Apa Beda Android One Dengan MIUI Dan Tips Memilihnya

  • 3 min read
  • Jan 28, 2021
apa beda android one dengan miui

Mungkin sebagian dari kita masih belum tahu apa beda Android One dengan MIUI. Keduanya sebenarnya memiliki perbedaan di antarmuka/tampilan saja secara umum. Entah itu menggunakan Android One atau MIUI keduanya dapat membuat kita kaget atau istilahnya agak kikuk jika berganti antar keduanya.

Misalnya kamu sering menggunakan MIUI sebagai antarmuka milik ponsel pintar Xiaomi. Lalu berpindah ke Android One yang juga digunakan pada ponsel Xiaomi seperti MI A1 atau MI A2. Kamu akan sedikit kurang lancar dalam menggunakannya. Karena ada berbagai hal yang mendasari perbedaan antara keduanya. Perbedaan tersebut dapat kamu ketahui dari sajian artikel Droidinside dibawah ini.

Apa Beda Android One Dengan MIUI

Secara umum Android One tidak memiliki antarmuka (UI atau User Interface) pihak ketiga dari Brand Ponsel tertentu. MIUI merupakan UI yang dikembangkan oleh brand Xiaomi. Tiap brand ponsel biasanya memiliki UI mereka sendiri, misal Samsung (One UI), Vivo (Color OS), VIvo (FunTouch OS) dan lain sebagainya. Berikut ini poin-poin tentang apa beda Android One dengan MIUI.

Bloatware (Aplikasi Bawaan)

Android One yang terpasang pada ponsel pintar adalah bersih artinya hanya ada aplikasi bawaan Google saja. Tidak ada aplikasi bawaan yang tidak penting. Berbeda dengan MIUI, disana kamu akan menemukan Tema, GetApps, Mi Video, Share Me, WPS Office dan lain sebagainnya. Aplikasi bawaan pada MIUI tidak dapat dihapus/uninstall seperti biasa. Kemungkinan hanya dinonaktifkan sehingga tidak dapat digunakan tetapi masih ada.

Bloatware ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihannya kamu tidak perlu melakukan instalasi aplikasi tambahan untuk aplikasi seperti perekam layar. Sebaliknya pada Android One, karena sistem bersih tidak ada aplikasi kamu perlu menginstal dari Play Store. Seperti layaknya Asus Max Pro M1, kamu perlu instal aplikasi tertentu dan mungkin wajib agar penggunaan UI Android One lebih mudah.

android one vs miui

Bayangin aja gak ada aplikasi manajer file dan galeri yang nongol di layar utama ponsel kamu. Pasti cukup pusing kan untuk sekedar melihat foto atau file. Gak ada perekam suara telepon, kompas, pemindai kode QR, pengunci aplikasi sebagai fitur MIUI yang cukup berguna.

Adapun berbagai aplikasi yang tidak ada tersebut bisa kamu unduh di Play Store. Ya tetapi ada banyak aplikasi dan yang gratis pasti ada iklan. Tetapi di MIUI kamu akan menemukan berbagai iklan saat membuka beberapa aplikasi. Di Android One gak bakalan ada iklan. Iklan dan Bloatware merupakan hal utama tentang apa beda Android One dengan MIUI.

Kustomisasi Aplikasi Dan Tampilan

Pertanyaan tentang apa beda Android One dengan MIUI adalah kamu bisa dengan mudah menggunakan Dual Apps (Aplikasi Ganda) untuk menggunakan lebih dari satu akun pada satu aplikasi di MIUI. Di Android One fitur ini nggak ada, mungkin sebagian orang juga gak membutuhkan sih. Tetapi bagi penggiat Olshop dan pengusaha, pasti butuh untuk memisahkan bisnis dan kehidupan pribadi.

Tidak ada aplikasi Tema di Android One. Kamu gak bisa ubah tampilan ikon maupun warna-warna di ponsel android. Beda dengan MIUI dengan segudang Tema, bisa mengubah berbagai sudut pandang tampilan. Paling kalau di Android One hanya bisa mengubah Wallpaper dan Layar Kunci saja.

Performa

Salah satu jawaban dari apa beda Android One dengan MIUI ada pada performa.  Karena tidak ada beban tambahan aplikasi UI, Android One cenderung lebih stabil performanya ketimbang MIUI. Terkadang penggunaan RAM ponsel dengan MIUI lebih besar. Mengacu pada antarmuka yang menambah beban RAM, tampilan kece MIUI berimbas pada kebutuhan daya yang lebih banyak.

Pada penggunaan biasa, Android One lebih ringan. Karena tidak menggendong segudang tugas dari UI seperti pada MIUI untuk tampilan yang lebih baik. Performa game Android One akan lebih bagus dan tidak cepat panas karena bisa fokus pada game tidak dengan berbagai hal lain.

Keamanan Dan Update

Setiap ponsel Android One yang lahir akan dijanjikan 2 tahun keamanan dan pembaruan sistem operasi (OS). Pembaruan keamanan akan selalu dihadirkan bahkan setiap bulan. Hal ini akan sangat bagus bagi mereka yang menggunakan berbagai akses keuangan digital. Keamanan yang mumpuni dapat mencegah berbagai pencurian data/uang yang menyebabkan kerugian.

Berbeda dengan MIUI yang tidak memberikan jaminan pembaruan keamanan. Meskipun begitu Xiaomi selalu memberikan yang terbaik yaitu pembaruan perangkat lunak beserta versi MIUI mereka bahkan ponsel jadul sekalipun sampai batas yang ditentukan mereka.

Penutup

Itulah apa beda Android One dengan MIUI yang mungkin cukup besar jika dibandingkan. Sebenarnya pilihan terkait jenis antarmuka apa yang ingin digunakan harus disesuaikan dengan keadaan kamu. Karena umumnya ponsel dengan Android One tergolong masuk ke nominasi ponsel kelas menengah keatas. Adapun kelas bawah juga beberapa diantaranya menggunakan Android One seperti Wiko, Evercoss dan lainnya dengan sedikit modifikasi didalamnya.

Bagi kamu yang sering menggunakan ponsel untuk kegiatan tertentu yang membutuhkan fitur seperti disebut di atas, MIUI cocok untuk kamu. Untuk kamu yang suka dengan hal simpel dan gak aneh-aneh, Android One bisa dipilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *