Setiap frame dapat juga diekspor menjadi per file. Tidak hanya itu, tersedia juga untuk ekspor menjadi PDF dan GIF.

2. FlipaClip

Aplikasi kartun animasi kedua ini cocok untuk pemula, tidak seperti aplikasi sebelumnya yang cukup rumit pas dibuka di bagian halaman awal. FlipaClip langsung memberikan ikon + dibagian bawah untuk kamu dengan cepat berkreasi. Pilihan menunya juga begitu simpel, untuk mempermudah dalam membuat gambar.

Di bagian halaman depan kamu akan mendapati beberapa gambar animasi sebagai contoh. Untuk kamu yang ingin mempelajari bagaimana cara kerja aplikasi dalam membuat animasi.

Fitur standar yang dimiliki aplikasi kartun animasi ini cukup mudah untuk dilihat untuk kemudian digunakan. Kamu tidak akan kesulitan dalam membuat gambar yang presisi, karena terdapat ruler/penggaris pada jendela pembuat animasinya.

Latar gambar beberapa sudah disediakan oleh aplikasi ini. Dari mulai kertas, background berwarna maupun sebuah gambar yang cocok dijadikan latar belakang sebuah animasi.

3. Toontastic 3D

Aplikasi kartun animasi yang satu ini keren dan mudah untuk digunakan untuk pemula. Karena disediakan langsung scene animasi 3D serta karakter yang ada. Karakter ini bisa diubah kenampakan maupun geraknya sesuai keinginan dengan jalan cerita yang diinginkan pengguna. Berbeda dengan aplikasi untuk membuat video animasi sebelumnya yang hanya animasi 2D.

Terdapat 45 template yang bisa kamu gunakan dari Short, Classic, dan Science Report story dalam film animasi. Kamu hanya menggerakkan atau mengubah warna karakter yang telah ada. Pilihan ini dilengkapi dengan scene tempat yang tersedia cukup banyak. Meskipun begitu, kamu tetap akan bisa membuat tempatnya sendiri (dapat menggunakan gambar)

Berbasis aplikasi edit video animasi, tidak sulit alias mudah digunakan, karena hanya mengubah berbagai direktori animasi atau karakter menjadi sebuah animasi yang diinginkan. Kemudahan yang dimiliki dapat meningkatkan kreatifitas anak atau kamu dalam membuat sebuah cerita dalam animasi. Kelemahannya adalah jumlah scene yang dimiliki tidak begitu banyak, dan karena gratis setiap animasi untuk pembukaan, pertengahan dan ending hanya masing-masing diberi 30 detik saja.

4. I Can Animate

Tidak begitu rumit dalam menggunakan aplikasi pembuat animasi kartun yang satu ini. Konsep yang dimiliki aplikasi ini adalah menggunakan kamera ponsel yang diletakkan pada Tripod misalnya. Kemudian berbagai objek dalam gambar dipindah seolah-olah bergerak.

Lain dengan aplikasi pertama dan kedua diatas, yang menggunakan Background diam. Penggunaan aplikasi ini yaitu memasang kamera, kemudian menggerakkan objek kemudian disesuaikan dengan frame. Seperti halnya animasi Shaun The Sheep, setiap detik gambar yang ada adalah hasil menggerakkan karakter asli di depan kamera.

Aplikasi pembuat video animasi kartun sebagai salah satu aplikasi android yang menggunakan karakter nyata kemudian digerakkan. Cukup keren dan mudah untuk sekedar mencoba-coba atau membuat karya untuk pendidikan maupun belajar bersama.

Penutup

Pembuatan animasi kartun adalah sebuah pekerjaan yang menguras penyimpanan dan tenaga ponsel. Pastikan penyimpanan kamu cukup (gunakan ponsel dengan internal besar) untuk membuat sebuah animasi di ponsel. Karena 1 detik saja sudah ada beberapa gambar yang dijadikan seolah bergerak.

Kamu juga butuh prosesor Hp android yang mumpuni untuk menjalankan aplikasi kartun animasi diatas. Agar proses render/pembuatan video menjadi lancar dan tidak memakan waktu banyak. Karena pada saat proses pembuatan animasi juga membutuhkan kecepatan prosesor yang baik. Semoga aplikasi terbaik untuk membuat animasi diatas dapat menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *