Aplikasi Android Untuk Memperjelas Video Dengan Mudah

  • 3 min read
  • Mar 07, 2021
Aplikasi Android Untuk Memperjelas Video

Apakah ada aplikasi android untuk memperjelas video ? Sepertinya sih secara teori mungkin gak ada. Tapi droidinside bisa ngasih sedikit tips yang berhubungan dengan kualitas video agar bisa diperjelas.

Untuk dapat memperjelas sebuah video, mungkin kamu perlu mengetahui dahulu sumber sebuah video. Apabila direkam pada resolusi yang cukup tinggi seperti HD dengan resolusi 720 x 1080 pixel, video sudah pasti cukup jelas. Setidaknya kamera 5 Megapixel sudah dapat merekam dengan resolusi tersebut.

Namun apabila sebuah video direkam pada resolusi yang lebih kecil, maka gambar akan tidak jelek alias pecah-pecah dan kurang nyaman untuk ditonton. Karena memang bersumber dari resolusi yang kecil, tidak mungkin kita melakukan pembesaran resolusi agar video lebih jelas.

Sama halnya memperbesar resolusi sebuah gambar agar lebih jelas. Tidak bisa dilakukan, kualitasnya tidak bisa diubah menjadi lebih baik akan tetapi ukurannya akan menjadi lebih besar. Hal ini adalah fakta bahwa kualitas video tinggi bisa dikecilkan, tetapi tidak dapat melakukan sebaliknya.

Sehingga untuk aplikasi android untuk memperjelas video ini adalah untuk dukungan pemberian efek pada video sehingga lebih menarik. Bisa juga dengan memberi efek pada video, dapat membuatnya jadi sedikit lebih jelas. Meskipun begitu, ada juga aplikasi yang bisa mengubah sebuah video menjadi berukuran HD.

Aplikasi Android Untuk Memperjelas Video

1. PowerDirector

Aplikasi android untuk memperjelas video yang pertama ini mungkin cocok. Kamu bisa memperjelas video kamu dengan aplikasi ini. Aplikasi android yang dikembangkaan oleh Cyberlink ini memiliki beberapa kemampuan yang dapat meningkatkan kualitas video kamu. Seperti dapat memperbaiki atau menaikkan brightness (kecerahan) pada video, sehingga video yang cenderung kurang terang dapat terlihat cukup jelas.

Fitur stabilisasi video pada aplikasi ini juga dinilai mampu membuat video kamu lebih enak ditonton mata. Guncangan dapat diatur sedemikian rupa sehingga berbagai objek dalam video lebih jelas dilihat. Lewat opsi mempercepat dan memperlambat yang dipadukan akan mewujudkan hasil video yang bagus.

Meskipun aplikasi ini bisa mengekspor atau mengubah kualitas video menjadi 4K. Hal ini mungkin tidak berlaku untuk sumber video yang resolusinya tidak sampai sebesar itu. Malah bisa jadi kualitas video tetap akan tetapi ukurannya jadi semakin besar.

2. KineMaster

Dapat mengekspor video dalam resolusi HD hingga 4K, juga merupakan aplikasi dengan embel-embel dapat meningkatkan kualitas video. Namun ya sama saja tergantung dari sumber video yang kamu miliki.

Aplikasi yang cukup familiar ini bisa kamu gunakan fitur Trim, Crop, dan Slice nya. Untuk tujuan memperjelas video yang kamu miliki. Efek yang bisa diterapkan pada video juga akan membantu memperjelasnya jika ditonton. Efek ini misalnya menggunakan Siang Hari, sehingga bagian yang lebih gelap dalam video bisa terlihat lebih terang dan sedikit kelihatan lebih jelas.

3. Google Photos

Meskipun layanan aplikasi Google ini sudah tidak populer lagi. Namun kamu tetap dapat memanfaatkan fitur dari aplikasi ini. Salah satunya adalah Stabilisasi Video yang khusus ada pada Android 9 (Pie). Bagi pengguna Android One aplikasi ini sudah ada sebagai bawaan. Tinggal update aja, nanti bisa memperbaiki goyangan pada video dengan tujuan hasilnya lebih jelas.

4. ActionDirector

Aplikasi android untuk memperjelas video ini mirip PowerDirector namun dengan antarmuka yang lebih simpel. Efek yang disediakan untuk memodifikasi video berupa kontras, kecerahan dan saturasi warna. 3 kunci dalam memodifikasi video ini dapat mempertajamnya. Sehingga lebih jelas untuk dilihat.

Penutup

Inti dari aplikasi android untuk memperjelas video adalah editing. Proses ini dibantu dengan fitur yang ada di aplikasi untuk memperjelas, mempertajam maupun membuatnya jadi lebih enak untuk dipandang. Sebut saja pada video yang sangat goyang. Dengan mengubah speed/kecepatan video kamu bisa mendapatkan Slow Motion sehingga kenampakan gambar dalam video menjadi lebih jelas.

Aplikasi diatas sebagian gratis dan ada juga yang berbayar. Kalau gratis pasti ada iklannya, kamu harus tahu itu. Untuk melakukan ekspor hasil video editing, prosesor dan ram ponsel kamu akan digunakan secara maksimal. Apabila spesifikasinya kurang bagus, prosesnya akan memakan waktu cukup banyak. Aplikasi android untuk memperjelas video tersedia di Play Store yang bisa kamu unduh. Bisa dijadikan untuk membuat VN dengan aplikasi-aplikasi diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *