Aplikasi Android Buatan Indonesia Yang Mendunia | Droidinside

5 Aplikasi Android Buatan Indonesia yang Mendunia

  • 2 min read
  • Nov 13, 2019

5 Aplikasi Android Buatan Indonesia yang Mendunia – Indonesia diketahui jadi salah satunya negara dengan pemakai Android paling banyak di dunia. Tetapi tidak cuma untuk pemakai, Indonesia mempunyai banyak pengembang-pengembang yang sukses membuat aplikasi Android terkenal serta mendunia.

Indonesia bisa berbangga sebab terdapat beberapa aplikasi bikinan anak bangsa yang melesat di luar negeri. Type aplikasinya juga berbagai macam, mulai dari aplikasi penyuplai service transportasi, smart city, ubah photo, game dan sebagainya.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut 5 aplikasi bikinan anak bangsa yang cukup populer di dunia. Aplikasi yang masuk dalam daftar ini hanya aplikasi bikinan pengembang Indonesia. Bukan aplikasi bertopik Indonesia tetapi dibikin oleh pengembang asing. Tersebut sedetailnya.

Aplikasi  Android Buatan Indonesia


Aplikasi Android Buatan Indonesia

1. GOJEK 

Aplikasi ini sudah pasti tidak asing buat beberapa pemakai smartphone. Ditingkatkan oleh developer PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, GOJEK sediakan beberapa service online. Tidak cuma terkenal di Indonesia, keberhasilan aplikasi ride-sharing ini sukses mengisap perhatian media asing, seperti Reuters serta Wall Street Journal. Arah dibuatnya aplikasi ini ialah untuk mempermudah semua kegiatan seharian supaya bisa bertambah cepat serta praktis.

Awalannya GOJEK dibangun untuk kurangi kemacetan yang berada di kota-kota besar di Indonesia. Tetapi seiring berjalannya waktu mulai merambah ke service yang lain dari mulai ojek online. Delivery makanan. Beli pulsa. Serta masih banyak.

2. Qlue 

Qlue adalah aplikasi yang ditingkatkan oleh Qlue perform jadi media info untuk membuat smart city. Aplikasi ini sangat mungkin warga memberikan laporan permasalahan dengan cara langsung pada pemerintah kota. Sebelumnya aplikasi ini dibikin untuk DKI Jakarta. Tetapi selanjutnya ditingkatkan pada beberapa kota yang lain seperti Pekanbaru, Probolinggo, Bima, dan Menado.

Qlue sudah terima banyak penghargaan semenjak tahun 2015. Pada tahun 2019, Qlue mendapatkan penghargaan jadi aplikasi pemerintahan paling baik di dunia. Qlue terima Best Mobile Government Service Award untuk kelompok Public Empowerment. Dalam acara ‘The 7th World Government Summit‘ yang diadakan di Dubai pada 10-12 Februari 2019.

3. PicMix 

Aplikasi garapan Inovidea Magna Global ini cukup terkenal buat beberapa orang yang suka mengeditnya photo. Walau terhitung aplikasi terkenal, masih ada beberapa orang yang tidak tahu PicMix ialah bikinan pengembang Indonesia.

Sama dengan beberapa aplikasi pengeditan serta share photo, PicMix mempunyai beberapa feature seperti, Foto Editors, Foto Collage, serta Cure Stickers. Pemakai dapat juga bagikan photo yang telah mereka ubah ke media sosial seperti Facebook serta Instagram.

Waktu artikel ini dicatat, jumlahnya unduhan PicMix sekitar di antara 10 sampai 50 juta di Google Play Store. Keberhasilan PicMix bukan sekedar jadi perhatian di Indonesia. Kabar berita masalah aplikasi ini sempat juga dibikin oleh media asing seperti Tech Crunch.


4. Catfiz Messenger 

Sekarang, instan messaging adalah software yang terbanyak dicari oleh semua golongan, sebab keringanan berkomunikasi antar personal. Salah satunya alumni ITS Surabaya sukses membuat instan messanger berbasiskan Android yang ditingkatkan pada pertengahan November 2012.

Aplikasi ini sampai saat ini mempunyai banyak user aktif dari dalam atau luar negeri. Tetapi sayang aplikasi ini kalah pamor dengan aplikasi chatting di luar negeri. Walau sebenarnya lebih dari 73 negara jadi user aktif dari Catfiz.

5. Ramen Chain 

Aplikasi game Ramen Chain betul-betul berjaya di luar negeri. Aplikasi karya anak bangsa ini pernah menempati rangking satu kelompok Free App di Singapura, Indonesia, serta Filipina.

Diluar itu sempat juga menempati rangking tiga Free App di Taiwan, Hong Kong, Malaysia, serta Thailand.

Aplikasi Android Buatan Indonesia

Seperti berikut kekuatan anak Indonesia. Kenyataannya, anak bangsa dapat membuahkan karya yang bisa mengagetkan dunia melalui perolehan di bagian tehnologi. Lima aplikasi di atas sendiri sebetulnya ialah segelintir dari aplikasi sukses yang dibuat oleh developer Indonesia.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Komentar!