Apa Yang Baru Di Realme C3 Setelah Update A.25 Dan A.37 | Droidinside

Apa Yang Baru Di Realme C3 Setelah Update A.25 dan A.37

  • 5 min read
  • Agu 23, 2020
realme c3 setelah update

Realme mengadirkan salah satu ponsel yang lahir dengan mengusung Android 10 pada seri C3 nya. Kira-kira apa yang kamu dapatkan dari Realme C3 setelah update ke A.25 dan versi ekor diatasnya yang paling baru ?

Realme C3

Dengan mengusung Android 10 sejak kemunculannya, Realme C3 memberikan banyak fitur menarik bagi penggunanya melalui Realme UI 1.0. Dengan baterai besar 5000 mAh dan ditenagai dengan dapur pacu Mediatek Helio G70 merupakan pilihan yang sulit untuk tidak meminang hp ini dengan harga dibawah 2 jutaan.

Selain menarik dari spesifikasi yang didapat dari banderol tersebut, dilihat dari prosesor dan baterainya akan sangat masuk akal untuk para Gamer maupun pengguna multasking biasa mendapatkan kelebihan yang lebih banyak dibanding kompetitor.

Realme UI yang disematkan di Realme C3 memberikan keleluasaan pengguna untuk mengubah tampilan setiap sudut ponsel mereka. Bisa dipastikan fitur Realme 3 yang telah diupdate pasti dirasakan pada ponsel kelas menengah ini. Layaknya fitur gestur, mode malam, dan lainnya akan memberikan pengalaman menajubkan pada pengguna Realme C3 setelah update tentunya.

Agar pengguna Realme C3 semakin cinta dengan ponsel di genggaman mereka, brand memberikan update software yang selalu memberikan fitur baru maupun perubahan pada performa hp dari brand Realme ini. Untuk dapat terus mendapatkan keamanan dan fitur baru, kamu perlu melakukan pembaruan pada C3 kamu.

Cara Update Realme C3

Sebelum mengetahui caranya, kamu perlu tahu bahwa Realme C3 memiliki versi dasar software dari pembelian dengan kode dibelakang pada about phone/ tentang ponsel. Kode update ini biasanya dinamai dengan ekor dilanjut dengan kode dan angka. Ponsel ini hadir pertama dengan versi software ekor A.03 kemudian mendapatkan update ke A.21 dan yang terbaru yang akan dibahas adalah ekor A.25. Cara agar Realme C3 kamu up to date adalah:

realme c3 update

Update dengan firmware resmi

Download firmware resmi Realme C3 kamu dari https://www.realme.com/id/support/software-update (cari Realme C3) yang kemudian didownload ke penyimpanan internal kamu. Klik atau buka file firmare yang telah didownload nanti akan muncul perintah untuk update now. Ukuran file firmware ini sekitar 2,8 Gb. Kamu bisa mengupdate pakai file ini dari posisi ekor mana seperti dari ekor A.03 dan A.21. Disana juga sudah tersedia update paling baru yaitu patch Juni 2020 dengan ukuran yang sama.

Update dengan OTA (On The Air)

Buka pengaturan – pembaruan perangkat lunak. Klik unduh sekarang jika sudah ada pemberitahuan bahwa update tersedia. Saat Realme C3 kamu masih di ekor A.03, maka update harus dilakukan berurutan dulu ke A.21 lalu ke A25. Ukuran update OTA berukurn 200 – 400 Mb. Update ini lebih sedikit ukurannya karena basis Realme C3 sudah Android 10.

realme c3 update ekor a25

Lalu apa saja yang kamu dapat di Realme C3 setelah update ke ekor A.25?

Kelebihan dan Kekurangan Realme C3 Setelah Update Ekor A.25

Fitur

Hal utama dalam fitur baru setelah update Realme C3 adalah Patch Keamanan Mei 2020. Rekam layar tersedia dengan mic dan rekaman dari suara internal. Jadi suara akan jernih dan gak bakal delay karena suara diambil dari sistem dan bukan mic. Pastinya rekam layar ditambah fitur mengaktifkan kamera depan juga. Selain itu ada beberapa tambahan aplikasi seperti Google Duo, Youtube Music dan Realme Link untuk menghubungkan perangkat dengan Realme Band misalnya. Animasi pengisian berubah merupakan hal yang baru disini.

realme update android 10 charger realme c3

Kamera

Setelah update Realme C3 mengalami peningkatan untuk kualitas foto. Lebih baik ketimbang versi sebelumnya dimana hasil untuk foto dengan kondisi ruangan lebih gelap menghasilkan gambar lebih terang. Namun kekurangan yang mungkin jadi bug dari kamera adalah pada saat melakukan rekaman video Slow Motion, tampilan gambar patah-patah atau lag dan setelah pengambilan video Slow Motion video tidak seperti hasil Slow Motion baik yang diharapkan seperti versi sebelumnya.

Performa

Merasakan ponsel sedikit panas saat bermain pada game dengan mode kualitas gambar yang tinggi, Seperti untuk bermain Mobile Legend, settingan rata kanan dan HD menunjukkan sedikit saja frame drop. Delay touchscreen untuk bermain game telah berkurang banyak, jadi kamu akan lebih nyaman bermain game pada versi ini dan bonus untuk kamu yang punya masalah ngetik di Realme C3 pada versi ini ngetik menjadi nyaman, tetapi perlu pembiasaan karena sensitifitas layar meningkat. Untuk penggunaan multitasking biasa tidak ada perbedaan dengan versi sebelumnya untuk smooth dalam geser-geser layar.

Baterai

Setelah update, untuk beberapa waktu baterai menjadi boros (penyesuaian sistem) tapi baterai menjadi lebih irit dari versi A.21 bahkan untuk bermain game. Apalagi hanya untuk sosmed an dan kegiatan yang tidak berat, kamu akan merasakan ponsel Realme C3 setelah diupdate akan menjadi lebih lama penggunaan baterainya.

baterai realme c3 update mei 2020

Penutup

Beberapa masalah lain pada Realme C3 setelah update ke ekor A.25 dan sedikit cara mengatasinya diantaranya sering hang saat lockscreen (matikan face unlock), bermain game lag (hapus data dan aplikasi agar penyimpanan lega), kurang smoot saat geser layar, baterai boros dan lainnya. Untuk beberapa masalah terakhir dapat diatasi dengan Reset ke pengaturan pabrik. Apabila sistem lebih fresh, akan lebih mudah sistem menghandel segala sesuatu dalam ponsel kamu. Tapi hapus semua data dan kembali ke pengaturan pabrik adalah hal yang cukup melelahkan, jadi harap bersabar.

Info Realme C3 Update

Update Ekor A.33

Sekitar beberapa hari yang lalu, Realme C3 update A.33 yang merupakan ekor yang paling baru muncul. Update ini ukurannya tidak terlalu besar hanya sekitar 400 an Mb dan sedang proses untuk diterima oleh semua user. Secara singkat bug ekor A.33 adalah masih pada Slow Motion video yang masih lag. Beberapa user menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat SlowMo tetap lancar. Meskipun begitu, update ini hanya menunjukkan info tambalan keamanan saja yaitu Patch 5 Juni 2020 dengan tambahan perbaikan sebagian masalah yang diketahui dan peningkatan kestabilan sistem.

Padahal pada update Realme C3 ekor A.33 ini terdapat kekurangan yaitu Mode Perekam Layar yang sekarang hanya satu per satu (beberapa user ngeluh ini). Yaitu hanya dapat memilih antara merekam suara dari sistem atau hanya dari mikrofon yang sebelumnya bisa keduanya, untuk mengatasi ini kamu bisa restart dulu C3 kamu, atau kalau mau ya lakuin reset ke pengaturan pabrik.

Penggunaan baterai Realme C3 setelah update ini tidak ada perbedaan signifikan dari ekor sebelumnya (A.25) hanya saja, penggunaan lebih irit untuk Sosmed dan bukan game (game bisa lebih boros). Untuk performa terdapat perbedaan yang lebih baik dari ekor sebelumnya. Lebih smooth saat bermain game dan masalah touch sangat berkurang dari versi sebelumnya artinya menjadi sangat jarang, serta penggunaan ram pada penggunaan biasa akan kelihatan lebih lega.

Setelah update pasti akan merasakan boros baterai dan hp lebih panas, santai bro ditunggu beberapa hari dijamin nanti akan kembali seperti semua lagi penggunaan baterai nya. Di bawah ini penggunaan sosmed bisa seharian penuh iritnya.

realme c3 update a33

Update Ekor A.37

Update pada versi ini membuat internal sedikit berkurang dari ekor sebelumnya. Berkurangnya gak jauh banget kok. Finger print pada versi ini jadi lebih responsif, begitupun juga dengan delay touch yang hampir tidak dirasakan oleh banyak user. Slow motion sekarang udah gak lag lagi kayak versi sebelumnya. Untuk perekaman suara internal, sekarang kamu bisa menggunakan keduanya. Yaitu bersamaan rekam suara sistem dan dari mic. Perekaman suara sistem pun tidak lagi delay. Kelebihannya lagi, baterai mungkin menjadi lebih irit dari versi ekor sebelumnya apalagi jika kamu menggunakan koneksi WIFI. Bilah samping bisa memuat lebih banyak aplikasi, bilah perekam memudahkan kamu untuk melakukan perekama layar.

realme c3 setelah update a.37

Tetapi ada 1 bug yang cukup bikin jengkel pada ekor ini yaitu layar tiba-tiba mati sendiri (bug dirasakan cukup banyak user) alhasil Realme C3 setelah update selang beberapa waktu layar hitam. Sebenarnya, layarnya masih respon ketika mengangkat telfon WA atau mematikan alarm dengan swipe layar keatas. Bug ini merupakan kesalahan sistem dimana brightess/kecerahan Hp menjadi 0 (kecerahan sangat kecil). Jadi waktu layar mati, di lihat dengan senter maka layar masih hidup. Ada yang mengatakan bahwa bug black screen dan solusinya adalah menghidupkan HP bersamaan dengan ditekan volume + dan – atau matikan daya lalu hidupkan lagi.

Tinggalkan Komentar!