Aplikasi Android Untuk Presentasi Power Point Mudah Digunakan

  • 3 min read
  • Okt 08, 2021
Aplikasi Android Untuk Presentasi Power Point

Apakah kamu sedang membutuhkan aplikasi android untuk presentasi power point ? Kecanggihan teknologi yang ada pada ponsel pintar membuat semua pekerjaan atau kegiatan pada komputer tergantikan. Hanya dengan bantuan aplikasi, melakukan presentasi bisa dengan mudah dilakukan pada genggaman tangan. Sehingga lebih praktis dan bisa dibawa kemana saja. Lalu apa sajakah aplikasi yang dapat melakukan hal itu?

Aplikasi Android Untuk Presentasi Power Point

Sebelum mengetahui berbagai aplikasi android untuk presentasi power point. Sebelumnya kamu harus tahu cara-cara yang digunakan untuk mengkoneksikan ponsel dengan LCD Proyektor atau penampil gambar di tembok.

Paling umum adalah LCD Proyektor yang memiliki koneksi Wifi. Koneksikan ponsel pada Wifi Proyektor, barulah kamu bisa memaksimalkan presentasi menggunakan hp. Jika ternyata Proyektor tidak memiliki koneksi nirkabel, berarti harus membeli converter kabel USB ke colokan kabel VGA atau HDMI pada proyektor. Atau ponsel harus terkoneksi ke komputer, kemudian menampilkan isi ponsel yang kemudian ditransfer ke proyektor. Barulah menggunakan aplikasi android untuk presentasi power point. Lalu aplikasi apa saja itu?

1. WPS Office

Aplikasi ini pasti eksis di ponsel Xiaomi dengan antarmuka MIUI. Admin merekomendasikannya karena mampu membaca format file dari Microsoft Office secara umum dan PDF. Kalau ini sudah ada di hp mu, maksimalkan saja penggunaannya untuk presentasi. Langsung buka aplikasi WPS Office, pilih file presentasi. Ketuk Putar atau Proyeksi untuk menampilkan presentasi secara penuh di layar.

Kekurangan WPS Office sebagai aplikasi android untuk presentasi power point adalah iklan. Karena gratis, seringkali iklan muncul saat membuka aplikasi. Pengoperasiannya juga membutuhkan spesifikasi ponsel yang cukup mumpuni.

2. Google Slide

Dipilih karena bawaan milik Google yang bisa kamu instal dari Play Store. Tidak ada iklan kamu temui pada aplikasi ini. Dapat digunakan untuk mengedit file presentasi sebelum diproyeksikan. Semua kegiatan aplikasi Slide ini berjalan dengan Online. Jadi kalau tanpa koneksi internet, aplikasi tidak bisa berjalan dengan baik sebagai kelemahan aplikasi bawaan ini.

Aplikasi sebenarnya cukup powerfull jika online dan terhubung dengan akun Google milikmu. File akan tersinkronisasi di Cloud. Namun ketika sobat ingin presentasi, lebih afdol kalau terhubung ke internet.

3. Microsoft Power Point

Mirip dengan aplikasi yang ada di komputer. Aplikasi ini memiliki kelebihan kompatibel dengan file PPTX atau presentasi. Berbeda dengan aplikasi lain, yang terkadang tidak menampilkan semua elemen dalam file presentasi. Jika kamu membuat file presentasi dari Power Point, melakukan edit di aplikasi android ini lebih mudah untuk dilakukan. Aplikasi ini juga bisa bekerja secara online maupun offline.

4. Smart Office 2

Kelebihan dari aplikasi ini yaitu mampu membaca file Grafis Vektor. Jadi bisa membuka file GIF dan beberapa file Vektor untuk diedit. Fitur mengedit file juga tersedia, secara umum memang disematkan untuk aplikasi. Jadi bisa lebih produktif ditambah fitur untuk membaca file PDF, Excel, dan Word. Aplikasi ini sudah lama digunakan bahkan mungkin lebih tua dari aplikasi Office android.

5. Prezi Viewer

Menggunakan Chromecast untuk menghubungkan ponsel dengan komputer atau ke proyektor langsung. Aplikasi ini mirip seperti Prezi yang ada di komputer atau laptop. Sinkronisasi data presentasi dari server Prezi, akan memudahkan kamu dalam melakukannya dari ponsel.

6. Polaris Office

Ini merupakan aplikasi mirip WPS Office yang default pada beberapa merek ponsel. Tinggal membuka file presentasi dengan aplikasi ini, hubungkan ponsel dengan proyektor. Selanjutnya ketuk menu untuk memulai presentasi. Umumnya aplikasi sejenis ini sudah terinstal pada android yang memiliki antarmuka seperti MIUI, ColorOS, OneUI dan sejenisnya. Kalau di Android Stock, barulah perlu menambah aplikasi tambahan.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi android untuk presentasi power point yang bisa untuk melakukan presentasi dari ponsel. Kamu bisa membagi layar juga saat presentasi secara online (Zoom, Teams dan lain-lain). Melalui aplikasi-aplikasi tersebut kamu bisa mudah melakukan presentasi.

Jangan lupa untuk menghapus data aplikasi-aplikasi untuk presentasi tersebut. Hal ini aman, karena semakin banyak kamu membuka file presentasi akan memperbanyak data aplikasi.

Sebelum memakai aplikasi-aplikasi tersebut, jika aplikasi android untuk presentasi power point digunakan dan terkoneksi ke laptop/komputer terlebih dahulu. Pastikan spesifikasi ponsel kamu memiliki RAM lebih dari 3 GB. Agar tidak macet-macet saat mempresentasikan sesuatu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *